Jum'at, 17 Agustus 2018

Genmuda – Sakit kepala di area belakang beda penyebabnya dengan sakit kepala di area ubun-ubun. Asalkan tau perbedaan keduanya, masing-masing penyakit itu bisa disembuhin bahkan tanpa obat sekali pun.

Genmuda.com tau, kok, betapa malesnya kamu untuk minum obat. Apalagi, kalo sampe harus menguras tabungan untuk ke dokter cuma buat dikasih resep obat yang bisa kamu beli di warung seperti biasa.

Dilansir dari ChicagoDefender, 2013, ada 150 jenis sakit kepala (headache) yang bisa dikelompokin ke beberapa kategori sesuai lokasi sakitnya. Secara umum inilah pembagiannya, gengs:

Di depan kepala

  • Tension headache
  • Migraine
  • Eye strain
  • Sinus
  • Dehidrasi headache

Di pelipis (samping kepala)

  • Tension headache
  • Ice-pick headache
  • Cervicogenic headache

Di belakang kepala

  • Cervicogenic headache
  • Tension headache
  • Dehydration headache

Di tengah atas

  • Tension-type headache
  • Ice pick headache
  • Cough headache
  • Exertion headache
  • Coital headache

Satu sisi kepala

  • Migraine
  • Cluster headaches

Udah paham? Nah, sekarang begini cara menyembuhkannya:

Cluster headache

via gifimage.net

Cowok lebih sering menderita sakit kepala kayak ditusuk dari mata tembus hingga ke dalam kepala ini. Penderitaannya makin lengkap karena hidung mendadak tersumbat sinus dan mata berair parah. Gejalan ini bisasanya muncul secara acak atau saat naik pesawat terus pesawatnya mendarat.

Obat alaminya ada tiga. Pertama, perbaiki pola makan dengan komposisi seimbang. Terus, perbaiki pola tidur supaya memenuhi batas minimal. Terakhir, perbanyak keluar ke alam bebas buat kurangin stres.

Cervicogenic headache

Sakit kepala belakang paling umum terjadi di persendian antara kepala dengan ujung leher yang sakitnya bisa terasa ke mana-mana. Penyebabnya bisa banyak, mulai dari cara berdiri yang salah, cedera olahraga, sampe tumor.

Penyembuhan tanpa obat bisa dilakuin dengan pijat refleksi atau akupuntur, peregangan seluruh badan, hingga olahraga teratur.

Dehidrasi

via tenor.com

Sakit kepala akibat kurang cairan terjadi dari depan ke belakang, dari belakang ke depan, dari atas ke bawah, pokoknya dari semua sisi. Saat miringin kepala, rasa sakitnya makin menjadi. Solusinya cuma minum air putih yang banyak secara perlahan.

Exertion headache

Sakit kepala ini terjadi setelah olahraga berat yang biasanya berhubungan sama olahraga yang bikin kamu terengah-engah (sebut saja olahraga aerobik atau lari marathon). Cara obatinnya bukan dengan bolos pelajaran olahraga, melainkan dengan mengurangi intensitas olahraganya.

Saat tubuh mulai terbiasa, baru tingkatin intentsitas itu perlahan-lahan sampe ke titik yang diinginkan. Oia, satu lagi. Jangan lupa pemanasan yang bener sebelum mulai olahraga.

Ice-pick headache

via tenor.com

Sakit kepala ini rasanya seperti ada yang tusuk-tusuk bagian pelipis atau samping kepala kamu. Penyebabnya bisa jadi karena stres atau salah pola makan. Bisa juga karena ada penyakit kepala yang lebih serius.

Tapi, kamu bisa ambil solusi mudah dengan cara mendasar yaitu lewat santai sejenak supaya stresnya hilang, genks. Kalo masih pusing coba tidur lebih cepat dari biasanya.

Migraine

Kamu pasti udah tau mengenai sakit kepala sebelah ini dari iklan atau pernah mengalami. Penyebabnya banyak, misa karena makan cokelat, kafein, atau MSG bagi sebagian orang. Obatnya bisa dengan istirahat dan kurangi makanan penyebab kambuh itu sambil mengkompres sakit kepala dengan air dingin.

Sinus headache

via gifimage.net

Sakit kepala sinus terjadi di sekitar tulang pipi, hidung, pangkal hidung, hingga ke dahi. Sakitnya makin menjadi saat gerakan mendadak. Obat paling alami adalah dengan ngeluarin sumbatan di hidung itu, bisa dengan menyisih (baca: kayak buang ingus) atau makan pedas supaya ingus kamu meler. Iyuh!

Tension headache

Saat kepala kamu sakit secara umum di seluruh bagian, itulah saat kamu menderita tension headache. Penyebab utamanya stres. Sedangkan obat paling gampang adalah liburan. Hore.

Coital headache

via tenor.com

Sakit kepala terakhir ini cuma dirasain sebagian orang dewasa saat berhubungan suami-istri. Seperti sakit kepala lain, relaksasi adalah obat paling mujarabnya. Semoga gak menimpa kamu. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.