Selasa, 24 November 2020

Genmuda – Terdengar berlebihan, tapi pendapat yang bilang jomblo adalah masalah besar buat anak muda itu sangat logis. Manusia sebagai makhluk sosial kan engga bakalan betah hidup sendiri meski doi udah kelamaan jomblo.

Meskipun demikian, penyebab utama jomblo lah yang sepatutnya kamu waspadai. Jomblo cuma jadi efek negatif dari rangkaian nasib buruk yang menimpa kamu.

Jangan mikir yang engga-engga dulu, karena nasib buruk itu masih bisa kamu ubah dan setelahnya kamu bakal punya kemungkinan lebih besar mengakhiri status jomblo. Di bawah ini adalah penjelasan yang Genmuda.com maksud, gaes.

1. Bau mulut

via debrasdailydose.com

Bau mulut atau halitosis itu engga oke banget. Tanpa kamu sadari, orang di sekitar bakalan ngejauh supaya engga kebauan. Sadis tapi begitulah adanya. Kalo mulut kamu udah bau, ya pasrah aja deh tunggu baunya hilang sendiri.

Penyebab bau mulut itu sendiri ada banyak, misalnya aja karena kurang minum atau karena kamu engga rajin bersihin mulut. Atau, bisa juga karena makanan yang mengandung bau engga sedap, seperti pete, jengkol, bawang, atau ikan.

Karena itu, kamu sebaiknya bersihin mulut di pagi dan malam hari. Menggosok gigi dan bersihin lidah udah pasti harus dilakuin. Ditambah berkumur pakai antiseptik bakal lebih baik. Sedia juga air putih yang bisa leluasa kamu minum sesering mungkin.

2. Bau badan

via sunatklamp.com
(Sumber: sunatklamp.com)

Seperti halnya mulut, badan yang bau juga bikin orang menjauh. Hal itu bisa terjadi karena kamu engga bersihin keringet yang engga dibersihin. Selain karena kepanasan, keringet kamu juga bisa keluar waktu kamu makan pedes, grogi, atau ketakutan.

Kamu perlu rajin pakai deodoran kalo ngerasa jadi orang yang banyak berkeringat. Engga perlu takut baju kotor deh karena nodanya lama-lama bisa ilang kok, gaes. Jangan lupa juga rajin mandi supaya keringet engga makin bau akibat kotoran yang nempel di badan kamu.

3. Kutuan

via giphy.com

Muka dan gaya boleh kece tapi kalo rambut kutuan semuanya bakal berantakan. Bayangin aja lagi gaya-gaya menyibak rambut tiba-tiba ada serangga kecil yang loncat. Ilfil banget kan diliatnya. Parahnya lagi, kutu yang kabur itu nantinya bisa menular juga ke kepala orang lain.

Kutu itu bukan penyakit keturunan kok. Masalah ini berhubungan erat sama kebersihan individu. Kamu perlu rajin keramas buat mencegahnya atau bersihin kulit kepala pakai shampo khusus buat mengobati masalah ini. Kalo udah parah, satu-satunya solusi cuma dengan botakin kepala kamu.

Tapi jangan santai kalo kepala kamu sekarang bebas kutu karena kemungkinan masih ada telur-telurnya yang bisa menetas suatu saat. Jadi, kamu harus tetep rajin keramas seteliti mungkin meski lagi jomblo sekalipun.

4. Cepet marah

via mashable.com

Ibarat matematika, ada rumus kalo makin banyak marah sama dengan makin dikit temen. Mana ada yang mau deketin orang pemarah. Pada takut diomelin, keleus. Sayangnya, kemarahan sering dirasa perlu supaya orang dipandang tegas dan berkuasa.

Padahal ada banyak cara buat tunjukin ketegasan dan kekuasaan. Misalnya aja dengan bertindak tanpa kompromi, menepati janji, dan berani ngedeketin doi meski banyak kakak kelas lagi ngantri menggebetnya.

Semisal emosi kamu lagi naik karena satu sebab, ada baiknya kamu kabur sejenak dari tempat itu. Menarik napas dalam-dalam juga bisa jadi cara nenangin diri, loh. Atau, tonton aja video anjing-kucing lucu-lucu di YouTube biar kamu lupain masalah kamu.

5. Suka ngibul

via istimewa

Mau bohongnya besar atau kecil, efeknya sama-sama bisa menyakiti orang terdekat loh, gaes. Tapi sayang, banyak orang sering memaklumi kebohongan kecil padahal kalo dibiarin aja kebohongan itu makin jadi besar. Karena itulah engga ada yang mau deket sama si tukang ngibul.

Logikanya gini. Kalo dalam pertemanan aja udah sering ngibul, apa jaminannya hal serupa engga bakal dilakuin ke pacarnya. Karena itu, jujur merupakan modal awal yang paling dibutuhin buat membina hubungan intim.

Seandainya kamu terlanjur terjebak dalam lingkar kebohongan, sekarang lah saatnya berkata jujur. Akui aja kesalahan yang ditutup-tutupi dan sampaikan cerita aslinya sebelum kebohongan kamu terbongkar dan semuanya terlambat.

6. Ngumbar janji

via imgflip.com
(Sumber: imgflip.com)

Penduduk Indonesia udah cukup cerdas buat bedain janji palsu dari janji tulus, gaes. Genmuda.com tau kalo temen-temen kamu butuh kepastian, tapi itu engga jadi alesan buat mengumbar janji dalam pergaulan sehari-hari. Karena menumpuk janji ibarat menumpuk utang, kalo orang-orang pada nagih bersamaan kan kelar idup lo.

Misalnya kamu ngerasa engga bisa memenuhi undangan orang, ya bilang aja engga bisa dateng. Sementara kalo kamu keburu berjanji dan ada halangan, tepati aja janji kamu di lain waktu. Lebih baik terlambat daripada engga sama sekali kan. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.