Minggu, 25 September 2022

Genmuda – Bisa ngejalanin studi di luar negeri tentu bakal jadi pengalaman tersendiri buat siapapun itu. Apalagi buat kamu yang senang berpetualang, studi di luar negeri jelas bisa jadi salah satu momen terbaik dalam hidup kamu, Kawan Muda.

Engga peduli kamu kuliah atau cuma ikutan semacam summer course di luar negeri, semua itu sama-sama bisa ngubah hidup kamu. Bisa ngejelajahin dunia dan ngalamin budaya baru jelas merupakan sebuah kesempatan sekali seumur hidup yang engga boleh kamu lewatin begitu aja dan harus kamu manfaatin sebaik mungkin.

Singkatnya, studi di luar negeri pada dasarnya bakal ngasih kamu beragam peluang buat ngelihat dan ngelakuin banyak hal yang mungkin engga bisa kamu capai kalo kamu cuma tinggal di Indonesia. Oleh karena itu, kamu tentu perlu milih lokasi yang tepat buat ngemaksimalin semua peluang tersebut. Buat kamu para petualang khususnya, berikut ini 5 pilihan lokasi yang bisa kamu lirik:

1. Brisbane, Australia

via brisbanestudenthousing.com.au
(Sumber: Istimewa)

Brisbane merupakan destinasi wisata paling populer ketiga bagi turis internasional di Australia, menyusul Sydney dan Melbourne. Di sana, kamu bisa nikmatin beragam aktivitas seru kayak cliff diving dan bungee jumping maupun nikmatin suasana dari sejumlah pantai paling indah di dunia. Bahkan, kalo kamu ada waktu luang di akhir semester, kamu bisa aja melipir yang rada jauhan ke Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef) buat ikutan sesi scuba diving.

2. Shanghai, Tiongkok

via studioabroad.com
(Sumber: Istimewa)

Ada banyak banget tempat keren yang bisa kamu jelajahin di Shanghai. Kota metropolitan yang super ramai ini merupakan rumah bagi sejumlah atraksi unik seperti festival lampion tahunan maupun segudang galeri seni. Terlebih lagi buat kamu para pecinta kuliner, dijamin hari-hari kamu bakal diisi dengan serangkaian kegiatan wisata kuliner di berbagai pasar makanan di sana, yang nawarin beragam hidangan mulai dari hati kodok sampai serangga goreng.

3. Tokyo, Jepang

via timeshighereducation.com
(Sumber: Istimewa)

Masih di kawasan Asia, Tokyo juga bisa jadi pilihan destinasi studi menarik buat kamu. Entah itu kuliner, fashion, hiburan, atau bisnis, semua bisa kamu temuin di sana. Kota ini engga cuma nawarin perjalanan sejarah dan budaya yang kaya, tapi juga kehidupan modern yang begitu hidup lewat teknologinya yang super canggih. Dengan demikian, engga ada lagi yang namanya weekend gabut kalo kamu lagi di sana.

4. Abu Dhabi, UEA

via adu.ac.ae
(Sumber: Istimewa)

Beralih ke Timur Tengah, ada Abu Dhabi yang engga kalah eksotis dari kota-kota sebelumnya. Kota ini bisa dibilang udah jadi yang terdepan dalam hal inovasi dan teknologi di Timur Tengah. Di sana, kamu bisa bersantai di pantai, belanja sepuasnya, jalan-jalan naik unta, dan nikmatin hidangan Timur Tengah yang ngegugah selera. Intinya, apapun yang kamu cari, semua bisa kamu temuin di Abu Dhabi.

5. Buenos Aires, Argentina

via academiabuenosaires.com
(Sumber: Istimewa)

JSYK, setiap tahunnya Kedutaan Besar Argentina selalu ngasih kesempatan beasiswa bagi para siswa Indonesia yang pengen nempuh pendidikan di Argentina, Spanyol, Meksiko, dan Chili. Sayangnya, kesempatan tersebut selalu berlalu begitu aja, entah karena sepi peminat atau syarat yang engga bisa dipenuhi. Padahal, kalo kamu ngaku pecinta seni sejati, kamu bisa ngelanjutin studi ke Buenos Aires, yang merupakan rumah bagi sejumlah galeri seni, pusat seni pertunjukan, dan arsitektur spektakuler di Argentina. Kamu para pecinta sepak bola dan olahraga lainnya pun dijamin bakal betah banget di sana. (sds)

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer

Leave a Response