Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Setelah menjalani segudang kegiatan setiap hari, waktu tidur udah jadi rutinitas yang engga bisa diganggu gugat oleh setiap orang. Mau cewek atau cowok, semua makhluk hidup perlu yang namanya tidur.

Perkara tidur emang engga cuma sekedar menutup mata terus pulas. Engga kayak gitu. Serius loh. Coba aja Kawan Muda liat, pasti ada aja kan masalah yang menimpa tiap orang saat sebelum atau sesudah tidur.

Mau itu insomnia atau kurang tidur, mungkin ada aja orang yang ngerasa kalo tidur mereka itu kurang berkualitas alias nyenyak. Udah ikutin saran dokter sampe minum obat tidur, tetap aja ngalamin gangguan tidur.

Terus gimana caranya biar tidur kita nyenyak? Nih, Genmuda.com punya resepnya. Engga ribet dan mahal kok, langsung simak ya:

Mandi air hangat

via: Giphy

Kayak yang udah pernah dijabarin sama Genmuda.com beberapa waktu lalu. Mandi sebelum tidur dengan air hangat terbukti secara klinis buat tubuh dan pikiran kamu rileks guys. Buat hasil yang maksimal kamu juga bisa tambahin sedikit aroma terapi di bak mandi kamu, biar mood kamu sebelum tidur semakin baik.

Matiin gadget

(Ilustrasi: tweaktown.com)
(Ilustrasi: tweaktown.com)

Mau smartphone, laptop, tabet, atau tv, sebaiknya kamu hindari setengah jam sebelum tidur. FYI, saat cahaya biru dari gadget kamu ditangkap oleh retina, otomatis merangsang otak supaya tetap waspada dengan lingkungan kamu. Sederhananya, mata kamu udah tau saatnya buat tidur, tapi otak kamu ngerasanya masih siang hari. Wajar kan pada akhirnya bobo kamu jadi engga nyenyak.

Minum Kopi

(Sumber: Twitter)
(Sumber: Twitter)

Meski punya kandungan kafein cukup besar, bukan berarti minum kopi bisa bikin kamu melek. Sebaliknya, jika mengonsumsi kopi sebelum tidur mampu memberikan kehangatan dan rileksasi. Selain kopi teh dan susu hangat juga punya manfaat serupa loh.

Pakai kaos kaki

Supaya tidur kamu makin nyenyak. Coba aja pakai kaos kaki saat tidur. Yang pendek aja, engga usah kaos kaki buat main bola apalagi lengkap sama setelan kaos bola. Kamu kan kamu tidur, bukan main bola. Kalo kebelet pas mau pipis gimana?

Jangan makan sebelum tidur

(Sumber: Corbis)
(Sumber: Corbis)

Mules dan kembung bisa aja menyerang kamu di malam hari. Penyebabnya sih sederhana, yaitu karena kamu kebanyakan makan sebelum tidur. Sesuai apa yang dijelasin sebelumnya ada baiknya rentang makan sebelum tidur itu adalah setengah jam sebelum tidur. Hindari juga makan yang berat-berat kayak batu. *canda

Atur posisi tidur

Engga cuma pas ujian, posisi tidur juga menentukan kualitas tidur kamu. Para ahli menyarankan tidur yang baik adalah dengan posisi telentang supaya pernapasan kamu engga terganggu.

Peluk pasangan kamu (kalo udah halal)

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Tidur sambil berpelukan dengan pasangan terbukti membantu tubuh melepaskan hormon vasopresin, testosteron, estrogen, endorfin, oksitosin, dopamin, serotin, feromon, dan norepinefrin. Semua hormon tersebut mampu memberikan keseimbangan saat tidur bagi jiwa dan raga. Buat yang belum halal, peluk guling aja juga udah ngebantu kok. He-he.

Tidur tanpa busana

(Sumber: favim.com)
(Sumber: favim.com)

Eits, jangan keburu ngeres. Selain praktis, cara kayak gini sebenarnya bikin tidur kamu makin nyenyak. Kenapa? Menurut sains, tidur tanpa busana mampu membuat suhu tubuh turun secara lebih alami dibandingkan mereka yang mengenakan baju, TAPI sebelum melakukan cara ini, pastiin dulu kalo tempat tidur kamu bersih demi menghindari penyakit kulit.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.