Senin, 18 Januari 2021

Genmuda – Raut muka Manajer Manchester United, Jose Mourinho kecut setelah anak-anak asuhnya dibantai Liverpool 1-4 pada turnamen pramusim International Champions Cup, 29 Juli 2018. Minim pemain inti, nasib MU di musim depan dibayangi oleh nasib seburuk kekalahan tersebut.

Ketika melawan Liverpool, MU cuma diperkuat Alexis Sanchez, Ander Herrera, Eric Bailly, Juan Mata, dan Scott McTominay. Sisanya diisi pemain cadangan, seperti Alex Tuanzebe, Timothy Fosu Mensah, Demetri Mitchell, dan Lee Grant.

“Ini bukan (salah) tim. Kami memulai laga dengan separuh pemain yang bahkan tidak akan masuk skuad. Pertandingan ini adalah Liverpool melawan barisan bocah MU,” kata Mourinho.

Pemain inti lain MU, seperti Paul Pogba, Romelu Lukaku, Marcus Rashford, Jesse Lingard, dan Ashley Young masih berlibur pasca Piala Dunia 2018. Sementara itu, Mou mau gak mau harus dipaksa kerja keras bagai queda lantaran masih ada 5 pemain lainnya yang masih bermasalah dengan cedera. Berikut rangkumannya:

1. Nemanja Matic

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

Gelandang bertahan asal Serbia, Nemanja Matic mengalami nasib buruk pada Piala Dunia 2018. Akibat kelelahan dan agresi pemain lawan, dia harus dioperasi setelah turnamen akbar itu selesai. Mourinho bilang, “Dia tak akan bisa bermain saat musim (Liga Inggris) dimulai. Entah kapan dia bisa masuk lagi.”

2. Antonio Valencia

via mirror.co.uk
Antonio Valencia (ki) dilanggar pemain lawan. (Sumber: mirror.co.uk)

Valencia menikmati seluruh musim panas tanpa main bola sama sekali. Negaranya, Ekuador gagal masuk Piala Dunia. Dia baru mulai main bola lagi saat memulai sesi pra-musim di AS.

Saat melawan Club America dan San Jose Earthquakes, dua tim gurem di AS, dia malah cedera betis. “Valencia kebanyakan liburan! Kondisinya tidak baik,” kata Mourinho yang memprediksi pemain sayap kanan serba bisa itu masih harus istirahat sampai beberapa pekan pertama Liga Primer.

3. Chris Smalling

via blamefootball.com
(Sumber: blamefootball.com)

Nasib serupa juga dialami oleh Chris Smalling. Bek tengah itu cedera saat sesi latihan. Akibatnya, dia harus digantiin pada detik-detik terakhir jelang laga pramusim kontra Liverpool.

Secara resmi, MU menyebut peristiwa yang menimpa Smalling sebagai “problem kecil” dan pencabutannya dari daftar skuad utama sebagai “tindak pencegahan.” Namun, pihak MU gak mau jelasin jenis cedera yang menimpa Smalling.

4. Sergio Romero

via sportsnet.ca
(Sumber: sportsnet.ca)

Cedera lutut kanan, Sergio Romero harus merelakan gawang timnas Argentina dijaga Willy Caballero pada Piala Dunia 2018 dan harus menerima kemungkinan gawang MU dijaga Lee Grant pada pekan-pekan pertama Liga Inggris 2018/19.

5. Diogo Dalot

via metro.co.uk
(Sumber: metro.co.uk)

Diogo Dalot dibeli Mourinho dari FC Porto seharga 19 juta pounds. Tapi, dia tiba dengan lutut kanan cedera dan harus menjalani operasi kecil supaya problemnya gak berkepanjangan.

Operasi itu berhasil dan kini Dalot bisa kembali ikut program pramusim ala Mourinho. Namun demikian, dia belum tentu berada di kondisi optimal untuk dipilih sebagai Starter XI pada laga pembukaan Liga Inggris lawan Leicester, 10 Agustus mendatang.

Itu artinya, Mou cuma punya waktu kurang dari dua minggu untuk bikin anak-anak MU kompak dan kembali dalam performa terbaik mereka di musim 2018/2019. Semoga aja melempemnya gak sampe akhir musim ya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.