Minggu, 23 September 2018

Genmuda – Setelah beberapa waktu lalu Kawan Muda udah dapet bocoran soal Popcon Asia 2016. Tepat pada hari Kamis (11/8), Genmuda.com juga ikut serta dalam preview night Popcon Asia 2016 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Para media dan tamu undangan terlebih dahulu disuguhkan sebuah penampilan dari Insanirium dengan tema revolusi industri kreatif di Indonesia. Di sini kita diajak melihat sekilas perjalanan industri kreatif di Indonesia dari dulu (yang sempat jaya terus tenggelam) hingga sekarang (yang terus berkembang).

©Genmuda.com/2016 Liki
Karakter komik lokal dalam acara preview night Popcon Asia 2016 ©Genmuda.com/2016 Liki

Engga lama berselang munculah para founder Popcon Asia, Ibu Grace Kusnadi dan Sunny Gho yang diiringi oleh ‘Popo’ sang maskot. “Kami senang di tahun ini kami banyak sekali mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Semoga acara ini dapat menjadi wadah berkembangnya ekosistem industri kreatif di Indonesia.” jelas Ibu Grace.

Selanjutnya giliran Ketua Badan Industri Kreatif Indonesia, Pak Triawan Munaf yang memberikan kata-kata sambutan sebagai bentuk dukungannya dalam mengapresiasi, mensupport, dan mendorong para kreator lokal untuk terus berkarya dan mengharumkan nama bangsa.

Beliau turut nekanin kalo acara seperti Popcon dapat memacu para anak muda untuk terus berkarya sekaligus menciptakan ekosistem (industri kreatif) karena menurutnya, industri kreatif harus menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Oleh karena itu Pak Triawan berharap jika anak-anak muda kayak kita ini tuh harus berani berkarya, terutama di dalam negeri.

“Saya selalu tekankan, berkompetisilah di dalam negeri, setelah kita mengerti dan menguasai pasar dalam negeri barulah kita pergi (ke luar negeri). Local now, global later.” jelas Pak Triawan.

©Genmuda.com/2016 Liki
Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, berbincang dengan pendiri Pionicon, Faza Meonk. ©Genmuda.com/2016 Liki

FYI, penyelenggaraan Popcon 2016 yang didukung sama BEKraf ini juga bisa bantu Kawan Muda buat cari tau soal HKI, sosialisai karya dan masih banyak lagi. Singkatnya BEKraf siap bantu kamu supaya ngerti.

“Di setiap lini ekosistem, BEKraf punya kedeputian yang meliputi permodalan, infrastuktur, pemasaran, HKI dan regulasi, hubungan antar lembaga dan wilayah, hingga riset. Mereka inilah orang-orang yang saya tugaskan untuk mengidentifikasi untuk menciptakan ekosistem. Dan sosialisasi seperti ini sudah mulai berjalan setahun belakangan ke beberapa kota di Indonesia” kata Pak Triawan ke Genmuda.com.

JSYK, acara ini berfokuskan kepada industri kreatif terutama komik, mainan, film, dan animasi ini merupakan sebuah ajang bertemu, berjejaring dan berkolaborasinya para pelaku industri kreatif lokal dan internasional. Nama-nama pelaku industri kreatif kayak Ross Tran (Amerika Serikat), Stanley Lau (Singapura), Lius Lasahido (Indonesia), Russel Carpenter (Amerika Serikat), Park Taejoon (Korea Selatan), Artime Joe (Korea), Dhado Wacky (Indonesia), Bryan Lie (Glitch Network), dll, bakalan hadir selama tiga hari penyelenggaraan Popcon Asia 2016.

Jadi udah tau dong kalo kamu ngaku kreatif dan mau nambah wawasan weekend ini ke mana? Dateng aja langsung ke JCC mulai hari Jumat-Minggu (12-14 Agustus 2016). Tunggu apa lagi, udah saatnya dong anak muda kreatif Indonesia menjadi tuan di rumahnya sendiri. “See you there guys!”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.