Senin, 21 Mei 2018

Genmuda – Kalo ada yang bilang belajar itu gak cuma di kelas, kira-kira Kawan Muda setuju? Yang pernah ngalamin pasti bilang yes. Apalagi, setelah nginjak bangku kuliah. Bakal banyak banget pelajaran yang didapat dari kegiatan informal, alias di luar kelas.

KKN (maksudnya Kuliah Kerja Nyata, bukan Korupsi Kolusi Nepotisme) adalah salah satu kegiatannya. Program yang biasanya diadain buat mahasiswa tingkat atas ini buktiin kalo mahasiswa butuh lebih dari pengetahuan teoritis di dalam kelas.

Bukan cuma pengalaman edukatif aja, KKN mahasiswa juga nawarin fenomena-fenomena seru yang bikin ketagihan. Para alumni bisa bernostalgia dan mahasiswa baru bisa mengetahuinya di bawah ini.

1. Mandiri? Wajib Banget!

via Istimewa
Mahasiswa tanpa mandiri engga lah lengkap. (Sumber: Istimewa)

Namanya juga kuliah kerja nyata, kamu bakal kuliah sambil kerja secara nyata (trus kuliah di kelas selama ini gak nyata gitu?). Selama KKN kamu pasti bakal tinggal di daerah yang biasanya gak deket sama daerah kamu. Tinggal bareng temen sekelompok, kamu harus banget mandiri.

Yang biasanya ngapa-ngapain dibantu sama nyokap, senior, atau dosen, pas KKN semua harus ngandelin diri sendiri. Siapapun yang terlalu ngandelin temen sekelompok tanpa mau pegang tanggung jawab pasti gak bakal disukain.

2. Berbaur sama orang baru

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

Gak cuma mandiri, peserta KKN mahasiswa juga dituntut berbaur sama banyak pihak. Kalo engga gitu, mana mungkin program KKN yang pasti melibatkan masyarakat dan aparat lokal bakal tercapai.

Selain itu, masyarakat yang terlanjur menganggap mahasiswa sebagai orang berilmu gak bakalan ragu buat curhat minta solusi penyelesaian masalah hidupnya. Mereka gak tau aja hidup mahasiswa lebih susah dari mereka.

3. Jadi chef muda dadakan

via Istimewa
Kalah kali Gordon Ramsay. (Sumber: Istimewa)

Buat kamu yang gak pernah masak di rumah, siap-siap buat jadi chef dadakan di KKN. Budget pas-pasan dan program kegiatan yang bederet bikin kamu dan kelompok harus masak sendiri kalo mau makan. Jangan lupa bikin jadwal masak biar gak ribet sendiri.

Belanja ke pasar pagi-pagi, nyiangin bahan makanan, trus masak ala mom and daddy zaman now bakal jadi salah satu pengalaman seru yang bakal kamu rasain. Jadi, bisalah mulai belajar masak dikit-dikit dari sekarang.

4. Morning lovers

via Istimewa
Kalo temen KKN-nya kayak gini, siapa yang gak betah. (Sumber: Istimewa)

Suasana rame bareng temen-temen yang seru bisa bikin kamu sering melek alias tidur pagi. Banyaknya temen seumuran biasanya emang bisa kasih efek kuat melek buat kamu. Ngobrol santai sambil minum susu jahe atau main uno bakal jadi kegiatan rutin tiap malemnya.

Tidur pas Adzan Subuh, terus bangun lagi jam 9 gak jadi alesan buat lemes. Emang bener sih kalo suasana rame bareng temen bikin seger terus walau kurang tidur.

5. Cinlok

via Istimewa
Dari single jadi ganda campuran, dari ganda campuran jadi jomblo. (Sumber: Istimewa)

Nah, ini dia nih yang bikin singkatan KKN jadi banyak. Kali Kali Nyangkut, Kali Kali Nembak, dan Kali Kali Ngegebet adalah contohnya karena KKN banyak menelan korban cinlok, alias cinta lokasi.

Gak heran, sih. Sebulan ketemu sama orang yang sama dari baru melek ampe mau merem lagi, getaran-getaran asmara wajar banget muncul gitu. Gak jarang KKN jadi momen yang ditunggu sama para jomblo, berharap ada jodoh yang nyempil di kelompok.

Gak cuma itu, yang udah punya pacar juga bisa kegoda sama fenomena cinlok ini. Makanya, peserta KKN bakal dapet wejangan yang diiringi pertengkaran dari pacar biar gak jadi korban cinlok.

6. Harus omnivora

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kalo dalam bahasa sains, omnivora itu sebutan buat makhluk pemakan segala dari yang daging sampe tumbuh-tumbuhan. Nah, di KKN kamu juga harus jadi omnivora.

Gak yang gimana-gimana kok, omnivora disini maksudnya good eater alias tukang makan. Ada temen dari pasar bawa jajanan, makan. Temen masak mie instan, ikutan makan. Hasil masakan gagal total gak enak, makan!

Jadi, disini kamu pasti terlatih makan apa adanya. Sayur asem, ikan asin, telor dadar sama sambel aja itu bakal berasa kayak lagi makan steik ala-ala cafe orang tajir melintir, loh.

Buat yang udah ngalamin pasti kangen kan sama masa-masa pas KKN, dan buat kamu yang belom ngerasain pasti ngerasain. Biasanya sih sebelum KKN emang deg-degan tapi kalo udah dijalanin dijamin seru banget deh. Semangat! (tim)

Comments

comments