Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Bagi cewek, cowok berpikir dan berperilaku layaknya alien. Padahal, cowok jauh lebih sulit ngertiin cewek daripada sebaliknya. Kamu para brader pasti pernah diomelin pacar atau temen cewek apapun yang kamu lakukan. Bahkan kamu engga ngapa-ngapain pun masih aja diomelin.

Sebaliknya, giliran kamu coba menghadapi omelan dan ngebahas permasalahannya hingga tuntas, si cewek malah diem seribu bahasa. Kalo gitu, siapa yang alien hayo? Engga ada yang alien, brad. Yang ada cuma beda cara kerja otak aja. Berikut ini adalah fenomena seputar cewek yang sering dirasain cowok dan penjelasan ilmiahnya menurut para pakar.

1. Kenapa tebakan cewek soal cowoknya keseringan bener ya?

(Sumber: searchquotes.com)

“Kamu pasti habis hubungi mantan lagi. Bener kan. AYO NGAKU AJA!” Kamu yang punya pacar kemungkinan besar pernah denger cewekmu ngomong itu. Atau, kemungkinan besar kamu pernah ngerasa si doi punya indera keenam karena bisa nebak beberapa hal yang kamu lakukan atau coba sembunyiin dari doi.

Kata neuropsychiatrist Universitas California, Louann Brizendine, itu terjadi akibat ribuan tahun evolusi perempuan. Sejak jaman purba, cewek terbiasa memahami pola gerak dan bahasa non-verbal buat memahami anak bayinya yang belum bisa ngomong. Kini, cewek malah bisa menebak apa yang ada di pikiran pasangan, bahkan tau tetangganya lagi asik jadi tukang gosip. *keren!

2. Apa yang membuat cewek butuh banget kepastian?

(Sumber: tempo.co)

Karena terbiasa berhasil menebak apa yang terjadi itulah cewek cenderung geregetan kalo engga bisa dapat jawaban. Makanya, cewek kamu suka bete banget kalo kamu engga bisa mastiin jadi jalan atau engga di weekend. Itu juga yang membuat kamu ditinggal gebetan karena kelamaan ngasih kepastian.

Brizendine bilang, dalam ketidakpastian tubuh cewek bakal melepas hormon yang membuat otaknya merasa seolah-olah ada dalam situasi kejang atau step. Oleh sebab itu kamu perlu kasih cewekmu kepastian. Bahkan jawaban ‘engga’ lebih baik daripada engga ada jawaban sama sekali. (Jadi cowok punya sikap dong!)

3. Cewek kenapa engga jelas kalo mau sesuatu?

(Sumber: Istimewa)

Cowok sering banget ngedumel karena ceweknya engga jelas kalo minta sesuatu atau sering dibilang engga peka. Sejujurnya nih sob, otak kita para kaum Adam ini emang ketinggalan dalam soal komunikasi tersirat. Pakar syaraf Institut Kennedy Krieger, Martha Bridge Denckla bilang, “Ketika berfungsi, semua bagian otak kiri dan kanan perempuan saling terhubung dan membuatnya lebih pandai berkomunikasi.”

Jadi, kali berikutnya cewek kamu bilang “Cewek itu cantik ya?” Kamu jangan jawab “iya” doang. Itu bikin suasana runyam. Doi tuh secara engga langsung lagi minta kepastian kalo kamu tetep setia dan milih doi apapun yang terjadi, meskipun ada sejuta cewek cantik berkeliaran di sebelah kamu.

4. Kalo lagi berantem, kenapa cewek suka diem aja? Kan jadi bingung ngajak diskusinya!

(Sumber: Chicago Tribune)

Ini adalah dampak dari evolusi seperti yang diceritakan Brizendine. Karena sejak zaman purba mendalami perannya sebagai sosok yang melahirkan dan membesarkan generasi penerus, cewek cenderung menghindari konflik apapun bentuknya.

Kemudian, desain otak cewek seperti yang disebutkan sebelumnya membuat mereka berkomunikasi dengan cara nonverbal. Dalam kesehariannya, cewek biasa diem atau sebagian nyinyir ketika kamu berusaha ngebahas sebuah masalah dalam hubungan asmara kalian.

5. Cewek suka ungkit-ungkit masa lalu?

(Sumber: billboard.com)

Ini nih yang suka bikin cowok sebel. Kamu pun mungkin pernah denger doi tiba-tiba cerita mantan dan tiba-tiba kamu merasa dibanding-bandingin sama lelaki yang udah engga tau ada di mana itu. Hal pertama yang kamu lakukan adalah tenang dan jangan langsung baper. Itu wajar buat cewek.

Majalah Psychology Today bilang, bagian hippocampus cewek jauh lebih besar daripada cowok. Kasarnya, di bagian itu lah ingatan manusia tersimpan. Karena bagiannya lebih besar dan lebih banyak menerima aliran darah, anak cewek cenderung bisa mengingat hal-hal lama secara lebih detil daripada cowok. Dan, karena bagian otaknya saling terhubung dengan baik, bagian otak yang ada kamunya pun secara otomatis terhubung dengan bagian otak yang ada mantannya. No hard feelings, bro.

6. Curhat ke cewek sendiri mah percuma. Engga ada solusi!

(Sumber: akikosmorningcoffee.wordpress.com)

Majalah Psychology Today bilang, bagian cingulated gyrus di otak cewek merupakan bagian yang paling banyak dialiri darah. Bagian itu merupakan bagian yang bikin cewek mengingat kembali memori lama dan merasakan kembali emosi ketika itu.

Itulah sebabnya, kebanyakan cewek lebih fokus berempati bahkan ikut merasa emosi waktu denger curhat cowoknya. Sementara itu, otak cowok mendesain kaum Adam cenderung melewati bagian sedih-sedihan dan langsung mencari solusinya.

7. Susah banget buat ngeritin cewek sendiri. Kenapa ya?

(Sumber: huffingtonpost.com)

Selain punya bagian-bagian otak yang lebih terhubung, anatomi tubuh cewek juga jauh lebih kompleks dari tubuh cowok. Menurut majalah Live Science, hormon di tubuh cewek kerap berubah. Itu ada hubungannya dengan jadwal menstruasi sekaligus bikin perilaku cewek berubah-ubah tiap hari.

Brizendine bilang, cewek cenderung berusaha tampil lebih seksi dan menarik ketika masa subur. Ketika itu, hormon mendorongnya buat mencari pasangan. Seminggu kemudian, hormon progesterone akan meningkat, membuat mood cewek sedikit down dan pengen nyantai. Minggu berikutnya bakal masuk masa para cewek jadi sensitif dan agak cry-baby.

8. Kenapa sih kalo lagi pacaran doi selalu ngelakuin hal lain?

(Sumber: squarespace.com)

Biarpun doi sibuk sama smartphonenya waktu lagi sama kamu, bukan berarti doi engga merhatiin kamu, bro. Cewek bisa melakukan kedua hal itu bersamaan. Itu terjadi karena otak cewek didesain unik dan memungkinkan doi bisa multitasking.

Lain dari cowok, partikel putih (white matter) di otak cewek jauh lebih dominan. Partikel inilah yang membuat bagian-bagian otak saling terhubung satu sama lain. Jadi, doi bakal inget hal yang kamu certain meskipun doi dengerinnya sambil nonton tv. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.