Senin, 30 November 2020

Genmuda – Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino dan anak-anak Liverpool bakal duel lawan Real Madrid di Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Ukraina, 26 Mei mendatang. Saat bertanding, Salah dan pemain Muslim fix gak puasa lagi.

Kenapa begitu? YA KARENA UDAH BERBUKA PUASA DONG, BRUUH! Berdasarkan jadwal, laga perebutan Piala Liga Champions itu berlangsung pada pukul 21:45 waktu setempat atau pukul 01:45 dini hari 27 Mei WIB.

Berdasarkan situs timeanddate.comwaktu berbuka puasa alias waktu matahari terbenam di Kiev jatuh pada pukul 20:53, sekitar satu jam sebelum pertandingan final.

Puasa 18 jam

via dailysabah.com
(Sumber: dailysabah.com)

Sisa waktu beberapa menit itu bisa Salah, Mane, dan Emre Can manfaatin buat minum dan makan biar engga kering-kering amat saat bertanding. Namun, bukan berarti kondisi fisik ketiga pemain penting Liverpool itu prima.

Soalnya, Salah dan kawan-kawan Muslimnya harus puasa sekitar 18 jam 40 menit hari itu. Berdasarkan penelusuran CNN Indonesia lewat aplikasi Muslim Pro, jadwal puasa di Kiev, 26 Mei akan dimulai pukul 02:16 waktu setempat.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp mengizinkan semua pemain buat berpuasa. Mohamed Salah pun mengonfirmasi kepada media bahwa doi tetap menjalankan ibadah puasa sesuai ketentuan. Salah yakin, puasa gak bakal mempengaruhi performanya saat bertanding.

Jangankan puasa. Pemain berkebangsaan Mesir itu tetap menyempat-nyempatkan Shalat lima waktu di tengah kesibukan. Ketaatan itu doi tunjukin sejak main buat FC Basel, Chelsea, Fiorentina, dan AS Roma.

Didukung teman-teman

via CNN Indonesia
Sadio Mane berdoa sebelum bertanding. (Sumber: CNN Indonesia)

Sama kayak pelatih, rekan satu tim engga mempermasalahkan anggota tim yang berpuasa. Saat diwawancarai Radio MARCA Spanyol, Alberto Moreno becanda bilang, “Saat Ramadhan, saya yang akan makan dan minum untuk Salah tiap kali dia membutuhkannya.”

Namun demikian, Salah perlu hati-hati supaya jangan takabur alias ketula alias kena batunya. Saat doi membela Chelsea pada Ramadhan 2014, Salah kesulitan menjalani sesi pemusatan latihan lantaran engga minum sampai 20:30 waktu setempat.

FYI, ada juga loh pemain Real Madrid yang dapat kewajiban berpuasa selama 18 jam di Kiev. Mereka adalah Achraf Hakimi dan Karim Benzema.

Gitu deh, gaes. Pertandingan berlangsung setelah Salah, Mane, Can, Hakimi, dan Benzema berbuka. Kelimanya masih bisa minum saat bertanding, kok. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.