Senin, 25 Januari 2021

Genmuda – Kata orang, cowok engga perlu punya wajah ganteng atau badan kekar berotot supaya bisa dibilang maskulin. Sains pun kayaknya ikut ngedukung hal itu dengan caranya sendiri.

Menurut sebuah riset dalam jurnal ‘Appetite’, cowok yang milih buat engga makan daging bakal cenderung dianggap kurang maskulin ketimbang rekan-rekan mereka yang omnivora. Psikolog dan peneliti Margaret Thomas dari Earlham College di Indiana pun udah ngelakuin riset yang terdiri dari 3 bagian terkait kenapa orang-orang ngestereotipin orang lain berdasarkan kebiasaan makan mereka.

Lewat risetnya, Margaret nyimpulin kalau yang nyebabin cowok kurang maskulin itu bukan pantang dagingnya, melainkan kenyataan bahwa mereka milih buat engga makan daging. Dengan kata lain, cowok bakal lebih dipandang kurang maskulin karena cinta binatang dan milih buat jadi vegan ketimbang karena doi punya masalah fisik yang engga ngemungkinin buat makan daging.

Meski begitu, hal tersebut untungnya engga berlaku pada semua cowok dari segala usia. Soalnya, Margaret nemuin pula kalau rata-rata peserta dengan usia sekitar 32 tahun engga ngaitin veganisme dengan tingkat maskulinitas yang lebih rendah.

Well, terlepas dari itu, sebenarnya ada banyak cara sederhana yang bisa kamu lakuin di kehidupan sehari-hari supaya kamu bisa kelihatan jauh lebih maskulin. Engga perlu sampai ngeluarin duit banyak kayak kalau mau beli daging, cukup didasari sama niat yang tulus dan ikhlas aja, Kawan Muda. Berikut ini adalah 5 contohnya:

 

  1. Bantuin orang nyebrang

Iya sih sekarang ada tombol khusus di lampu lalu lintas yang bisa dipakai orang-orang kalau mau nyebrang, tapi kalau pas lagi engga ada? Ya setidaknya jangan sampai kamu ngejadiin ibu-ibu yang lagi bawa anak sebagai tameng kamu dari kendaraan-kendaraan yang masih lalu-lalang.

  1. Engga beringas di jalan

Lampu lalu lintas masih merah tapi kamu tetap ngotot ngeklakson kendaraan di depan kamu biar minggir? Asli, salut banget! Apalagi kalau knalpot kamu bunyinya kayak kaleng rombeng dan asapnya ngebul banget, tingkat maskulinitas kamu bisa langsung turun jadi -1.000.

  1. Ngasih tempat duduk buat orang yang lebih butuh

Ini dia masalah yang udah ngedarah daging di antara para penumpang angkutan umum. Iya sih sekarang udah jaman emansipasi, jadi engga harus selalu cewek yang dapat tempat duduk. Tapi, kalau misalnya ada kakek-kakek pakai tongkat berdiri di depan kamu, kamu tetap mau pura-pura tidur?

  1. Engga nyebarin asap rokok kemana-mana

Buset, itu rokok apa cerobong asap pabrik? Kamu mau ngerokok apa engga sih itu memang urusan kamu. Yang jadi masalah adalah kamu udah ngambil jatah oksigen orang lain. Kalau engga bisa ke smoking room, ‘kan minimal kamu bisa geser agak jauhan dari orang-orang yang engga ngerokok.

  1. Sayang mama

Nganterin pacar ke salon langsung gercep, eh sekalinya harus nganterin nyokap ke pasar malah susahnya minta ampun. Ingat, surga di telapak kaki ibu, bukan di telapak kaki pacar loh, Kawan Muda. Engga ada cowok yang lebih maskulin dari cowok yang sayang mama! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer