Senin, 22 Oktober 2018

Genmuda – Engga ada kata terlambat, engga ada pula kata terlalu dini buat memulai sesuatu. Lihat aja buktinya para musisi ternama dunia, yang banyak di antaranya bahkan udah mampu ngeraih kesuksesan sebelum nginjak usia 21 tahun.

Di saat banyak di antara kamu mungkin masih pada leyeh-leyeh dan belum tau pengen ngelakuin apa buat hidup kamu, anak muda lainnya di luar sana justru udah ada yang sibuk ngebangun karir musiknya. Bahkan, mereka engga cuma berhasil jadi idola, tapi juga role model buat sesama anak muda lainnya.

Nah, kali ini, Genmuda.com bakal ngebahas beberapa musisi yang udah sukses naklukin dunia di usia yang dianggap belum sah buat beli alkohol sendiri. Secara khusus, mereka adalah musisi yang bisa dibilang karirnya lagi bersinar dan berpengaruh banget. Berikut ini adalah 7 di antaranya:

1. Shawn Mendes

Penyanyi/penulis lagu berusia 18 tahun ini ngawalin karirnya dengan ngebagiin video cover di Vine. Dari yang tadinya cuma artis medsos biasa, doi akhirnya berubah jadi musisi yang sesungguhnya setelah doi ngerilis single ‘Stitches’ dari album ‘Handwritten’ di 2015. Doi pun belum lama ini udah ngerilis album keduanya yang bertajuk ‘Illuminate’. Dengan single utama ‘Treat You Better’, album tersebut sukses debut di posisi puncak Billboard 200.

2. Zara Larsson

Walau sempat menangin Got Talent-nya Swedia (Talang) di usia 10 tahun, penyanyi/penulis lagu berusia 18 tahun ini baru benar-benar dikenal dunia berkat single ‘Lush Life’ di 2015. Menyusul kemudian, doi berkolaborasi dengan MNEK di single ‘Never Forget You’, yang kembali nganterin doi berada di urutan pertama tangga lagu di berbagai negara. Kini, doi lagi sibuk nyiapin album keduanya, dengan salah satu single-nya yang berjudul ‘Ain’t My Fault’ udah dirilis di awal September yang lalu.

3. Camila Cabello

Ngawalin karir dengan ikutan X Factor di 2012, penyanyi berusia 19 tahun ini merupakan salah satu personil dari Fifth Harmony, yang sukses dikenal luas lewat single ‘Worth It’ bareng rapper Kid Ink di 2015. Di tahun yang sama, doi juga sempat ngerilis single duet bareng Shawn Mendes, yaitu ‘I Know What You Did Last Summer’, yang dapet sertifikasi platinum dari RIAA. Doi pun minggu lalu baru aja ngerilis single ‘Bad Things’ bareng Machine Gun Kelly. Mau grup atau solo, pokoknya doi tetap kece deh!

4. Martin Garrix

Usianya boleh aja baru 20 tahun. Tapi, DJ, produser, dan musisi asal Belanda ini sekarang udah berada di urutan pertama deretan Top 100 DJs versi DJ Mag dan mampu ngediriin labelnya sendiri, yaitu STMPD RCRDS. Beragam penghargaan udah dimenangin pula oleh pemilik single ‘Animals’ dan ‘In the Name of Love’ (with Bebe Rexha) ini, mulai dari DJ of the Year dan Newcomer of the Year di Dance Music Awards 2013 sampai Beat Guru di MTV Millennial Awards 2016. Doi bakal tampil di DWP akhir tahun ini loh!

5. Hailee Steinfeld

Kalo ada bintang pop yang bisa dapet nominasi Academy Award sebelum jadi penyanyi, maka itu adalah Hailee Steinfeld. Menyusul kesuksesannya di film ‘True Grit’ (2010), bintang berusia 19 tahun ini lantas nunjukin kemampuan nyanyinya lewat film ‘Pitch Perfect 2’ (2015). Setelah itu, barulah doi ngeluncurin EP debutnya, ‘Haiz’, dengan single utama ‘Love Myself’, yang masuk 40 besar tangga lagu di berbagai negara. Single terbarunya, ‘Starving’, bareng Grey dan Zedd  juga engga kalah sukses di tangga lagu.

6. Alessia Cara

Dikenal lewat single ‘Here’ (2015), penyanyi/penulis lagu berusia 20 tahun ini ngawalin karirnya lewat video cover YouTube di usia 13 tahun. Walau namanya mungkin engga sebesar lima musisi sebelumnya, musisi yang dinobatin sebagai Breakthrough Artist of the Year di Juno Awards 2016 ini sebetulnya cukup produktif dan perkembangan karirnya terbilang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Doi juga kerap berkolaborasi dengan sejumlah musisi lain, kayak misalnya JoJo di lagu ‘I Can Only’.

7. Rich Chigga

Abis Joey Alexander, ini dia nih yang lagi viral banget. Di usianya yang baru 17 tahun dengan kemampuan bahasa Inggris yang dipelajari secara otodidak, komedian dan rapper Indonesia dengan nama asli Brian Imanuel ini udah berhasil ngehebohin jagat hip hop dunia lewat single-nya yang berjudul ‘Dat $tick’. Banyak rapper mulai dari Desiigner, Cam’ron, Tory Lanez, sampai MadeinTYO udah ngasih pujian buat video klip single tersebut. Rapper Ghostface Killah aja bahkan udah ngebikin remix-nya loh. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer