Rabu, 27 Januari 2021

Genmuda – Di jaman yang udah serba canggih kayak sekarang ini, foto-foto liburan yang super keren dan nge-hype udah bisa kamu temuin di mana-mana, engga cuma di media tertentu aja. Apalagi dengan bantuan Instagram, perjalanan liburan kamu kini juga bisa terdokumentasi dengan mudah.

Berkat bantuan Instagram, saat ini kegiatan berbagi foto emang bisa jadi lebih simpel. Meski begitu, di Instagram ada semacam peraturan engga tertulis bahwa para penggunanya harus ngeposting foto terbaik mereka supaya engga nge-spam para followers-nya doang. Hal itu pun akhirnya otomatis berdampak pada proses pengabadian postingannya itu sendiri.

Nah, buat kamu yang lagi ngabisin waktu libur panjang atau libur Lebaran, kamu tentu engga mau dong foto perjalanan liburan kamu jadi kurang berkesan dan cuma dapat sedikit likes di Instagram? So, buat ngehindarin kemungkinan tersebut, berikut ini adalah 5 tips yang perlu kamu perhatiin:

1. Lihat sekitar

Coba deh luangin waktu kamu buat ngelihat ke sekitar kamu dan temuin pemandangan apa yang bisa kamu bidik. Cari perspektif tertentu yang bisa bikin foto kamu menonjol. Dengan begitu, kamu bisa ngevisualisasiin beragam komposisi berbeda sebelum ngabadiin pemandangan tersebut sekaligus mastiin kamu dapat foto terbaik.

2. Tentuin momen

Paradise in #Bahamas ?? cc: @leahliyah

A post shared by SPACE WHEEL™ | #SPACEWHEEL (@spacewheel) on

Kalo udah tahu mau ngebidik apa, ada baiknya tanya dulu ke diri kamu kisah kayak gimana yang pengen kamu sampein lewat hasil bidikan kamu itu. Kamu bisa kok ngabadiin momen kecil engga terduga yang kelihatannya engga penting dan ngubah momen tersebut jadi postingan keren. Semua kuncinya lagi-lagi ada di sudut pandang kamu.

3. Fokus

Beautiful view in Alberta, Canada. Photo by: @Andy_best Use the #TravelingOurPlanet hashtag to be featured!

A post shared by Travel / Earth / Vacations (@vacations) on

Sama kayak ngambil foto pakai kamera profesional, ngambil foto pakai hp pada dasarnya juga masih butuh fokus pada komposisi, keseimbangan, cahaya, maupun kontras. Buat cahaya khususnya, luangin waktu kamu buat nyesuain cahaya di sekitar objek foto kamu dengan cahaya yang tertangkap kamera hp kamu. Fokus pada situasi pencahayaan yang berbeda bisa ngebantu nambahin nuansa pada foto kamu.

4. Manfaatin aplikasi

Joffre Lakes, Canada. Photo by: @taylormichaelburk #EarthPostDaily to be featured!

A post shared by Earth | Travel | Nature (@earthpostdaily) on

Sebagus-bagusnya foto mantan filter yang disediain Instagram, bukan berarti kamu engga butuh aplikasi lain buat nyempurnain foto kamu. Gunain aja aplikasi kayak Snapseed atau VSCO buat ngedit foto kamu biar tampilannya makin maksimal. Terlepas dari itu, hindari juga pengeditan yang lebay biar keindahan asli foto kamu masih bisa tetap terlihat ya, Kawan Muda!

5. Selalu siap

Nah, ini dia kunci terpenting dari seluruh proses pengambilan foto perjalanan liburan kamu. Di saat kamu tungguin, kadang kamu engga dapat momen yang pas. Sebaliknya, saat kamu lagi engga berharap, momen luar biasa justru mendadak muncul begitu aja di hadapan kamu. So, kalo kamu engga mau ngelewatin momen berharga, usahain supaya hp kamu selalu ada di dekat kamu ya! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer