Selasa, 26 Januari 2021

Genmuda – Buat Kawan Muda yang sebentar lagi bakal ngikutin Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau ujian sejenis lainnya, mending sekarang kamu mulai mikirin pakaian yang sesuai buat kamu kenain nanti. Kalau kamu salah pilih pakaian, yang ada kamu malah berpotensi gagal loh!

Menurut sebuah riset yang diadain sama California State University, pakaian yang kamu kenain pas ujian bisa berpengaruh pada kinerja dan hasil ujian kamu itu. Riset tersebut udah ngelibatin 60 mahasiswa, yang diminta buat ngasih penilaian atas seberapa formal mereka berpakaian dan ngerjain kuis yang terdiri dari 10 pertanyaan.

FYI, kuis yang harus dikerjain puluhan mahasiswa itu bukan termasuk ujian regular, melainkan tes yang bertujuan buat ngelihat gimana mereka ngejawab berbagai pertanyaan yang ada — entah secara abstrak atau konkret. Siapa sangka, mereka yang ngenain pakaian yang lebih bagus dan menarik ternyata malah cenderung buat milih lebih banyak jawaban abstrak.

Lantas, apa arti dari hubungan pakaian bagus dan menarik sama jawaban abstrak itu? FYI, pemikiran abstrak engga selalu lebih baik dari pemikiran konkret dan engga selalu kamu perluin buat semua jenis ujian. Oleh karena itu, ngenain pakaian formal bisa dibilang engga bakal selalu bikin kamu jadi lebih pintar.

Menurut laporan dari blog Nautilus, ada baiknya kamu ngenain pakaian yang engga terlalu formal kalau kamu mau berhasil dalam ujian yang berorientasi pada detail, kayak misalnya ujian teknik atau proyek DIY. Sebaliknya, kalau kamu mau ngikutin ujian yang lebih abstrak kayak bahasa Inggris atau bahkan ngelakuin presentasi rumit di tempat kerja kamu, mending kamu berpakaian lebih rapi dan sopan.

Meski begitu, bukan berarti kamu malah jadi engga belajar dan engga nyiapin berbagai hal lain jelang ujian kamu loh ya. Masalah pakaian di sini sifatnya cuma ngebantu kamu biar bisa lebih mantap doang, tapi bukan jadi satu-satunya hal mutlak yang bakal bikin kamu sukses dalam ujian. So, tetap utamain ora et labora ya, Kawan Muda! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer