Minggu, 11 April 2021

Genmuda – Masuk bulan Agustus dan September, biasanya banyak mahasiswa baru lagi yang pada siap-siap buat memulai perkuliahan. Banyak hal jelas bakal bikin semangat, tapi engga sedikit juga hal yang bikin malas, kayak misalnya kamar kost/asrama yang kecil banget.

Entah kamu cuma sendirian atau berbagi kamar, yang jelas peralihan ke dunia perkuliahan sering kali engga mudah bagi para maba yang ngerantau. Dunia perkuliahan secara engga langsung berarti bahwa kamu harus ninggalin zona nyaman kamu di rumah dan pindah ke tempat yang lebih kecil.

Singkatnya, dunia perkuliahan bisa jadi semacam gegar budaya bagi para maba yang harus hidup terpisah dari keluarga. Maba manapun yang terbiasa dengan kamar besar di rumah mau engga mau harus ngubah gaya hidup mereka. Oleh karena itu, biar nyaman buat istirahat sekaligus belajar, berikut ini adalah 5 cara sederhana buat maksimalin kamar kost/asrama yang sempit:

1. Bikin rak dinding

via homegoid.com
(Sumber: Istimewa)

Daripada kamu maksa ngegunain banyak laci atau lemari yang akhirnya cuma nyempit-nyempitin kamar kamu, mending kamu pasang rak di dinding. Entah itu di pojok kamar kamu atau di atas tempat tidur dan meja belajar kamu, yang jelas rak tersebut bisa kamu gunain buat nyimpan banyak barang selain buku.

Kalo kamu malas pasang rak, ya udah coba aja pasang pengait, yang bisa kamu gunain buat ngegantuk jaket, tas, ikat pinggang, dan lain-lain. Sekarang rak model kayak gitu udah banyak banget loh dijual secara offline dan online. Tinggal kamu tentuin aja deh desain mana yang sesuai sama kantong kamu. He-he.

2. Pakai kursi multifungsi

via aliexpress.com
(Sumber: Istimewa)

Siapa bilang kursi cuma buat duduk doang? Ada juga kok kursi yang bisa kamu pakai buat nyimpan barang-barang. Udah mah empuk, eh dalamnya bisa diisi pula. Dengan demikian, kamu engga perlu lagi beli laci atau wadah penyimpanan lainnya. Kalo ada yang 2 in 1, kenapa harus repot nyari yang terpisah?

3. Gunain rak gantung

via mykidsguide.com
(Sumber: Istimewa)

Benda lainnya yang bisa ngebantu ngehemat ruang kamar kost/asrama kamu yang kecil adalah rak gantung. Baik itu rak sepatu atau rak gantung lainnya, semuanya sama-sama bakal berguna banget buat nyimpan seabrek barang kamu. Kamu bisa taro raknya di balik pintu kamar, balik pintu lemari, maupun di dinding. Praktis banget deh pokoknya!

4. Manfaatin kolong kasur

via northernazcollegelife.wordpress.com
(Sumber: Istimewa)

Kalo kasur kamu kebetulan cukup tinggi dan bagian kolongnya cukup luas, kamu beruntung banget. Kamu bisa nyimpan beragam barang, termasuk kursi multifungsi kamu tadi. So, kalo pas di rumah kamu cuma ngegunain kolong kasur buat naro barang-barang random yang kemungkinan besar engga bakal kamu cari-cari lagi, di kamar kost/asrama kamu kolong kasur justru bakal jauh lebih berguna.

5. Pasang kaca besar

via thegretaelise.blogspot.com
(Sumber: Istimewa)

JSYK, para desainer umumnya suka ngegunain permukaan reflektif buat ngebantu ningkatin kecerahan ruangan, yang nantinya bisa bikin ruangan tersebut jadi terlihat lebih besar. Terkait hal itu, kaca jelas bakal jadi salah satu alat bantu terbaik.

Kalo bisa, gunain kaca yang besar sekalian dan tempatin di dinding yang berhadapan dengan jendela. Selain bisa ngerefleksiin cahaya matahari dengan baik, kaca tersebut juga bisa ngebantu nimbulin kesan bahwa kamu punya jendela lain di kamar kamu. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer