Sabtu, 10 April 2021

Genmuda – Logika berpikir Galileo Galilei, bukti foto lembaga antariksa, dan teori pakar ilmu pengetahuan sama sekali engga pengaruhi organisasi Flat Earth Society. Mereka tetep perjuangin kepercayaan mereka kalo Bumi itu datar.

Bukan cuma itu, mereka juga percaya kalo Bumi adalah pusat tata surya, bukannya Matahari. Ya, gaes. Pikiran mereka soal alam semesta masih Geosentris kayak orang-orang jaman dulu banget.

Berkali-kali argumen mereka dibantah, makin gencar pula mereka bilang bumi itu datar. Berikut ini adalah bantahan orang-orang heliosentris (Matahari pusat tata surya) dan argumen anak-anak Flat Earth Society.

1. Apa buktinya bumi itu datar?

“Buktinya bisa ditemui dengan ngeliat garis cakrawala yang selalu lurus, engga melengkung meski diliat dari gunung sekalipun. Kalau bumi berbentuk seperti jeruk purut, harusnya garis cakrawala itu melengkung.”

2. Kalo diliat dari pesawat, garis cakrawalanya keliatan lengkung, kok.

“Itu terjadi karena jendela pesawat yang mengubah garis cakrawala jadi lengkung. Sengaja dilakukan supaya penumpang merasa senang dan perusahaan pesawat bisa menjual lebih banyak tiket.” (Ngawur)

via giphy.com

3. Foto-foto dari luar angkasa tunjukin bumi itu bulat!

“Itu hoax! NASA sengaja melakukannya karena terlanjur bohong memalsukan pengiriman Neil Armstrong ke Bulan. Roket yang membawa Apollo sebenarnya tidak pernah sampai ke Bulan karena tidak pernah meninggalkan bumi.”

4. Bagaimana dengan kesaksian astronot yang dikirim ke luar angkasa?

“Mereka berbohong. Pemerintah sengaja menyuap supaya kebohongan bumi itu bulat tetap terjaga.”

5. Pasti bulat kenapa orang bisa mengililingi Bumi!

“Mereka sebenarnya hanya berkeliling di ujung-ujung bumi saja.” (Hah. Gimana deh?)

via giphy.com

6. Kalo memang bumi datar, mana mungkin ada perubahan musim!

“Mungkin. Karena posisi orbit Matahari yang berubah-ubah sesuai waktunya. Perubahan orbit ini pula yang membuat ukuran Matahari di tiap musim terlihat berbeda-beda.”

7. Kalo datar, mana mungkin ada siang dan malam!”

“Sederhana saja. Ukuran bumi yang besar membuat cahaya matahari hanya bisa menyinari satu bagian saja.”

8. Kalo bumi datar, kenapa planet lain bentuknya bulat?

“Karena memang bentuk bumi spesial. Itu sebabnya planet ini jadi pusat tata surya.”

9. Gravitasi tunjukin kalo Bumi itu bulat.

“Gravitasi sebenarnya tidak ada. Semua benda pada dasarnya akan jatuh ke bawah. Bumi pun tidak mengorbit mengelilingi apapun. Kalo bergerak, pastilah orang-orang ada terpelanting.”

10. Kalau begitu, di mana batas ujung Bumi yang datar?

“Tidak ada. Manusia selalu akan menemukan bagian Bumi lain meski dia berjalan hingga ‘ujung dunia'” (Kalo gitu, bukannya Bumi itu emang bulat ya)

via giphy.com

11. Sekarang, jelasin kenapa ada lautan bintang di langit yang susunannya seperti kubah!

“Karena itu memang kubah bumi. Masyarakat Babilonia, Sumeria, Mesir, Romawi-Kristen, dan bangsa Indian Amerika percaya akan kubah ini. Lubang-lubang yang ada di kubah itu yang terlihat seperti bintang menurut mata manusia biasa.” (Oke. I’m out of here!).

Serius, gaes. Perdebatan engga penting itu dicantumin di halaman FAQ situs TheFlatEarthSociety.org. Menurut kamu gimana? Jangan lupa tinggalin komentar di bawah ya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.