Senin, 10 Desember 2018

Genmuda – Liburan, tahun baru, dan bokek bukan sebuah kombinasi yang baik, tetapi sulit dipisahin. Soalnya, kebanyakan orangtua suka “lupa” ngasih uang jajan tiap sekolah dan kampus masuk musim libur.

Nongkrong di tempat biasa jadi mustahil. Berhutang ke pemilik warung langganan pun gak mungkin mengingat hutang bisa numpuk lebih banyak daripada pahala. Jalan ke luar kota juga susah dilakuin.

Namun demikian, bukan berarti anak muda bakal kehabisan ide liburan. Bersenang-senang dalam kondisi ketiadaan uang jajan masih bisa diakalin sama 15 kegiatan seru ini, kok.

1. Gak usah sewa lapangan, main aja di jalan

via gocekbola.wordpress.com
TENDANG! GOOOLLLL!!! (SUmber: gocekbola.wordpress.com)

Pengen futsalan/basketan/bulutangkisan tapi uangnya gak cukup? Ngapain ribet, deh. Main bola aja di jalan komplek kayak jaman old dulu. Main kelereng sekalian juga gak apa-apa.

2. Tebar pesona di taman kota

Gih main ke taman kota terdekat! Di situ pasti banyak temen sebaya yang pada nongkrong. Apabila gak kenal orang di situ, curi-curi pandang dulu aja sama yang cakep. Lama-lama juga jadi curi-curian hati dan perasaan. (APASIH!?)

3. Akustikan

Biar gak gabut di taman kota, bawa alat musik akustik gih. Sambil seru-seruan sama temen, dijamin orang-orang sekitar tertarik nonton selama penampilan kamu emang bagus dan gak bikin mereka emosi karena suaranya fals.

4. Nyambi di organisasi mentereng

via Merdeka.com
Relawan ganteng dan cantik lagi beraksi. (Sumber: merdeka.com)

Kalo kata anak zaman sekarang, jadi relawan. Asedap. Yah, apapun nama kegiatannya, pastiin kamu nyambi di tempat mentereng. Organisasi besar pasti mengakomodasi kebutuhan logistik dan transportasi para relawannya.

5. Main game papan

Mau pake papan beneran atau pake aplikasi, game papan (board game) macam monopoli, ludo, dan catur klasik selalu bisa ngilangin kepenatan dan datengin hiburan tanpa banyak biaya.

6. “Dumpster diving”

Kegiatan ini cuma bisa dilakuin orang-orang tebal muka. Soalnya, butuh keberanian buat mungut makanan sisa orang gak dikenal, lalu memakannya bareng temen-temen. Selain itu, butuh ketajaman insting juga buat bedain antara makanan sisa yang udah jadi sampah dengan yang layak konsumsi.

7. Ngebolang

via tribunnews.com
(Sumber: tribunnews.com)

Bolang = bocah petualang. Sesuai namanya, ngebolang dilakuin dengan bertualang. Gak punya uang? Jalan kaki aja. Entah ke mana. Gak perlu takut. Soalnya, selalu ada Google Map, Waze, dan ojek online yang bisa dihubungi saat ngerasa kesasar.

8. Sepedahan

Biar gak cape ngebolang jalan kaki? Naik sepeda aja, sih.

9. Ibadah bareng

Kapan lagi, kamu dan temen-temen ibadah bareng kalo engga sekarang? Lakuin bareng temen pasti seru dan gak bosenin, meski ceramahnya lama banget. Puji Tuhan.

10. Berenang

via istimew
(Sumber: Istimewa)

Selama masih ada 50 ribu rupiah di kantong, kamu masih bisa berenang. Serius, bisa. Nyari kolam renangnya jangan yang di pusat kota. Melipir aja ke pinggiran kompleks dan cari gelangang remaja atau sport center mure. Malah, mungkin kamu dapet yang harga tiketnya 10 ribuan rupiah. Gak punya duit sama sekali? Berenang di kali deket rumah.

11. Perang sarung

Ya! Sana gulung-gulung sarung dan ‘selepet-selepetin’ ke temen di sekitar kamu. Jangan serius banget selepetnya nanti kamu dipulikin temen kamu. *canda.

12. Berburu hantu

Malam datang tapi gak bisa dugem? Gak perlu panik. Keliling area tempat tinggal aja buat berburu hantu. Sana jelajahi sudut-sudut angker sambil cekrek sana-sini pake ponsel.

13. Ngeronda

via bafadal.com
(Sumber: bafadal.com)

Biar berburu hantunya lebih berfaedah, kenapa gak sekalian sambil jaga malam atau ngeronda? Saat capek jalan (atau takut), mangkal aja di pos ronda terdekat sambil main kartu, catur, dan ngemil kacang tanah goreng.

14. Tukeran film

Mau itu dengan CD, VCD, DVD, atau file kayak orang modern, tukar-menukar film merupakan sebuah kegiatan yang memakan waktu. Lakuin itu pagi, maka selesainya sore.

15. Nobar di rumah

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Nobar big match, el clasico, atau derby Manchester emang paling afdol dilakuin bareng-bareng. Gak mesti di tempat nongkrong, di rumah juga bisa. Lebih hemat dan intim. Malah, bisa dapet makanan gratis dari orangtua ‘si empunya’ rumah. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.