Minggu, 5 Februari 2023

Genmuda – Sleep Paralyze atau sleep paralysis adalah keadaan di mana kamu udah mau tidur atau bangun tidur dan seketika merasa sesak, kayak kecekek, dada sesak, badan sulit bergerak dan susah banget buat ngomong. Pernah kamu ngalamin ini? Umumnya, setiap orang pasti pernah mengalaminya, dan satu hal yang wajar. Setidaknya satu ada dua kali selama kamu hidup.

Sleep paralysis bisa menyerang siapa aja, mau kamu cowok atau cewek. Umumnya, awal gangguan tidur ini terjadi pas kamu umur 14-17 tahun. Kalo di Indonesia, kita sering nyebutnya ketindihan ya.

Ketindihan biasanya berlangsung dalam hitungan detik, dan kita mengalami hal-hal yang udah disebutin di atas, engga bisa gerak, ngomong dan sebagainya. Ada juga yang menghubungkannya dengan hal mistis. Ketindihan dianggap munculnya kehadiran makhluk halus atau serangan dari makhluk kasat mata tersebut.

Di negara Barat sana, ketindihan itu disebut sebagai mimpi buruk inkubus atau old hag, dinilai berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Masyarakat Eropa menyambungkan gangguan tidur ini dengan kehadiran makhluk halus yang sering keliatan kalo lagi terjadi. Bahkan, ada sebuah lukisan dari abad pertengahan yang menggambarkan sosok roh jahat lagi menduduki dada seorang perempuan sampe doi ketakutan dan sulit bernapas.

Karya John Henry Fuseli

Kalo penyebab sleep paralysis secara ilmiah apa Genmuda? Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, gangguan tidur ini adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap Rapid Eye Movement (REM). Keadaan dimana kamu tiba-tiba tersadar mau bangun, tapi tubuh kamu belum siap, disinilah sleep paralysis terjadi.

Perlu kamu waspadai kalo gangguan tidur ini tuh sering banget terjadi sama kamu. Sleep paralysis yang terlalu sering bisa juga menandakan Narcolepsy, Kawan Muda, serangan tidur mendadak walau kita engga ngantuk sekalipun. Serem ya, misalnya lagi bawa motor terus tiba-tiba tidur gimana itu.

Selain Nacroplesy, bisa juga pertanda Sleep Apnea (Ngorok), kecemasan dan depresi. Kalo kamu sering mengalami gangguan tidur ini, kondisinya udah berat gitu, baiknya kamu evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur kamu. Karena kelelahan juga jadi salah satu faktor penyebabnya. Usahakan tidur 8-10 jam setiap malam. Udah istirahat masih juga ketindihan, baiknya kamu konsultasi ke dokter yang mengerti bidangnya.

FYI, Sleep Paralysis biasanya terjadi kalo kamu tidurnya dalam posisi terlentang. Bicara ilmiah udah nih. Sekarang kita bahas mitos Sleep Paralysis dari berbagai Negara. Penduduk Amerika, menyebut gangguan tidur ini dengan sebutan The Devil Riding Your Back. Mereka percaya kalo kamu lagi ketindihan itu karena ulah setan yang lagi nempel dan gangguin kamu. Kurang lebih sama yah kayak mitos di Indonesia?

Jepang sendiri menyebutnya Kanashibari, yang artinya kondisi tidur dimana diri kamu dikuasai oleh makhluk halus dan berusaha membuat kamu sesak napas dan mati lemas. Ih! Amit-amit kan.

Orang tua selalu ngingetin kita buat berdoa dulu sebelum tidur itu mungkin sebagai penanggunalan akan hal ini, Kawan Muda. So, mari kita tidur dan jangan lupa baca doa dulu ya! (sds)

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis

Leave a Response