Minggu, 28 Februari 2021
NgulikTeknomotive

Review PES 2018: Game Bola Paling Realistis di Lapangan

David Beckham is back! (Sumber: Konami)

Genmuda – Udah jadi tradisi kalo Konami selalu update franchise game sepakbola mereka setiap tahunnya. Tapi jangan terlalu berharap perubahannya bakal signifikan seperti PES 2017 kemarin gaes, karena di PES 2018 ini Konami lebih fokus ke hal paling substansial dari game sepakbola, yaitu gameplay di lapangan.

Grafis lumayan ter-upgrade

Dribble makin mantap! (sumber: Konami)

Dari segi grafis PES 2018 gak begitu banyak ngalamin perubahan yang signifikan. Tapi seenggaknya wajah pemain semakin banyak yang di-update agar semakin mirip dengan pemain aslinya. Pengambilan gambar dan ekspresi para pemain di lapangan, serta pencahayaan yang baik juga bikin atmosfernya seperti kita nonton bola beneran di TV.

Kalo dibandingin sama mesin forstbite yang dipake sama EA buat FIFA17 dan FIFA18, PES 2018 bisa dibilang lebih unggul dalam hal detail gerak dan eskpresi pemainnya. Wajar kalo akhirnya poin ini layak kamu pertimbangin sebelum memilih PES 2018 atau FIFA 18.

Tapi, menu di PES 2018 terbilang kurang intuitif dan terlalu sederhana untuk game bola yang seru ini. Ditambah lisensi yang masih aja ketinggalan dari FIFA. Tapi buat kamu yang mau ngoprek sedikit, kamu bisa coba instal paket kostum yang dibuat sama komunitas pecinta PES di PC atau mengganti option file di PS4.

Gameplay

PES 2018 berhasil bikin gamer betah dengan gameplaynya yang mudah dipahami buat para pemula dan tetap unik bagi yang udah master. Setelah beberapa match kamu bakal sadar kalo tempo permainan dibuat sedikit lebih lambat, hal ini dilakukan supaya kita bisa merasakan detail saat pemain dribble dan unjuk skill ketika melewati pemain lain. Begitu kamu paham manfaatin skill setiap pemain dan kreatif saat dribble bola, dijamin kamu bakal makin banyak mencetak gol-gol cantik layaknya Lionel Messi.

Semua itu berkat Real Touch+ yang dikembangin Konami. Sekarang pemain bisa kontrol bola dengan hampir seluruh bagian tubuhnya, misalnya kepala, dada, perut, paha, serta kaki bagian dalam dan luar. Jadi semakin banyak kemungkinan dan kejutan yang bakal terjadi layaknya di lapangan bola asli.

Beberapa perubahan di mode Master League yang bikin suasana makin berasa seperti Football Manager (walaupun engga sedetail itu). Tambahan opsi untuk memilih tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari biasanya ngebuat Master League semakin seru.

Bayangin aja gengs, sekarang kamu gak bakal semudah itu beli pemain baru yang hebat, apalagi kalo performa tim kamu gak begitu bagus. Tapi untungnya kamu bisa bajak pemain bintang favorit dengan ngikutin transfer clause yang mereka punya.

Random Selection Match, wajib cobain! (sumber: Konami)

Salah satu fitur yang menambah keseruan PES 2018 adalah Random Selection Match. Dengan mode ini kamu bisa mainin sebuah tim yang berisi pemain random dari berbagai negara dan klub yang ada. Sebelum bermain kamu bisa pilih filter yang digunakan seperti tim, liga dan negara.

Kalo kamu kepengen dapetin pemain random yang kece-kece, bisa coba pemain random yang hanya berasal dari klub besar seperti Barcelona, MD White (Real Madrid), Man Blue (Manchester City) dan Man Red (Manchester United). Bahkan kamu juga bisa filter hanya menggunakan negara aja, misalnya Prancis dan Inggris.

Begitu pemain-pemainnya udah masuk ke tim kamu, kamu bisa coba barter pemain dengan tim lawan. Mode ini bisa dibilang bisa mengasah skill kamu untuk coba gali taktik dan potensi para pemain yang kamu punya untuk bisa ngalahin musuh. Berhubung pemainnya random, tentu sensasinya akan jauh lebih seru dibanding mode biasa.

Tapi di balik keseruan itu semua, lagi-lagi Konami masih blunder di komentator yang masih aja kurang seru. Beda jauh dengan FIFA yang biasanya jauh lebih heboh dan bisa ngehidupin suasana permainan.

Wrap-Up

Pros:

  • Kontrol pemain di lapangan semakin detail dan realistis
  • Fitur Random Selection Match
  • Grafis semakin dipoles

Cons:

  • Lisensi tim
  • Komentator masih kurang seru

Secara garis besar, kalo kamu termasuk gamer yang suka sama PES 2017, maka kamu bakal makin jatuh cinta dengan franchise Pro Evo dengan adanya pembenahan di PES 2018. Gameplaynya semakin seru dan realistis, ditambah beberapa fitur tambahan yang bikin kamu makin ketagihan. Awas jangan sampe lupa makan!

(sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Sari Muda
Tech Enthusiast