Selasa, 17 Juli 2018

Genmuda – Liburan ke luar negeri selalu identik dengan pengeluaran yang besar dan berpotensi bikin kantong bolong. Tapi, hal itu kemungkinan besar engga bakal kamu alamin kalau kamu liburan di Melbourne, Kawan Muda.

Lima tahun berturut-turut dapat predikat sebagai kota yang paling layak huni di dunia, Melbourne jelas engga cuma nyediain pendidikan dan layanan kesehatan yang sangat memadai, tapi juga hiburan dan pariwisata yang menarik banget. Kota yang sering dianggap sebagai pusat kebudayaan Australia itu pun nawarin beragam kesenangan yang engga ada habisnya buat kamu jelajahin.

Namun di balik itu semua, sebenarnya yang bikin liburan di Melbourne makin berkesan adalah berbagai kegiatan yang bisa kamu lakuin di sana tanpa harus ngerogoh kantong dalam-dalam, apalagi takut bakal mendadakbokek. Dengan kata lain, kamu engga cuma bisa berpetualang dan ngelakuin kegiatan-kegiatan seru, tapi juga sekaligus benar-benar ngerasain nikmatnya hidup.

So, biar kamu lebih ada gambaran kayak gimana asyiknya mengenal keindahan Melbourne tanpa perlu pusing mikirin soal biaya buat beragam perintilan ini-itu selama liburan,berikut ini adalah 7 kegiatan yang bisa kamu lakuin secara cuma-cuma saat liburan di Melbourne:

1. Nikmatin pemandangan rooftop

(Sumber: eurekaskydeck.com.au)

Kalau kamu baru pertama kali ke Melbourne, Eureka Skydeck 88 bisa jadi titik awal yang bagus buat nikmatin pemandangan kota dari ketinggian. Berada di lantai 88 Eureka Tower, jarak yang bisa kamu lihat engga cuma ngeliputin panorama 360 derajat dari Melbourne dan berbagai landmark-nya, tapi juga keindahan Blue Mountains yang terbentang di kejauhan. Kalau itu masih belum cukup, kamu pun bisa keliling bar di kawasan CBD Melbourne buat ngelihat pemandangan langit yang keren banget.

2. Ngejelajahin lorong-lorong seni jalanan

(Sumber: corneredglobe.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, jalan-jalan kecil di Melbourne bisa dibilang udah berubah jadi kanvas buat para seniman jalanan terbaik di dunia. Mulai dari Hosier Lane di seberang Federation Square sampai ke arah utara, kamu bakal nemuin perpaduan mural warna-warni karya para seniman lokal ternama dan maupun pendatang. Engga usah takut nyasar, kamu nikmatin dulu aja pemandangannya.

3. Piknik di taman atau kebun

(Sumber: visitmelbourne.com)

Di Melbourne, kamu bakal nemuin beberapa taman dan kebun paling indah yang dimiliki Australia. Contohnya adalah The Royal Botanic Gardens, yang merupakan salah satu kebun raya paling populer dan paling top buat berhubungan sama kehidupan setempat.

Berada di selatan CBD, kebun raya yang udah ada dari tahun 1857 itu punya berbagai macam pohon, tanaman, dan taman bunga yang terbentang di area seluas 38 hektare dengan sebuah danau di bagian pusatnya. Kebun raya tersebut jelas bisa jadi salah satu pilihan tempat yang sempurna buat kamu piknik.

4. Jalan-jalan naik City Circle Tram

(Sumber: flickr.com)

Kalau kamu tipe yang rada mager buat terus-terusan jalan kaki keliling kota, kamu engga perlu khawatir, Kawan Muda. Kamu masih tetap bisa nikmatin keindahan Melbourne tanpa perlu ngeluarin keringat, dengan naik City Circle Tram. Beroperasi setiap 12 menit sekali, kamu bahkan bakal diantar ke beberapa objek wisata populer seperti Melbourne Aquarium, Parliament House, dan Federation Square.

5. Keliling pasar

(Sumber: wheresmywater.blogspot.com)

Ini dia pilihan kegiatan yang pas buat kamu yang suka window shopping. Walau shopping beneran jauh lebih nyenengin, se-engganya keliling ke pasar-pasar seperti Queen Victoria Market, Camberwell Market, Rose Street Artists Market, dan Farmers Market bakal nunjukin kamu sisi lain dari Melbourne. Lumayan loh, kamu juga bisa icip-icip sampel makanan sambil lihat-lihat produk lokal maupun nyaksiin live music.

6. Bersantai di pantai

(Sumber: sharedaccommodationstkilda.com.au)

Pengen nyari suasana selain di kota? Mending kamu ke pantai aja, Kawan Muda. Di Melbourne, kamu bisa bersantai di pantai St Kilda sambil nikmatin live music. Kalau pengen jalan-jalan, kamu bisa kok sekalian nikmatin pemandangan sambil ngelihat aksi para nelayan. Di samping itu, kamu juga bisa nelusurin jalan belakang St Kilda dan daerah Elwood buat ngelihat arsitektur dari rumah mewah Victoria, rumah Edwardian, apartemen art-deco, serta unit-unit modern dari tahun 1950 dan 60-an.

7. Belajar sejarah dan arsitektur

(Sumber: nixpages.blogspot.com)

Salah satu tempat yang pas banget buat kamu belajar sejarah Australia adalah Shrine of Remembrance, yang dibangun pada tahun 1934 sebagai dedikasi bagi mereka yang kehilangan nyawanya saat Perang Dunia I. Di sana juga merupakan tempat bagi beberapa upacara militer dan peringatan penting seperti ANZAC Day.

Sebaliknya, kalau kamu mau belajar arsitektur, ada pusat kota Melbourne yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan cagar budaya yang dilindungi dari berbagai era dan gaya. Kamu antara lain bisa keliling sambil foto-foto di Flinders Street Railway Station, Federation Square, Block Arcade, Nicholas Building, dan kantor pusat ANZ Bank.

Nah, gimana nih, Kawan Muda? Tertarik buat langsung ciao ke Melbourne? Selain bisa lebih nikmatin hidup, di sana kamu juga bakal dapat perspektif baru dalam hidup. Apalagi dengan orang-orangnya yang ramah, santai, dan terbuka, di sana kamu jelas bakal dapat pengalaman terbaik selama liburan.

Kalau kebingungan cari tiket pesawat dan penginapan yang sesuai dengan budget minim menjadi penghambat utama kamu melangkah ke Melbourne, udah saatnya menghilangkan kegalauan tersebut. Buka aja situs Wego yang menjadikan proses booking tiket pesawat maupun mencari penginapan lebih mudah. Kamu bisa bandingkan harga tiket pesawat maupun akomodasi sehingga menentukan pilihan yang tepat dengan yang dimiliki. Jadi, engga perlu ribet buka banyak situs web lagi deh pokoknya.

So, tunggu apalagi, Kawan Muda? Buruan akses Wego, booking penerbangan dan hotel, kunjungi Melbourne, dan rasain serunya liburan asyik tanpa takut kantong bolong!

Artikel ini didukung oleh Tourism Australia dan Wego.

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer