Kamis, 22 Oktober 2020
Gaya HidupPiknik

Peminat Tiket Kereta Murah Membeludak di Hari Kedua KAI Travel Fair

©Genmuda.com/2017 TIMPengunjung KAI Travel Fair, Sabtu (29/7) tumplek blek memasuki area. Di antara mereka, panitia berteriak meminta semua tetap tenang dan teratur. ©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Tiket kereta api eksekutif mendadak laris manis pada Sabtu, (29/7). Pembeliannya terpusat di area Jakarta Convention Center Senayan karena ada Kereta Api Indonesia (KAI) Travel Fair hingga Minggu (30/7).

Di acara itu, KAI nyediain lebih dari 600 ribu tiket kereta eksekutif promo tanggal 7 Agustus – 31 Oktober dengan diskon hingga 75 persen. Harga tiket yang tadinya rata-rata 300 ribu – 400 ribuan bisa turun hingga sekitar 100 ribu – 200 ribuan.

Tiket masuknya juga terbilang murah karena cuma 10 ribu rupiah. Dan, ada cashback hingga 300 ribu rupiah bagi para pengguna BNI, BRI, BTN, dan Mandiri. Karena tiket masuk murah dan banyak diskon perjalanan, acaranya jelas ramai.

Membeludak! Gokil!

©Genmuda.com/2017 TIM
Menteri BUMN Rini Soemarno (depan tengah), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (depan dua dari kiri), dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro (depan kanan). ©Genmuda.com/2017 TIM

Gerbang acaranya dibuka sekitar pukul 10 pagi tapi pengunjung udah antre dari sebelum jam 8. Dan, antreannya masih ada aja pada jam 12 siang. Panjang barisan pemburu tiket murah itu sampai 2km dan membeludak hingga trotoar luar area JCC. Jalanan jelas macet parah gara-gara mobil-motor parkir sembarangan.

Selama pengunjung nunggu gerbang dibuka, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro membuka acara bersama para wartawan. Meski bukan musim liburan, mereka yakin tiketnya tetap laris.

Secara berkala, panitia membuka pintu selama beberapa saat untuk mengurangi jumlah antrean. Suasana terbilang hectic karena pengunjung udah keburu sesak, pengap, dan lembap akibat hujan di area antre. Untung aja gak ada yang keinjek.

Cara beli tiket murahnya bagaimana?

©Genmuda.com/2017 TIM
Petugas travel agent sedang mengajari pengunjung cara memesan tiket promo. ©Genmuda.com/2017 TIM

Setelah pemburu tiket masuk area dan mendapatkan sinyal wifi di ponsel mereka, tiket promo utamanya bisa dibeli online melalui Traveloka.com dan Tiket.com. Namun, pilihan tiket promonya hanya didapat apabila ponsel terkoneksi dengan wifi khusus KAI Travel Fair.

Karena diakses ribuan pengunjung dalam waktu bersamaan, wifi khusus itu akhirnya terbilang ngadat. Vanny (20) yang dateng bareng nyokapnya, Sulis (50) antre di booth Traveloka berharap bisa beli tiket secara offline.

“Kata panitia, tadi kami bisa membeli tiket secata offline dengan mengisi formulir. Kami coba saja. Toh sambil antre sambil berusaha konek ke wifi khusus,” tutur cewek yang pengen beli 20 tiket ke Jogja buat hadiri acara keluarga itu.

Taktik serupa juga dilakukan Awanis (22) dan Yati (35 ). “Kami sambil pesan online tapi juga antre karena ingin aman. Lagipula, panitia bilang ada promo bagi yang antre lagi di booth tiket.com,” tutur cewek yang lagi nyari tiket ke Jogja buat satu divisi kantornya itu.

Anak-anak cheerleaders SMA 54 Jakarta yang nyari 31 tiket ke Surabaya buat hadiri lomba cheers nasional juga kesulitan konek ke wifi khusus. “Wifinya gagal terus selama aku coba satu jam. Sebel banget,” tutur Shafa Atthiyah (16), Najwa Chairunnisa (16), dan Andraneta (16), tiga anak cheers SMA 54.

©Genmuda.com/2017 TIM
Ki-ka: Andraneta, Najwa, dan Shafa tetep senyum meski abis antre gila-gilaan. ©Genmuda.com/2017 TIM

Seperti halnya pintu ekstra, panitia ngasih kemudahan lain. Selama pukul 10.00 – 12.00 WIB, Tiket promo itu bisa diperoleh secara online melalui koneksi internet biasa. Pengunjung pun pada download aplikasi Traveloka dan Tiket.com untuk booking sambil ngantre.

“Saya baru tahu kalau promonya bisa dibeli online. Biar tidak rugi, saya booking di web dan bayar di loket,” kata Umam (29). Cowok yang beli 2 tiket bolak-balik ke Malang seharga 580 ribu rupiah itu berharap panitia lebih masif dalam ngumumin informasi mendadak, terutama terkait perubahan cara pesan tiket.

©Genmuda.com/2017 TIM
Rombongan pengunjung hectic ketika satu ponsel temannya terkoneksi ke wifi khusus. ©Genmuda.com/2017 TIM

Waktu Genmuda.com jajal liat web booking online, tiket promo ludes terbeli dalam waktu kilat. Beruntung Umam dan orang-orang yang berhasil membeli tiketnya di saat yang tepat.

UPDATE:

Demi menjaga kemudahan, ketertiban, dan kenyamanan, akhirnya mulai Sabtu (29/7) sore hingga Minggu (30/7), acara KAI Travel Fair tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Kawan Muda yang mau cari Tiket Promo KAI Travel Fair juga dapat diakes melalui aplikasi KAI Access dan aplikasi Mitra KAI lainnya yang bekerjasama. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.