Sabtu, 10 April 2021
Tekno

PhotoGrid Berubah Jadi Medsos Berbagi Gambar Pesaingnya Instagram dan BIGO LIVE

©Genmuda.com/2016 TIMKi-ka: Head of Product PhotoGrid, Jeremy Peng foto bareng seleb medsos, Clairine Clay setelah luncurin medsos PhotoGrid di Jakarta, Jumat (13/1). (©Genmuda.com/2016 TIM)

Genmuda – PhotoGrid ngembangin aplikasinya jadi media sosial berbagi. Fitur pengedit foto yang lamanya tetep ada, jadi aplikasinya makin banyak fungsi. Ngeliat tampilannya, medsos anyar itu mirip gabungan Instagram dan BigoLive.

Peluncuran PhotoGrid 6.0 diadain di Jakarta, Jumat (13/1). Sehari sebelumnya, aplikasinya di-upload ke Apple iTunes dan Google PlayStore. Pengguna lama cukup mengupdate aplikasi supaya bisa mainin medsosnya.

Tapi, aplikasinya engga tersedia sama sekali di Windows App Store. Head of Product PhotoGrid, Jeremy Peng, bilang kalo pengguna Windows Phone di Indonesia engga sebanyak iPhone dan Android.

©Genmuda.com/2016 TIM
Jeremy Peng diwawancarai media. Doi optimis PhotoGrid bisa menyaingi keberadaan medsos seperti Instagram dan Bigo Live di Indonesia. (Sumber: ©Genmuda.com/2016 TIM)

Ya, gaes. Indonesia adalah negara yang diperhitungkan karena penggunanya terbanyak. Ada sekitar 10 juta pengguna aktif appsnya di Indonesia dari total 100 juta di seluruh dunia. Kalo appsnya sendiri udah di-download 300 juta kali di seluruh dunia.

Sekarang sih aplikasinya masih polos aja tanpa ada Official/Verified Account kayak di Instagram, Line, dan Twitter. Fiturnya baru bakal ditambahin di bulan keenam. Tapi, aplikasinya engga kalah keren dengan fitur seperti di bawah ini:

1. Rolling Comments

©Genmuda.com/2016 TIM
Kak Clairine Clay lagi nunjukin foto doi. Yang komen banyak juga, loh. (©Genmuda.com/2016 TIM)

Komentar tiap upload bakalan tertera di pojok kiri bawah foto. Jadi, engga perlu repot banyak klik kalo cuma pengen liat komennya sekilas. Bisa juga ngebuka halaman baru buat nampilin semua komennya dengan jelas. FYI, fiturnya mirip seperti di Bigo Live.

2. Kategorisasi feed

PhotoGrid juga punya halaman feed dengan fungsi seperti halaman explore Instagram. Bedanya, foto-foto yang muncul di halaman feed bakal dipisahin jadi beberapa kategori sesuai pemilihan Artificial Intelligence (AI).

3. Top user

Di halaman feed, ada sub-halaman Top User. Isinya adalah daftar akun-akun yang lagi trending hari itu. Posisi pertama diisi sama akun yang paling banyak dapet likes dan fotonya diliat, bukan berdasarkan follower. Jadi, siapapun bisa jadi Top User setiap hari.

4. Ratusan filter dan efek foto

©Genmuda.com/2016 TIM
Abis selfie gini, fotonya bisa divermak abis pake PhotoGrid, terus langsung upload ke medsosnya. (©Genmuda.com/2016 TIM)

PhotoGrid udah nyediain paling engga 500 filter, 300 layout, dan ratusan efek khusus lainnya. Tinggal klik doang, foto yang mau di-upload langsung berubah sesuai selera tanpa perlu ribet geser-geser slider.

5. Sticker cepet update

Ada juga ratusan sticker yang bisa di-download di PhotoGrid. Jumlahnya bakal dibanyakin setiap ada hari besar atau kejadian viral. Waktu “Om Telolet Om” mendadak booming, stikernya langsung tersedia dalam beberapa hari di PhotoGrid.

Hingga kini, semua stikernya masih dibuat sama desainer pilihan. Head of Product PhotoGrid, Jeremy Peng, bertekad dalam waktu deket ini mengundang beberapa pegiat desain grafis Indonesia buat bikin stiker di PhotoGrid.

Kesimpulannya, bakal ada satu lagi medsos baru dengan fitur lengkap banget. Coba aja Kawan Muda download siapa tau kamu bisa jadi ‘SelebGrid.’ Oh iya, salah satu seleb yang udah pake PhotoGrid adalah Clairine Clay. Kepoin medsos baru doi aja! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.