Jum'at, 22 Januari 2021

Genmuda – Menikmati film gratisan gak selamanya dilakuin dengan ngebajak di internet pakai wifi numpang. Irit sih irit. Terus-terusan jadi benalu dunia digital kan sama aja numpuk dosa. Daripada masuk neraka, mending tumpukin jemuran ke dalam rumah. Biar apa? Biar jemurannya gak dicolong tetangga sebagai ganti biaya wifi.

Kembali ke persoalan nonton gratis.

Takut kantong kebobolan kayak Brazil dibantai Jerman 1-7 pas Piala Dunia 2014 sih baiknya jangan jadi alesan nyolong karya orang. Bikin film tuh susah banget loh. Untunglah ada cara supaya nonton gratis bisa dilakuin dengan cara 100% legal yang berlangsung dari masa ke masa. Misalnya, seperti di bawah ini.

1. Nunggu tayang di TV

via happyteacherhappykids.com

Bener kan. Stasiun televisi pasti udah ngurus segala jenis administrasinya supaya film keren tiga atau empat tahun lalu bisa tayang tanpa melanggar hak cipta. Cuma, filmnya pasti bakal dipotong-potong karena stasiun TV pasti nyelipin iklan yang durasinya bisa-bisa lebih panjang dari filmnya sendiri.

2. Berharap ada layar tancap

via masshar2000.wordpress.com
(Sumber: masshar2000.wordpress.com).

Jangan remehkan layar tancap. Jaman sekarang, layar tancep gak cuma nyetelin film-film tahun 1960-1980an, loh. Ada juga yang berani ngambilin film-film terkini dengan gambar berkualitas bagus. Gak usah musingin mereka dapet dari mana. Yang penting, kamu gak ngebajak filmnya. Tutup mata dikit gak apa-apa lah ya.

3. Minjem CD asli dari teman

via photobucket.com.
(Sumber: photobucket.com)

Beberapa perusahaan besar menganggap pinjam-meminjam CD, DVD, Blu-Ray asli tuh melanggar hukum. Tapi, sumpah banget itu masih bisa diperdebatkan. Masa minjemin film aja dilarang sih. Kan gak mencuri. Nanti kan filmnya dibalikin lagi ke temen. Dibalikin kan? Gak dijual ke tukang layar tancep kan?

4. Festival film

via istimewa

Masih ada kok festival film yang gak dipungut biaya. Selain nonton gratis, kamu juga bisa dapet banyak kenalan baru di festival film. Biasanya sih, penonton utamanya adalah kalangan mahasiswa dan pengamat yang pengen ikut diskusiin filmnya setelah tayang. Kalo kamu tertarik, mungkin bisa dateng ke Europe on Screen, Festival Film Mahasiswa, Festival Film Prancis, atau yang lainnya.

5. Jadi operator bioskop

via makeagif.com.

Film yang diputar di bioskop itu gak otomatis gitu aja. Ada operator film yang mengatur supaya jadwal tayang tepat waktu dan gak salah studio. Keuntungan lainnya, kamu bisa ngikutin update trailer-trailer anyar.

6. Ikut kuis

via stayclassy.dk.
(Sumber: stayclassy.dk).

Males nunggu cukup umur minimal jadi karyawan bioskop? Saatnya kembali menjelajahi Twitter karena di sana masih banyak kuis-kuis berhadiah nonton film garis. Filmnya juga yang baru-baru, loh!

7. Jadi seleb

via markmeets.com
(Sumber: markmeets.com).

Kekuatan seleb mempengaruhi banyak orang, terutama fansnya bikin banyak bioskop tertarik ngundang mereka nonton premier. Saat orang lain baru bisa saksikan trailer, artis dan influencer ternama udah nonton dan ngoceh-ngoceh di medsos aja.

8. Jadi wartawan Genmuda.com

via gifrific.com.

Bukannya nyombong, nih (padahal emang nyombong), Genmuda.com juga sering diundang ke berbagai pemutaran film loh. Kalo kamu tertarik, mungkin bisa langsung kirim surat lamaran dan CV ke email redaksi@genmuda.com. Kali aja terpilih. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.