Senin, 6 Februari 2023

Genmuda – Kalau ditanya layanan jejaring sosial apa yang pertama kali dimaenin, sebagian dari Kawan Muda mungkin bakal ngejawab Facebook. Tapi, kalau ditanya apa aja yang udah kamu lakuin di Facebook, bisa jadi engga ada satupun di antara kamu yang bakal ingat secara detail.

Dari awal mainan Facebook sampai sekarang, tentu banyak banget hal yang udah kamu lakuin di layanan jejaring sosial tersebut. Mulai dari ngeposting foto-foto alay, pasang status In Relationship sama si dia, sampai komen-komenan engga jelas sama pengguna yang engga jelas pula, pasti ada aja yang pernah kamu lakuin. Udah deh ngaku aja engga usah malu hehehe…

Nah, kabar baiknya, ternyata ada sebuah cara jitu yang bisa kamu terapin buat ngelihat kembali apa aja yang udah pernah kamu lakuin di Facebook loh, Kawan Muda. Engga cuma ngelihat update-an status dan foto, tapi kamu juga bisa ngelihat lagi pengguna mana aja yang udah kamu unfriend maupun berbagai informasi lainnya.

Yang lebih menariknya lagi, data kamu yang tersimpan Facebook engga cuma terdiri dari informasi terbaru yang udah kamu masukin belakangan ini aja. Dengan kata lain, Facebook punya catatan lengkap terkait sebagian besar data kamu mulai dari saat kamu ngedaftar ke layanan jejaring sosial tersebut sampai detik ini, termasuk waktu online maupun IP address kamu.

Singkatnya, apapun informasi terkait diri kamu di Facebook, sebenarnya itu bisa kamu dapetin dengan mudah. Kamu engga perlu sampai repot-repot ngehubungin langsung timnya Mark Zuckerberg, soalnya semua informasi yang kamu perluin udah tersedia di akun kamu sendiri.

Lantas, gimana sih cara ngedapetin data terkait seluruh kegiatan kamu di Facebook selama ini? Well, engga perlu pusing-pusing lagi, kamu langsung ikutin aja langkah-langkah berikut ini:

1. Klik panah di pojok kanan atas

(Sumber: Screenshot)
(Sumber: Screenshot)

Klik tanda panah ke bawah yang ada di samping pilihan Privacy Shortcuts. Cari tulisan Settings, abis itu kamu klik aja.

2. Klik Download a copy of your Facebook data

(Sumber: Screenshot)
(Sumber: Screenshot)

Pilihan ini ada di bawah deretan General Account Settings, lebih tepatnya di bawah tulisan Temperature.

3. Klik Start My Archive

(Sumber: Screenshot)
(Sumber: Screenshot)

Abis ngeklik Start My Archive, kamu harus nunggu dulu selasa beberapa saat. Nantinya, tulisan tersebut bakal berubah jadi Download Archive dan kamu harus masukin ulang password kamu buat ngekonfirmasi apakah akun yang kamu buka memang punya kamu atau bukan.

4. Buka .zip file-nya

(Sumber: Screenshot)
(Sumber: Screenshot)

Di .zip file Facebook Archive kamu, kamu bakal nemuin folder HTML. Folder tersebut berisi sejumlah laman berbeda yang bakal ngemudahin kamu dalam pencarian informasi.

5. Cek index

(Sumber: Screenshot)
(Sumber: Screenshot)

Balik lagi ke folder utama .zip file, kamu bakal nemuin file index. Di file itulah informasi kamu secara keseluruhan disimpan sama pihak Facebook. Dengan demikian, file yang ada di folder HTML bisa dibilang kayak pecahan-pecahan dari file index ini. Selamat ngegali informasi, Kawan Muda! (sds)

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer

Leave a Response