Selasa, 18 Januari 2022

Genmuda – Pas masih kecil, sebagian dari Kawan Muda pasti pengen buru-buru dewasa. Namun demikian, sekalinya udah dewasa, eh engga jarang kamu malah balik lagi sama mantan jadi kayak anak kecil.

Di satu sisi, yang namanya kedewasaan pada dasarnya emang engga bergantung pada setua apa usia kamu. Di sisi lain, bersikap dewasa tetap aja merupakan bagian penting pertambahan usia. Walau dari luar kamu kelihatan udah dewasa banget, dari dalamnya bisa aja berkata lain.

Singkatnya, tanda-tanda bahwa seseorang masih belum dewasa ada kalanya engga bisa dilihat dengan jelas. Bahkan, susah banget ditebak. Dan tanpa kamu sadari sebagian hal remeh kekanak-kanakan yang suka kamu lakuin sebetulnya malah udah bikin kamu tampak engga dewasa. Berikut ini adalah 5 contohnya:

1. Mainan hp pas orang lain lagi ngomong

via gurl.com

Sekedar ngebalas chat atau nerima telepon doang mungkin masih bisa dimaklumin. Tapi, kalo udah sampai nge-game dan asyik sendiri terus abis itu ngacangin orang lain di sekitar kamu, itu justru nunjukin bahwa kamu engga ngehargain mereka. Kalo kamu udah dewasa, kamu seharusnya bisa nerapin komunikasi dua arah dengan orang tersebut, bukan dengan layar hp kamu.

2. Selalu ngerasa yang paling benar

Pertahanin pendapat atau apa yang kamu yakinin emang engga salah. Meski begitu, jangan sampai hal tersebut akhirnya malah bikin kamu jadi cenderung ngerasa sebagai pihak yang paling benar dan engga mau ngedengerin pendapat orang lain. Udah ngerasa paling benar, eh ditambah lagi kamu selalu ngerasa jadi korban. Makin kelihatan aja deh itu kalo kamu masih belum dewasa.

3. Ngelakuin sesuatu cuma buat nyari perhatian

via buzzfeed.com

Entah kamu sengaja pulang malam biar ortu kamu marah atau manas-manasin teman kamu dengan ngeposting foto bareng teman kamu yang lainnya, dua-duanya itu intinya sama aja, yaitu kamu lagi nyari perhatian. Ini secara engga langsung nunjukin bahwa kamu masih kekanak-kanakan. Perhatian mah engga usah dicari kali, guys. Kalo udah ketemu orang yang cocok pasti nanti bakal dapat perhatian deh (oke skip!).

4. Cuma berani ngedumel di belakang

Kalo emang ada sesuatu yang bikin kamu kesal, ya sebaiknya diomongin dulu aja sama orang yang bersangkutan. Jangan bikin suasana makin keruh dengan ngomong atau ngeluh ke orang lain yang sama sekali engga ada urusannya sama kekesalan kamu maupun bikin postingan pasif agresif buat ngodein orang yang kamu maksud. Walau awalnya bakal sulit, ujung-ujungnya kamu dijamin bakal lebih lega.

5. Susah ngambil keputusan sendiri

Salah satu bagian yang engga bisa dilepasin dari tumbuh dewasa adalah ngabil keputusan dan berhadapan dengan perubahan. Engga peduli seberapa sulitnya keputusan dan perubahan tersebut, tetap aja kamu engga bisa ngehindarin semuanya begitu aja. Masa kamu mau terus-terusan bergantung sama orang lain? Ingat, hidup yang kamu jalanin itu hidup kamu, bukan hidup orang lain. Catet! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer