Kamis, 21 Januari 2021

Genmuda – Persahabatan cewek dan cowok ibarat dua dunia. Perbedaan mencoloknya belum tentu dipahami kelompok yang lain, namun kedua jenis kelamin bisa saling bersahabat dalam batas-batas tertentu.

Cewek belum tentu paham konsep “Gue rela motong kuping demi si idiot itu” seperti yang dipahami cowok untuk sahabatnya. Sebaliknya, cowok sulit paham makna “Aku akan selalu ada untukmu, kapanpun kamu butuh” seperti yang dipahami cewek.

Karena itu, cowok yang pengen bersahabat sama cewek harus paham beberapa poin penting di bawah ini, berdasarkan hasil penelitian mendalam Social Issue Research Center (SIRC) Inggris yang dibuat untuk riset pasar salah satu perusahaan minuman ringan dunia.

1. Jangan judging

via galoremag.com

Meski persahabatan cewek terkesan “satu untuk semua, semua untuk satu,” rasa seenggak suka satu sama lain masih bisa muncul. Biasanya, disebabkan oleh penghakiman atau ceng-cengan. Cewek yang dikritik habis mengenai bentuk alisnya mungkin akan menarik diri untuk beberapa saat, misalnya.

Riset SIRC bilang, cewek mau berteman sama cowok karena cowok cenderung cuek sama banyak hal yang cewek lakuin. Sehingga, doi bisa jadi diri sendiri tanpa perlu takut dibilang yang macem-macem.

2. To the point

Cewek juga mau bersahabat sama cowok karena cowok orangnya gak ribet. Apapun yang cowok omongin pastilah sesuai sama maksudnya. Lain dari omongan cewek yang bunyinya A tapi maksudnya bisa B, C, atau D. Bahkan sesama cewek pun bisa salah menafsirkannya.

3. Berbagi curhat

via gurl.com

Temen yang sering berkegiatan bareng cewek belum tentu jadi sahabatnya, kecuali mereka berbagi curhatan. Soalnya, cewek curhat bukan pengen minta bantuan, tapi sekadar berbagi perasaan. Maka, lo jangan buru-buru ngasih solusi kecuali diminta.

Lo pun jangan berharap curhatan lo dikasih solusi. Kalo gak diminta, cewek yang denger curhatan lo mungkin bakalan curhat balik karena prinsip cewek adalah berbagi perasaan. Bukan ngasih solusi.

4. Gak usah ngebet ketemuan

Lain dari cowok yang persahabatannya berdasarkan kegiatan bersama, persahabatan cewek bakal terjalin hanya lewat komunikasi jarak jauh. Jadi, komunikasi lewat telepon, chat, dan saling tag foto aja bermakna besar buat cewek. Kalo cowok, harus main game, bola, atau nongkrong bareng dulu.

5. Ganti-ganti teman dekat

via perezhilton.com

SIRC menyimpulkan, jumlah sahabat cewek hanya hitungan jari. Mayoritas punya 1-4 teman dekat. Tapi, orang berganti terus seiring berjalannya waktu. Jadi, lo gak perlu ngamuk atau ngejudge doi mure ketika nyeritain sahabatnya yang ternyata beda-beda mulu.

6. Cari bahan gosip positif

Cowok bergosip buat ngomongin hal bokep negatif atau ngecengin orang. Sementara itu, cewek bergosip karena hanya cuma mau gosip aja. Asalkan obrolannya membicarakan hal positif orang lain, cewek pasti suka deh ngomongin orang.

7. Paham “bahasa cewek”

via mayhemandmuse.com

Bahasa rahasia cewek adalah tidak ada bahasa. Mereka bisa berkomunikasi lewat body languageMelototnya cewek bisa berarti “Stop! jangan cerita soal itu!” sementara ketawanya bisa menandakan “Kita deket banget ya gak sih?” Saat lo paham bahasa non-verbal itu, lo udah jadi sahabatnya.

8. Jangan kritik nyokapnya!

Riset SIRC bilang, hampir semua cewek dengan berbagai latar belakang mengidolakan nyokapnya. Jadi, jangan pernah mengeritik beliau atas alasan apapun. Cewek yang jadi sahabat lo bisa tersinggung, men!

Hasil penelitiannya lo liat sendiri deh di link ini dan latar belakang penelitiannya ada di link ini. Namun demikian, lo yang udah punya pacar harus waspada karena doi bisa cemburu sama cewek-cewek yang jadi sahabat lo. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.