Minggu, 26 Juni 2022

Genmuda – Lagi tanggal muda dan udah mau weekend kayak gini, enaknya sih emang langsung belanja dan makan sepuasnya sama orang-orang terdekat. Eits, tapi tunggu dulu, emangnya kamu udah yakin bakal langsung ngabisin semua uang kamu gitu aja, Kawan Muda?

Kata orang, uang engga bisa ngebeli segalanya, tapi hampir segalanya butuh uang. Dengan demikian, keputusan apapun yang ngelibatin uang pada dasarnya bakal bersifat dilematis, soalnya punya atau engga punya uang itu ujung-ujungnya pasti bakal serba salah. Pas punya uang pengennya beli macem-macem, eh pas engga punya uang biasanya juga masih aja kayak gitu.

Nah, buat kamu sering ngalamain dilema gara-gara uang (lagi-lagi uang!), sebenarnya ada beberapa tips nih yang bisa kamu terapin biar kamu bisa lebih tahan dari godaan buat langsung ngabisin uang sekaligus. Tipsnya sih mungkin sederhana, tapi tetap aja butuh komitmen dan keseriusan dari kamu supaya bisa benar-benar terlaksana. Berikut ini adalah 5 di antaranya:

1. Siapin diri sebelum pergi

via tumblr.com

Maksud nyiapin diri di sini adalah kamu nyiapin hal-hal kecil yang kemungkinan besar bakal bikin kamu terus-terusan ngeluarin uang. Contohnya, kalo kamu tipe yang suka ngemil dan gampang lapar, mending kamu bawa bekel atau makan dulu di rumah. Sama halnya dengan kamu yang suka ngopi dan selalu tergoda buat mampir ke kedai kopi dekat rumah kamu, mending kamu coba cari rute alternatif. Dengan ngenalin pemicu pengeluaran ‘receh’ kamu, itu bisa bikin kamu lebih teliti sama kebiasaan kamu.

2. Berhenti ngeluarin uang dengan nominal tertentu

Coba deh kamu pilih nominal uang tertentu dan larang diri kamu buat ngegunain nominal tersebut. Misalnya aja kamu pilih uang 5 ribuan, nantinya semua uang 5 ribuan kamu itu harus kamu simpan di celengan, kaleng, atau wadah serupa lainnya. Sebulan aja kamu ngumpulin kayak gitu secara rutin setiap hari, pasti hasilnya udah lumayan. Daripada kamu beliin buat barang yang belum tentu masih bakal kamu ingat, mending kamu tabung aja ‘kan?

3. Tahan diri 3 hari sebelum transaksi besar

via ifunny.co

Berniat beli baju mahal atau hp baru? Well, mending kamu tunggu dulu selama 3 hari sebelum kamu ngelakuin itu. Meski kelihatannya kayak lama banget, hal ini sebetulnya bisa jadi cara yang baik buat nyari tau apakah kamu benar-benar pengen ngebeli barang tersebut atau cuma tergoda gara-gara barangnya kelihatan keren dan kekinian doang. Kalo emang di hari H nanti barangnya ternyata udah terjual, ya itu berarti emang belum rejeki kamu.

4. Bikin daftar belanja

Setiap kali kamu mau pergi belanja buat apapun itu barangnya, ada baiknya kamu bikin daftar yang berisi apa aja yang emang kamu butuhin. Ini bisa ngebantu nyegah kamu supaya engga teralihkan oleh barang-barang yang sama sekali engga kamu butuhin. Dengan begitu, otomatis kamu engga bakal ngabisin uang buat hal-hal yang engga masuk dalam kebutuhan kamu. Bahkan, kamu pun bisa lebih ngehargain barang-barang yang akhirnya kamu beli.

5. Jujur sama orang-orang terdekat

via giphy.com

Kalo teman-teman kamu ada yang punya kebiasaan buat ngabisin banyak uang setiap kali pergi dan kamu tau bahwa kamu engga bisa ngikutin gaya hidup yang kayak gitu, engga perlu takut buat ngasih tau mereka. Kasih tau aja kalo kamu sekarang emang lagi berupaya buat nabung dan kamu lebih baik ngelakuin sesuatu yang engga ngeluarin banyak uang atau kalo bisa sama sekali engga ngeluarin uang. Kalo teman-teman kamu engga bisa ngertiin kondisi kamu, itu masalah mereka. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer