Sabtu, 28 November 2020

Genmuda – Lagi bulan puasa kayak gini, kadang porsi makan bukannya berkurang eh malah bertambah. Kalau udah kayak gitu, kamu mau engga mau akhirnya harus diet supaya saat Lebaran berat badan kamu engga ngelonjak drastis.

Selain bisa beribadah, di bulan puasa ini kamu sebenarnya masih bisa tetap ngejalanin diet kok, Kawan Muda. Diet kamu pun bisa terus berjalan lancar kalo kamu berusaha keras buat ngehindarin diri dari pantangan-pantangan yang dianjurin para ahli dan ngehindarin beberapa kesalahan.

Kesalahan? Emangnya apa sih kesalahan yang bisa kamu lakuin saat diet di bulan puasa? Well, engga cuma di bulan puasa, pada dasarnya beberapa kesalahan persepsi terkait diet sering pula diterapin orang-orang di berbagai kesempatan lainnya. Berikut ini 5 di antaranya:

1. Ninggalin makanan favorit

Kabar gembira buat kamu para pelaku diet, kamu engga perlu loh sampai sepenuhnya berhenti makan cokelat atau makanan favorit kamu yang lainnya. Makin kamu ngelarang diri kamu buat ngekonsumsi makanan tersebut, justru bakal makin susah buat kamu berhenti.

Seharusnya yang kamu butuhin adalah sebuah rencana yang efektif dan berkelanjutan terkait konsumsi makanan maupun minuman favorit kamu. Oleh karena itu, sebelum buka, dipikirin dulu mau takjik apa biar kamu engga beli macam-macam.

2. Ngelewatin makan sahur

Hal yang satu ini amat sangat engga dianjurin oleh para ahli diet. Apalagi kalo kamu lagi puasa, yang ada kamu malah pingsan gara-gara kelaperan sepanjang hari.

Usahain buat engga ngelewatin sahur dan selalu penuhi makan sahur kamu dengan ngekonsumsi makanan kayak karbohidrat kompleks kayak nasi merah atau roti gandum serta protein nabati dan hewani kayak tempe, tahu, kacang-kacangan, dan daging atau ikan. Jangan lupa juga buat ngekonsumsi buah dan air putih secukupnya.

3. Anti sama kandungan gluten

Sebagian dari kamu mungkin pernah ngedenger soal diet bebas gluten atau gandum alias gluten free diet. Menurut sejumlah ahli, diet tersebut sebenarnya engga begitu sehat soalnya sering kali kandungan gula dan lemaknya justru lebih tinggi.

Dengan demikian, kamu ujung-ujungnya malah sama sekali engga bakal ngalamin penurunan berat badan. Kecuali kamu alergi atau intoleran terhadap gluten, ya engga apa-apa kalau kamu tetap mau ngekonsumsi makanan yang ada kandungan glutennya.

4. Terlalu ngebatasin diri

Ingat, sesuatu yang dilakuin secara berlebihan itu engga baik, Kawan Muda. Maksain makan sehari sekali doang engga cukup buat ngejaga kesehatan dan kebugaran tubuh kamu.

Iya sih berat badan kamu masih bisa turun. Tapi, kalo cuma makan sekali sehari, yang ada kamu malah bakal kelaparan, terus-terusan ngidam-ngidamin makanan yang engga bisa kamu makan, dan ngacauin sistem di tubuh kamu.

5. Terus-terusan nimbang berat badan

Pengen nurunin berat badan emang engga masalah. Yang masalah adalah kalau kamu malah jadi keseringan nimbang berat badan. Segala sesuatunya ‘kan butuh proses, jadi engga usah terlalu panik kalau berat badan kamu masih naik turun dalam beberapa waktu ke depan.

JSYK, berat badan kamu bakal berfluktuasi tergantung pada apa yang kamu makan dan sebanyak apa simpanan air di tubuh kamu. Kalo keseringan nimbang, yang ada niat kamu buat nurunin berat badan malah jadi kendor. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer