Senin, 22 Oktober 2018

Genmuda – Kelompok Penerbang Roket (KPR) beneran melesat di dunia permusikan rock Indonesia. Band idealis yang berdiri sejak 2011 itu udah nongol aja di salah satu iklan brand besar dan nampil di berbagai pentas off air bergengsi Tanah Air.

Terdiri dari John Paul Patton / Coki (bas/vokal), Rey Marshall / Rey (gitar/backing vokal), dan Igusti Vikranta / Viki (drum/backing vokal), band yang beberapa kali dijuluki ‘juru selamat musik rock Indonesia’ itu pertama kali manggung dua tahun setelah bandnya terbentuk.

Dengan musik dan penampilan rock “beringas” (bukan metal) kayak band-band tahun 1960-1990an, KPR sukses ngerilis single pertama mereka, “Mati Muda” di penjara narkotik kelas 2 Cipinang. Langkah berani kayak gitu dan penampilan konsisten bikin Coki, Rey, dan Viki punya pengaruh besar.

Wajar aja kalo menginspirasi para fans bikin band rock, kayak The SIGIT menginspirasi anak-anak muda generasi 2000an. Akan tetapi, musik rock bukan asal distorsi, tempo cepet, teriak-teriak, muka garang, dan penampilan urakan. Pelajari dulu tekniknya band-band dibawah ini kalo mau bikin band mirip KPR.

1. “Cherub Rock” – The Smashing Pumpkins

Coba perhatiin lagunya deh, pasti nanti sadar kalo reff di lagu “Mati Muda” tuh terinspirasi banget dari reff “Cherub Rock” yang diciptain band The Smashing Pumpkins.

Band rock Amerika Serikat itu terbentuk 1988 dan disebut sebagai salah satu gelombang alt-rock yang besar pengaruhnya. Kalo minat, coba juga dengerin “1979” kalo mau tau cara anak-anak Smashing Pumpkins bikin rock yang slow.

2. “Paranoid” – Black Sabbath

Sementara itu, bagian awal (atau disebut juga bagian verse) lagu “Mati Muda” tuh terinspirasi dari “Paranoid” yang diciptain Ozzy Osbourne dan anak-anak band Black Sabbath. Kenapa giu? Soalnya, pola perpindahan kunci gitarnya mirip.

Terbentuk di Birmingham, Inggris, 1968, Black Sabbath kemudian tenar sampai ke Amerika Serikat sebagai band yang punya konsep manggung “gelap” dan teaterikal. Di salah satu panggung, Ozzy Osbourne pernah menggigit leher kelelawar hidup hingga putus dan darahnya muncrat ke mana-mana.

3. “St Anger” – Metallica

Sebelum masanya KPR, Metallica udah pernah manggung ditonton narapidana. Video klip lagu “St Anger” jadi bukti nyata aksi James Hetfield, Kirk Hammett, Lars Ulrich, dan Robert Trujillo di Penjara San Quentin, Amerika Serikat, 2003.

Bukan cuma bikin video klip, mereka juga gelar konser khusus napi. Sepuluh lagu yang mereka bawain berasal dari album “Kill ’em All,” “Ride the Lightning,” dan “Master of Puppets.” Lo berani gak konser di penjara?

4. Album At Folsom Prison – Johnny Cash

Johnny Cash si pemain musik country/rockabilly malah udah duluan bikin musik tentang penjara, yaitu “Folsom Prison Blues” tahun 1955, dan manggung di Folsom State Prison, California, 1968. Penampilan doi di aula penjara disaksikan napi sambil duduk dengan tertib, loh.

Hasil penampilan doi pun terekam secara live dalam album Live at Folsom Prison. Kalo berminat dengerin penampilan live doi, beli aja album remaster yang rilis 2008. Kayaknya masih ada deh vinylnya. Atau, cek aja YouTube. Pasti ada kok yang posting.

5. “Black Magic Woman” – Santana

Suka sama permainan bassnya Coki di pertengahan lagu “Tanda Tanya“? Lo pasti bisa bikin permainan bass berjalan kayak gitu kalo udah ngulik lagunya “Black Magic Woman” yang diciptain Santana. Coba perhatiin sepertiga akhir lagunya deh. Pasti lo paham.

Gak usah bingung dengerin aliran Santana karena itu namanya latin rock. Musik jazz aja ada yang latin, masa rock gak boleh. Band Santana sendiri terbentuk 1967 dan lagu-lagunya langsung masuk daftar Billboard top 200 selama belasan tahun.

6. “Do What You Like” – AKA

Siapa itu AKA? Itu adalah band yang aktif sekitar 1967 – 1976 dengan nama terinspirasi dari Apotek Kali Asin di daerah Surabaya. Coba deh dengerin lagu dedengkot musik rock Indonesia itu yang judulnya “Do What You Like.” Supaya paham pola drumnya KPR.

7. Lagu-lagunya Panbers

Kakak-beradik Panjaitan bikin band yang namanya Panjaitan Brothers (Panbers) tahun 1969. Band rock Indonesia itu jadi salah satu yang diminati di berbagai pensi dan pada akhirnya menginspirasi anak-anak KPR. Buktinya, album mereka yang berjudul “HAAI” kan merupakan cover lagu-lagunya Panbers.

Tuh, coba dulu kulik lagu-lagu di atas kalo mau bikin band kayak KPR. Gak bakalan rugi kok dengerin rekomendasinya. Kalo udah, mungkin kamu minat kolaborasi sama KPR nih. Kali aja jadi personil keempatnya.

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.