Minggu, 16 Desember 2018

Genmuda – Saat kamu terjun ke dunia kerja, wajar aja kalo kamu berharap adanya timbal balik berupa gaji bulanan dari kantor kamu. Tapi, lain halnya kalo kamu cuma magang doang, harapan semacam itu ada kalanya harus kamu singkirin dulu, Kawan Muda.

Secara garis besar, magang emang bertujuan buat ngasih kamu pengalaman awal di dunia kerja. Apalagi dengan persaingan dunia kerja yang makin ketat, magang jelas bakal jadi bekal berharga buat perjalanan kerja kamu ke depannya, baik dari segi kemampuan praktis, networking, maupun yang lainnya.

Namun demikian, engga semua perusahaan bakal ngegaji karyawan magangnya. Kalo kayak gitu, biasanya yang dijadiin timbal balik palingan cuma nilai buat disetor ke dosen dan pihak kampus kamu aja. Kalo dikasih uang saku yang syukur, kalo engga ya apa mau dikata. So, biar pengalaman magang kamu engga miris-miris banget, berikut ini adalah 5 cara buat ngakalin keuangan kamu:

1. Kurangin pengeluaran engga penting

Kalo biasanya kamu jadi pelanggan setia Starbucks, sekarang ada baiknya kamu kurang-kurangin dulu. Ya minimal kamu beralih deh ke kopi renceng (yang di abang-abang), botolan, atau kotakan. Bahkan, bakal jauh lebih bagus lagi kalo kamu bikin kopi sendiri atau minum kopi dari rumah. Lumayang loh, engga minum Starbucks segelas aja kamu udah bisa makan di warteg sekitar 3-5 kali.

2. Bawa bekal

via makeagif.com

Magang di perusahaan ternama di kawasan elit emang bisa bikin bangga luar biasa. Tapi, di sisi lain itu juga bisa bikin sebagian orang gengsi setengah mati, sampai-sampai buat makan aja harus di restoran segala dan belum akhir bulan udah sengsara. Kamu tentu engga pengen ‘kan kelaperan di akhir bulan cuma gara-gara gengsi? Oleh karena itu, biasain buat bawa bekal, supaya kamu bisa lebih nyesuain pengeluaran kamu.

3. Nabung

Nabung di sini engga harus yang dalam nominal besar kok, Kawan Muda. Nabungin uang rece kembalian setiap hari aja itu udah bisa ngebantu keuangan kamu. Intinya adalah kamu cuma perlu belajar nyisihin uang kamu, supaya di kemudian hari kamu bisa lebih nahan godaan buat ngehambur-hamburin semua uang kamu begitu aja.

4. Cari beasiswa

via giphy.com

Kalo kamu mau nyari dengan seksama, sebetulnya kamu bisa nemuin beragam perusahaan, organisasi, maupun situs yang nawarin beasiswa buat anak magang. Engga usah dilihat jumlahnya, yang penting itu bisa ngebantu ngeringanin balada keuangan kamu. Engga peduli kamu mahasiswa atau fresh graduate, yang jelas kamu layak dan sah-sah aja buat dapet kesempatan semacam itu.

5. Coba kerjaan part-time

Well, terlepas dari sebanyak apa uang yang bakal kamu peroleh, yang satu ini tentu harus kamu sesuain lagi dengan jadwal magang dan kuliah kamu. Cari posisi yang fleksibel dengan jadwal kamu sekaligus yang bisa ngasih kamu kesempatan buat ‘napas’ sebelum lanjut ngelarin tumpukan tugas. Jangan sampai pekerjaan part-time kamu malah bikin kamu kualahan dan akhirnya engga bisa menuhin semua kewajiban kamu. Semangat, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer