Jum'at, 3 Februari 2023

Genmuda – Saat ngedenger Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari kembali beradu peran, sebagian dari kamu mungkin berharap keduanya bakal bermain dalam sebuah film percintaan. Tapi siapa sangka, keduanya ternyata justru bermain dalam sebuah film komedi loh, Kawan Muda.

Duet maut Reza dan BCL dalam film ‘Habibie & Ainun’ sampai sekarang memang masih ngelekat banget di hati para penikmat film di Tanah Air. Chemistry mereka yang begitu mendalam di film tersebut sukses bikin mereka jadi salah satu pasangan aktor/aktris paling romantis di ranah film nasional.

Lantas, gimana dengan film terbaru Reza dan BCL yang berjudul, ‘My Stupid Boss’? Well, tayang serentak di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam hari ini, Kamis (19/5), ‘My Stupid Boss’ diangkat dari sebuah novel yang berisi pengalaman pribadi penulis anonim Chaos@work. Film ini pada dasarnya berkisah tentang hubungan kerja super absurd di antara seorang bos dan karyawannya.

Tokoh Bossman (Reza Rahadian) merupakan seorang pria Indonesia yang punya perusahaan di Kuala Lumpur, Malaysia. Perusahaannya tersebut engga punya sistem dan peraturan yang jelas. Bahkan, penyebab berbagai kekacauan di perusahaan tersebut adalah dirinya sendiri. Diana (Bunga Citra Lestari) sebagai karyawan pun akhirnya harus terjebak di dalamnya dan terus-terusan diuji kesabarannya.

Sisi lain chemistry Reza dan BCL

(Sumber: Screenshot YouTube)
(Sumber: YouTube)

Nah, dengan jalan cerita yang demikian, kamu yang berharap Reza dan BCL bakal kembali jadi pasangan romantis mungkin harus dibuat kecewa. Lagi pula, di ‘My Stupid Boss’ BCL juga berperan sebagai istri dari Dika (Alex Abbad), yang merupakan teman lama Bossman semasa kuliah.

Meski begitu, di ‘My Stupid Boss’ kamu tetap bisa ngelihat chemistry yang luar biasa di antara Reza dan BCL. Mereka berhasil ngehadirin chemistry mereka dalam tingkat hubungan lain di samping hubungan percintaan. Engga salah kalau BCL bilang bahwa di film ini mereka cuma berusaha buat nampilin “sebuah hubungan yang benar-benar berbeda dengan chemistry yang sekuat itu [‘Habibie & Ainun’] juga”.

Reza dan BCL yang baru

(Sumber: Screenshot YouTube)
(Sumber: YouTube)

Lebih lanjut, sebagai seorang aktor kemampuan berakting Reza tentu udah engga perlu diraguin lagi. Di setiap film yang doi mainin sejauh ini, selalu aja ada kejutan baru dari dirinya maupun perannya, yang nunjukin bahwa doi memang aktor serba bisa. ‘My Stupid Boss’ pun jadi salah satu buktinya.

Kalau biasanya kamu ngelihat Reza sebagai sosok yang tampan nan rupawan, maka lain halnya dengan perannya di ‘My Stupid Boss’. Berperan sebagai bos, doi terlihat udah kayak om-om beneran. Selain punya perut yang lebih berisi (baca: buncit), doi juga punya kumis lele dan rambut yang agak botak engga karuan. Bukan doi banget deh, Kawan Muda!

Namun demikian, yang jauh lebih berkesan dari Reza engga lain dan engga bukan adalah gimana doi ngedalamin karakter tokoh yang diperaninnya itu. Mulai dari gaya bicara medok acakadul sampai tawanya yang ngeledek parah dan sotoynya yang kebangetan, semua itu terlihat begitu alami dan ngalir gitu aja. Pokoknya engga ada lagi Reza, yang ada cuma Bossman seorang.

Yang lebih menariknya lagi, di balik sikapnya yang super annoying dan bikin keki sekeki-kekinya, Reza tetap mampu ngundang tawa. Kalau doi bilang komedi itu sulit dan jadi tantangan tersendiri buat dirinya, hal tersebut nyatanya sama sekali engga terlihat di hasil akhir film ini.

Sementara itu, lain halnya dengan BCL. Di ‘My Stupid Boss’, BCL memang masih tetap terlihat manis dan cewek banget. Tapi, kali ini doi juga terlihat engga sekedar main aman aja. Dengan bahasa Melayu yang fasih (mungkin faktor suami juga hehe) dan ekspresi bete, kesal, marah, sekaligus pengen makan orang yang penuh penjiwaan, doi bisa dibilang udah mampu keluar dari zona nyamannya.

Komedi versi awam (baca: non-komedian)

(Sumber: Screenshot YouTube)
(Sumber: YouTube)

Dari segi komedi, Upi sebagai sutradara layak banget buat dapat apresiasi. Doi berhasil ngebuktiin apa yang doi yakini, yaitu bahwa film komedi engga harus selalu ngelibatin para komedian. Pemilihan pemain yang tepat pun bukan cuma terlihat dari Reza dan BCL, tapi juga dari para pemain Malaysia yang terlibat, yaitu Chew Kinwah, Bront Palarae, Atikah Suhaime, dan Iskandar Zulkarnain.

Sayangnya, menjelang akhir film ada beberapa punchline ‘My Stupid Boss’ yang lama-kelamaan jadi agak ngebosenin dan engga begitu lucu lagi karena udah keseringan diulang-ulang. Apalagi di bagian Dika, yang udah mah munculnya jarang-jarang tapi ngomongnya itu-itu aja. Pertengkaran maupun penyelesaian konflik di antara Bossman dan Diana pun seharusnya bisa digali lebih dalam lagi.

Terlepas dari itu, ‘My Stupid Boss’ tetap ngehibur banget. Ditambah sama tampilan visualnya yang penuh warna dan memikat mata, film ini jadi makin layak buat ditonton. Lumayan nih, bisa sekalian ngelepas lelah buat kamu yang lagi UAS atau suntuk di kantor loh, Kawan Muda!

Our Score

(sds)

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer

Leave a Response