Selasa, 24 November 2020

Genmuda – Siapa sih yang gak kenal sama Pixar? Setiap filmnya selalu syarat pesan moral dan sukses bikin penontonnya baper. Gak cuma buat anak kecil, orang dewasa pun bisa dibikin ‘mewek’ sama film-filmnya.

Dari sekian banyak karya Pixar, “Toy Story” menjadi salah satu yang paling ngebekas di hati banyak orang. Sempat meraih kesuksesan dan diprediksi tamat di sekuel ketiga, nyatanya gak bikin Pixar mati akal.

Setelah 9 tahun berlalu, kisah Woody dan para mainan ikonik tersebut kembali memasuki petulangan baru. Seperti cerita yang kembali ditawarkan oleh film ini? Berikut ulasan lengkap dari Genmuda.com!

Bonnie dan mainan imajinasinya

©Disney/2019

Seperti Kawan Muda tau, kisah film ini melanjutkan cerita sebelumnya dimana Andy memberikan semua mainannya kepada seorang anak kecil bernama Bonnie (Madeleine McGraw). Sama seperti Andy, Bonnie merupakan sosok anak yang penuh imajinasi saat bermain dengan mainannya.

Sama halnya dengan kebanyakan anak kecil Bonnie juga selalu punya mainan favorit. Jika Andy sangat menyukai Woody (Tom Hanks) maka Bonnie lebih menyukai Jessie (Joan Cusack). Woody pun hanya menjadi mainan usang dan tergeletak di dalam lemari seperti mainan lama Bonnie lainnya.

Hingga suatu hari kekhawatiran Woody mulai datang saat Bonnie harus menjalani masa orientasi masuk TK. Ngerasa harus ada yang menjaga Bonnie, Woody lantas nekad menyelinap masuk ke dalam tas Bonnie.

Ternyata kekhawatiran Woody berhasil terbukti. Bonnie sulit beradaptasi dengan lingkungan baru dan sedikit canggung. Dibalut oleh beberapa scene lucu dan menyentuh, Woody berhasil membantu Bonnie membuat sebuah prakarya mainan dari senpu (sendok garpu) yang ia beri nama Forky (Tony Hale).

Kehadiran Forky mampu membuat Bonnie ngerasa nyaman. Namun sialnya mainan daur ulang itu malah ngerasa dirinya sebagai sampah dan memilih untuk membuat diri. Sejak saat itulah Woody berkomitmen buat menjaga Forky agak selalu berada di dekat Bonnie.

Kisah lucu para mainan itu berlanjut ketika Bonnie membawa mereka semua untuk pergi liburan keluarga. Woody yang mati-matian menjaga Forky tanpa disegaja kembali bertemu Bo Peep (Annie Potts), mainan yang sempat dibuang oleh keluarga Andy. Cerita inilah yang bakal siap membuat emosi kamu terkuras.

Latar dan karakater baru yang pas untuk keutuhan cerita

©Disney/2019

Karena ini adalah “Toy Story” akan wajar kalo rasanya Pixar TOTAL BANGET ngasih yang terbaik. Meski sempat terganjar masalah penulisan cerita dan ditunda selama dua tahun, eksekusi cerita Toy Story 4 boleh dibilang cukup menyentuh hati penonton.

Selain lagu “You’ve Got a Friend in Me”, penggarapan scoring dan soundtrack yang masih digarap oleh Randy Newman turut menjadi obat kangen dari franchise Toy Story yang udah berusia lebih dari 24 tahun.

Bicara kualitas gambar, bisa dibilang Pixar nunjukin kalo mereka emang berada di kelas yang berbeda dari studio animasi Hollywood kebanyakan. Baik dari detil kecil karakter, pencahayaan, hingga latar belakang adegan film semua nyaris digambarkan secara sempurna. Hematnya kamu mungkin gak bakalan sadar kalo yang kamu tonton adalah film animasi, soalnya gambarnya mulus banget, gengs.

©Disney/2019

Gak cuma sampai di situ, “Toy Story 4” juga menampilkan tokoh-tokoh baru yang gak muncul sebagai hiasan. Semua karakter baru di film ini selalu punya perannya masing-masing. Duke Caboom (Keanu Reeves) contohnya, ia hadir sebagai mainan putus asa yang selalu ngerasa takut setelah ngecewain pemiliknya dulu.

Ada pula duet Ducky (Keegan-Michael Key) dan Bunny (Jordan Peele) yang muncul sebagai karakter konyol yang terobesesi ingin dimiliki seorang anak kecil. Keduanya juga menampilkan imajinasi liar dan absurd yang sengaja di-plot buat menemani Buzz Lightyear (Tim Allen). Hasilnya? Sukses bikin penonton ngakak.

Sedangkan tokoh Gabby Gabby (Christina Hendricks), menjadi karakter antagonis baru di Toy Story yang cukup spesial buat Genmuda.com. Pixar seolah gak mau 100 persen ngasih kesan jahat pada dirinya. Penonton pun diajak buat ngelihat baik-buruk dari masa lalu karakter ini. Singkatnya kamu bisa ngerasa kesel dan iba oleh sosok yang satu ini.

Kesimpulan

©Disney/2019

Hadir dengan begitu banyak hal baru, wajar jika akhirnya Pixar mengklaim jika “Toy Story 4” sebagai film penutup yang gak kalah menyentuh dari film “Toy Story 3”. Kisah percintaan Woody dan Bo Peep yang sempat dilewatkan di film sebelumnya kini juga dapat terjawab.

Dengan berbagai penilaian di atas maka gak heran jika film animasi ini punya cerita yang begitu kuat, menyentuh, dan meninggalkan kesan manis buat penontonnya, –bahkan buat orang dewasa sekalipun. FYI, jangan buru-buru beranjak dari kursi bioskop ya, karena dalam credit scenenya pun masih banyak cuplikan adegan lucu dan persembahan bagi Don Rickles (pengisi suara Mr Potato) dan Adam Burke (animator karakter Woody) yang menutup usia dalam proses penggarapan film ini.

Well, kalo kamu penasaran jangan lupa buat nonton filmnya mulai tanggal 21 Juni 2019 di Indonesia. Pesan dari penulis, jangan lupa buat bawa tissue ya.

Share and Enjoy !

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.