Minggu, 31 Mei 2020

Genmuda – Siapa sih di antara Kawan Muda yang gak kenal TikTok? Kalo gak kenal berarti lo gak layak disebut anak muda lagi. Aplikasi yang pernah sempat diblokir oleh Keminfo pada Juli 2018 lalu ini masih jadi platform yang paling digemari sama Generasi Z di berbagai negara.

Jika di Indonesia sempat heboh sama kemunculan bintang TikTok, Bowo Alpenliebe, maka kasus serupa baru terjadi sama remaja di Amerika Serikat, bernama Salina dengan nama akun TikTok @salinakilla. Meski Bowo dan Salina sama-sama dapetin uang dari TikTok, namun Salina lebih memilih menjadikan popularitasnya sebagai seleb TikTok untuk pekerjaan sambilan.

Eh, sorry maksudnya gimana?

via giphy.com

Dihimpun Genmuda.com dari berbagai sumber, Salina yang sekarang masih kuliah mengatakan bahwa ia menjadikan TikTok untuk memberikan penghasilan tambahan. Cewek 22 tahun ini berhasil menggaet 900 ribu followers hanya dalam waktu kurang dari 4 bulan doang.

Diakui Salina dalam satu hari doi bisa mendapatkan sekitar 10 ribu followers. Lewat ketenaran itu pula ia sering mendapatkan banyak ‘gifts’ melalui live streaming yang kemudian ditukarkan dalam bentuk uang.

“Lo terhubung dengan para fans, dan ini cara paling gampang untuk mendapatkan uang,” kata cewek 22 tahun itu dalam wawancaranya dengan Business Insiders.

Jika dirata-rata, dalam sekali live streaming ia mendapatkan uang sebesar 20 – 50 dollar AS. Bahkan jika lagi ramai ia bisa mendapatkan uang lebih dari 100 dollar AS sekali live. Itu baru sekali live loh, karena dalam sehari ia bisa 2-4 kali live.

Gitu doang, enak banget dong!

(Sumber: Istimewa)

Ya engga lah, gengs. Awalnya Salina hanya menjadikan TikTok buat mendokumentasikan momen liburannya dengan keluarga saat liburan ke Jepang. Melihat banyak yang suka dengan videonya, ia lantas rutin membuat konten lain kayak video komedi, lipsync, tutorial makeup, hingga jadi besar seperti sekarang.

Selain dari live, cewek ini juga mendapatkan penghasilan lain dari endorsement sponsor, branding, sekaligus memasarkan bisnis clothing miliknya sendiri.

“Itu semua tumbuh sangat cepat, dan terus berkembang.” tambah Salina.

Gara-gara hal ini Salina mengganggap TikTok udah menjadi perkerjaan sambilannya selain kuliah. Ibarat Naruto mungkin tagline yang pas buatnya adalah, “TikTok adalah jalan ninjaku.” Hiya-hiya-hiya. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments