Minggu, 4 Desember 2022

Genmuda – Hari gini belum main Pokemon Go, apa kata dunia? Meski begitu, jangan sampe kamu main cuma sekedar main atau berburu Pokemon tanpa tahu arah, Kawan Muda!

Hanya dalam waktu kurang dari seminggu, Pokemon Go udah sukses bikin banyak orang ketagihan, bahkan sampe nimbulin kontroversi. Ya sebenarnya bukan salah permainannya juga sih, tapi lebih kepada gimana kita bisa ngendaliin diri saat mainin permainan tersebut.

Terlepas dari itu, buat kamu yang saat ini masih penasaran buat berburu Pokemon atau masih belum puas sama berbagai Pokemon yang udah kamu dapat, ada beberapa cara jitu yang bisa kamu lakuin loh, Kawan Muda. Berikut ini adalah 5 di antaranya, yang terbilang paling sederhana:

1. Cek seberapa dekat Pokemon di sekitar kamu

(Sumber: imore.com)

Daripada kamu keburu ngotot nyari Pokemon secara random tanpa tahu arah kayak yang Genmuda.com bilang di awal, mending kamu cek dulu seberapa dekat Pokemon-Pokemon liar dengan lokasi kamu. Kamu buka aja ikon kecil di pojok kanan bawah layar permainan kamu.

Pokemon yang masih dalam tampilan bayang-bayang berarti Pokemon itu belum kamu tangkap. Sebaliknya, jejak kaki Pokemon di bawahnya nunjukin jarak Pokemon itu. Makin banyak jejak kakinya, makin jauh Pokemonnya.

2. Bikin Pokemon-nya yang ngedeketin kamu

(Sumber: techinsider.io)

Iya sih Pokemon Go emang bisa ngebantu ningkatin kesehatan dan kebugaran kamu, asalkan kamu nyari Pokemon-nya sambil jalan-jalan ke sana ke mari. Tapi, kalo kebetulan kamu lagi mager atau engga bisa jalan-jalan, kamu mending pakai Incense aja. Incense bakal ngebantu narik perhatian Pokemon liar supaya ngedeket ke kamu dalam waktu 30 menit.

Engga jauh beda dari Incense, ada pula Lure Module. Bedanya, Lure Module cuma bisa dipakai buat narik perhatian Pokemon ke Poke Stop selama 30 menit dan turut bermanfaat buat pemain lain di sekitar Poke Stop tersebut. Intinya ya gimana pintarnya kamu buat rebutan aja, Kawan Muda.

3. Lempar Poke Ball pakai teknik

(Sumber: cnet.com)

Engga jauh beda dari main basket di Facebook Messenger, ngelempar Poke Ball biar kena tepat di Pokemon yang kamu buru juga harus pakai teknik. Saat kamu nangkap Pokemon, coba deh bikin lingkaran kecil di sekitar Poke Ball kamu supaya Poke Ball tersebut sedikit berputar dan kamu bisa dapat bonus curveball alias XP yang lebih banyak.

Bukan cuma itu, nge-tap dan nahan Poke Ball bakal ngemunculin lingkaran hijau di sekitar Pokemon kamu. Ukuran lingkaran hijau tersebut bakal berubah dan kamu bisa nge-swipe saat lingkarannya lebih kecil supaya kesempatan kamu lebih besar buat langsung nangkap si Pokemon. Kalo waktunya pas, kamu bakal dapat lemparan “nice” atau “excellent” dan otomatis bakal dapat XP tambahan.

4. Gunain Razz Berries dan Ultra atau Master Balls

(Sumber: techcrunch.com)

Buat kamu yang udah bukan pemula, ada satu tips penting yang bisa kamu terapin nih, Kawan Muda. Saat level permainan kamu udah cukup tinggi, item-item baru kayak Razz Berries dan Ultra atau Master Balls bakal muncul. JSYK, Razz Berries bisa kamu umpanin ke Pokemon supaya mereka lebih mudah ditangkap. Sementara itu, Poke Ball level tinggi bakal ngurangin kemungkinan para Pokemon buat kabur. Dengan demikian, kamu engga bakal susah-susah banget buat nangkap lebih banyak Pokemon.

5. Manfaatin Battery Saver

(Sumber: bgr.com)

Ini dia nih yang paling penting. Engga peduli kamu pemula atau udah ahli, yang jelas mainan Pokemon Go tetap bakal bikin baterai hp kamu cepat abis. Oleh karena itu, manfaatin fitur Batery Saver yang udah disediain supaya baterai kamu berkurangnya engga terlalu drastis dan kamu bisa main lebih lama.

Buat ngeaktivin fitur Battery Saver, kamu cuma perlu nge-tap ikon Poke Ball di tengah layar, lalu tap pilihan Settings di pojok kanan atas. Kalo kamu udah ngeaktivin Battery Saver, balik aja hp kamu dari atas ke bawah dan aplikasi permainan tersebut bakal tetap bekerja, tapi dengan daya yang sangat rendah. Lumayan banget lah pokoknya kalo kamu berburu Pokemonnya dari Monas sampe PIM. *niat (sds)

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer

Leave a Response