Jum'at, 27 Mei 2022

Genmuda – Semester baru perkuliahan engga lama lagi bakal dimulai. Kamu yang pada baru lulus SMA dan pengen kuliah di luar negeri udah kepikiran belum mau lanjut di negara mana, Kawan Muda?

Bisa kuliah di luar negeri tentu jadi impian buat banyak (calon) mahasiswa. Dengan ngejalanin studi mancanegara, banyak manfaat nantinya bisa diperoleh, termasuk ngedapetin pengetahuan tentang keragaman budaya dan pengalaman berharga yang bisa ngubah berbagai segi kehidupan.

Sayangnya, sering kali impian buat ngelanjutin studi ke luar negeri harus tertunda gara-gara terkendala urusan biaya. Walau pihak pemerintah maupun swasta engga ada henti-hentinya ngebagiin beasiswa, tetap aja di sejumlah negara tertentu ngelanjutin pendidikan tinggi itu butuh biaya yang engga sedikit.

Singkatnya, engga bisa diungkiri kalo kuliah di luar negeri bisa jadi cukup mahal (bahkan mahal buanget) karena tiap negara punya daftar harga yang berbeda. Engga heran, nemuin dan nentuin negara yang tepat sekaligus sesuai dengan kantong kamu ujung-ujungnya bakal jadi suatu tantangan tersendiri.

Namun demikian, situs keuangan ValuePenguin berhasil ngumpulin data dari beragam sumber buat ngungkapin negara mana aja yang paling murah dan mahal buat lanjut kuliah di luar negeri. Iya sih data-datanya emang berdasarkan 48 negara paling populer di mana para siswa Amerika ngelanjutin pendidikan. Terlepas dari itu, riset tersebut tetap bisa kamu gunain sebagai salah satu gambaran.

Lantas, negara mana sih yang terbilang murah buat studi mancanegara? FYI, menurut ValuePenguin, Meksiko, India, dan Guatemala adalah negara yang paling murah secara keseluruhan. Bahkan, 5 dari 10 negara Amerika Latin termasuk daftar negara yang paling terjangkau buat studi mancanegara.

Sebaliknya, Singapura, Swiss, dan Norwegia justru dinobatin sebagai tiga negara termahal buat ngelanjutin pendidikan tinggi bagi para siswa Amerika. Yang lebih menariknya lagi, walau Eropa jadi salah satu destinasi studi mancanegara yang diminati, 6 dari 10 negara paling mahal merupakan negara Eropa dan sama sekali engga ada negara Eropa yang masuk deretan 10 negara yang paling terjangkau.

So, gimana, Kawan Muda? Ada negara yang pengen kamu tuju engga dari total 48 negara yang masuk dalam riset ValuePenguin tersebut? Kalo kamu mau lihat hasil riset selengkapnya termasuk dengan rincian biaya dan faktor apa aja yang perlu dipertimbangin, kamu buka aja link ini. Selamat mencoba! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer