Minggu, 25 September 2022

Genmuda – Olahraga berat yang bikin ngos-ngosan dan banjir keringat belum tentu baik buat kesehatan dan sukses nurunin berat badan kamu. Nyatanya olahraga yang seimbang adalah solusi paling tepat. Soalnya, masing-masing jenis olahraga bisa saling memperbesar manfaat olahraga lainnya.

Edward Laskowski, co-director Mayo Clonic Sports Medicine Center di Minnesota, Amerika Serikat bilang, “Melakukan beragam jenis olahraga dalam satu sesi latihan juga menjadi cara untuk mengurangi cedera akibat olahraga berat.”

Kelly Drew, pakar fisiologi olahraga American College of Sports Medicine bilang, olahragawan berpengalaman juga bisa membuat gerakan olahraga baru yang menggabungkan beberapa jenis olahraga itu. Apa aja sih jenis olahraganya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Olahraga aerobik

(Sumber: YouTube Image)

Beberapa orang juga ada yang bilang olahraga ini sebagai olahraga kardiovaskuler. Sifat olahraga ini tuh melatih pernapasan dan meningkatkan detak jantung. Dengan kata lain, olahraga ini dilakukan buat melatih stamina. Bentuk olahraganya sih engga cuma aerobik yang pakai musik doang. Lari, jalan cepat, bersepeda, dan berenang juga termasuk di dalamnya.

Majalah Live Science 8 Juli lalu bilang kalo 1,4 juta orang AS dan Eropa yang rutin berolahraga aerobik bisa terhindar dari 13 jenis kanker. Orang yang melakukan olahraga ini selama 150 menit tiap minggu bisa punya umur lebih panjang 31%.

Kelly Drew bilang, “Ada baiknya memulai olahraga aerobik dengan tempo lambat, atau yang nyaman dilakukan. Itu perlu agar terhindar dari cedera.” Kalo Edward Laskowski punya slogan kayak gini: “Start out low, and progress slow.”

2. Olahraga kekuatan

(Sumber: street-workout.com)

Anak-anak muda yang suka nge-gym pasti udah paham deh cara melakukan jenis olahraga ini. Push-up, sit-up, pull-up, dan angkat beban merupakan beberapa jenis bentuk olahraga yang melatih kekuatan dan ketahanan badan. Jenis olahraga ini bermanfaat buat melatih massa otot.

“Olahraga ketahanan ini baiknya dilakukan paling tidak dua hari tiap minggu,” menurut anjuran olahraga Centers for Disease Control and Prevention AS. Agar terlatih dengan baik, olahragawan perlu memaksa otot mereka mengangkat beban berulang-ulang hingga kesulitan mengangkat beban repetisi selanjutnya.

Supaya hasilnya lebih baik, ada baiknya melatih otot yang berbeda di hari yang berbeda. CDC menganjurkan menyelang-nyeling antara olahraga otot bahu, dada, punggung, paha, pinggul, perut, dan tangan. Seperti halnya olahraga aerobik, ada baiknya angkat beban ringan di awal dan meningkatkan bebannya sedikit demi sedikit.

3. Olahraga keseimbangan

(Sumber: hotyogasc.ca)

Inti olahraga ini sih menyeimbangan posisi badan. Manfaat besar olahraga ini baru terasa setelah tua nanti, ketika keseimbangan manusia makin menurut. Ibu hamil atau orang yang bertambah berat badannya pun perlu olahraga ini, agar bisa terus menyesuaikan diri dengan titik tumpu badan yang juga berubah-ubah.

Bentuk olahraganya bisa berdiri dengan satu kaki, pilates, atau yoga. Menurut Edward Laskowski, seperti ini bisa dilakukan sebanyak apapun setiap minggu dan tanpa ada batasan. Menurut penelitian Melanie Lesinski cs. yang dimuat di jurnal Sports Medicine akhir 2014, “Tiga kali latihan keseimbangan tiap minggu efektif memperbaiki keseimbangan seseorang.”

4. Olahraga kelenturan

(Sumber: higherperformancelife.com)

Jangan anggap remeh olahraga ini. Olahraga kelenturan tuh bikin otot saling tarik-menarik. Salah satu manfaatnya adalah mengurangi risiko cedera otot waktu melakukan olahraga lain. Kamu pernah liat orang yang engga bisa garuk punggungnya sendiri? Nah itu terjadi karena doi kurang latihan kelenturan. Bentuk latihan ini sih udah jelas sering kamu lakukan kalo lagi stretching.

5. Olahraga ketangkasan

(Sumber: pusatbeladiri.wordpress.com)

Nah, olahraga ketangkasan tuh merupakan gabungan dari keempat jenis olahraga di atas, gaes. Bulu tangkis, sepak bola, bela diri, parkour, dan anggar merupakan contoh olahraga yang dimaksud. Selain itu, bentuk permainan olahraga itu juga melatih otak, sebab masing-masing permainan punya strategi tersendiri yang dibutuhin supaya kamu bisa memenangkan permainannya.

Nah, itulah 5 jenis olahraga yang perlu dilakukan seimbang supaya kamu bisa mendapat manfaat maksimal. Menurut Kelly Drew, engga masalah dalam sehari melakukan berbagai jenis olahraga itu. “Engga masalah melakukan tiap jenis olahraganya sebentar, asalkan seimbang,” kata Kelly Drew. (sds)

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.

Leave a Response