Senin, 30 November 2020

Genmuda – Di jaman yang serba cepat kayak sekarang ini, waktu jelas jadi hal yang amat sangat berharga. Waktu 24 jam dalam sehari pun sering kali masih dirasa kurang, bahkan buat ngelakuin hal yang penting dan bermanfaat sekalipun.

Banyak di antara Kawan Muda mungkin pernah ngeluh gara-gara engga punya cukup waktu buat ngelakuin banyak hal dalam sehari. Apalagi kalo kamu udah mulai kerja, bisa jadi waktu kamu seharian cuma abis buat ngelarin kerjaan dan nyampe rumah kamu udah malas buat ngapa-ngapain lagi.

Singkatnya, di tengah kesibukan sehari-hari, kamu bisa aja dengan mudah ngelupain beragam aspek yang berpengaruh pada kebahagiaan maupun kondisi hidup kamu secara keseluruhan. Oleh karena itu, kalo sekarang kamu udah mulai ngerasa frustrasi dengan keadaan kamu saat ini, berikut ini adalah 5 hal yang harus lebih kamu prioritasin terlepas dari kesibukan dan sebanyak apa waktu kamu:

1. Makan teratur

via spoonuniversity.com

Gara-gara terlalu fokus beraktivitas, biasanya banyak orang suka jadi lupa makan atau justru makan sembarangan. Kalo menurut kamu nyiapin atau masak makanan sendiri terlalu nyita waktu, coba deh bikin semacam rencana makan atau daftar makanan dengan berbagai pilihan menu yang bisa kamu temuin di sekitar kamu. Ingat, makanan yang kamu konsumsi bisa berdampak pula pada kinerja dan suasana hati kamu loh, Kawan Muda!

2. Olahraga

olahraga
(Sumber: Istimewa)

Setelah seharian beraktivitas, enaknya sih emang langsung leyeh-leyeh sambil nonton TV. Namun demikian, jangan lupa juga buat ngelakuin kegiatan fisik kayak olahraga supaya kamu tetap sehat dan bugar. Kalo kamu susah banget nyari waktu yang pas, mau engga mau kamu harus bangun lebih pagi atau nyuri waktu di jam makan siang. Kamu pun engga harus maksain buat nge-gym, cukup jalan kaki aja sebenarnya udah cukup ngebantu ningkatin suasana hati dan energi kamu.

3. Istirahat cukup

via seventeen.com

Pas lagi beraktivitas pengennya buru-buru pulang biar bisa tidur, eh pas nyampe rumah malah engga bisa tidur. Satu tips sederhana yang bisa kamu lakuin adalah ngejauhin diri kamu dari beragam gadget atau perangkat elektronik, mulai dari hp, tablet, tv, sampai laptop. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah buat ngeistirahatin mata kamu. Kalo masih belum mempan juga, coba deh lakuin meditasi atau teknik pernapasan, baca buku, maupun teleponan sama teman, pacar, atau keluarga kamu.

4. Belajar

cewek kreatif
(Sumber: Istimewa)

Di tahap tertentu dalam kehidupan kamu, kamu mungkin bakal ngerasa kayak engga ada lagi hal baru yang bisa kamu pelajarin. Dengan kata lain, hidup kamu kayaknya monoton di situ-situ aja. Padahal, ibarat kata Rizky Febian, “Pendidikan ‘kan engga terpatok sama usia. Mau usia berapapun kalo ada niat dari diri kita buat belajar ya udah.” Intinya, belajar engga harus selalu di sekolah, jadi mulai dari baca buku sampai datang ke seminar pada dasarnya juga bisa nambah wawasan kamu.

5. Bersosialisasi

via tumblr.com

Engga peduli kamu CEO perusahaan sekalipun, ngebikin teman dan keluarga kamu ngerasa bagian berarti dari hidup kamu pada dasarnya merupakan hal yang penting. Lagi pula, mereka ‘kan pasti juga punya kesibukannya masing-masing. Kalo emang kalian engga bisa ketemu langsung buat sekedar ngobrol sambil makan atau ngopi bareng, ya minimal kalian teleponan atau Skype-an secara teratur biar hubungan kalian bisa tetap terjalin dengan baik.

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer