Selasa, 16 Agustus 2022
StudentKampus

Lulus Kuliah Terus Bingung Mau Ngapain? Lakuin deh 7 Hal Ini Aja biar Gak Galau Masa Depan

via IstimewaUdah, kak. Jangan kelamaan galau masa depan gitu, dong. (Sumber: Istimewa)

Genmuda – Kebingungan akan tujuan hidup bisa mengganggu banget ketentraman pikiran setelah lulus kuliah. Masa nimba ilmu udah lewat, tanggung jawab mulai dateng, sementara pekerjaan idaman susah didapet. Kondisinya diperparah orangtua yang mulai ngeburu-buruin padahal nyari kerja gak segampang lulus dari TK.

Kalo kata orang jaman dulu, itulah masa krisis jati diri. Sebuah masa yang bikin orang ngerasa kalo nyari uang itu paling penting, terus kelupaan ngejar cita-cita karena udah keenakan kerja. Setelah tanggung jawabnya makin banyak akibat berkeluarga, baru deh nyesel kenapa waktu masih muda cuma mentingin duit bukannya ngejar passion.

Yaudah. Jangan kebanyakan galau mikirin masa depan. Mumpung kamu lagi (sorry) nganggur, gak ada salahnya pelanin langkah sejenak terus lakuin 10 hal di bawah ini supaya kamu makin paham harus ngapain selanjutnya dan gak salah langkah kayak kebanyakan orang.

1. Nanya temen tentang plus-minus diri sendiri

via fanpop.com

Ketauilah! Tiap pewawancara kerja selalu minta calon pekerja nyeritain kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Tapi, pertanyaan yang keliatannya gampang itu bikin kebanyakan orang gagap. Supaya kamu gak bingung, coba tanya temen tentang plus-minus diri kamu lalu pakai jawaban itu saat wawancara kerja. Simpel banget, kan.

2. Mulai dalami hobi

via: Dok. Nix1a
(Sumber: nixiagamers)

Jaman sekarang, ada banyak loh orang yang nemu tujuan hidup, jati diri, bahkan dapet kerja karena mendalami hobi. Gak percaya? Coba nih liat kisah hidupnya Nixia si gamer, Tara-Gema si youtuber-gamer, dan Tsamara Amany si politikus muda Indonesia. Dari hobi, mungkin juga loh kamu bisa bikin komunitas baru kayak Popomangun si tukang gambar pattern.

3. Pertajam ilmu

via giphy.com

Sadar gak sih kalo ilmu yang didapet masa sekolah dan kuliah tuh masih terlalu umum buat dipakai di dunia kerja? Sadar, kan? Nah, mumpung masih nganggur, gak ada salahnya pertajam ilmu kamu. Kalo kamu anak bisnis yang pengen bikin kedai kopi, mending rajin-rajin nongkrong di kedai kopi idola, deh. Pelajari cara bisnisnya supaya gampang ketika tiba waktu kamu bikin usaha. Sayang banget loh kalo ilmu kamu dibiarin nganggur gitu aja.

4. Ikut organisasi di lingkungan sekitar

via fpmipa.upi.edu
(Sumber: fpmipa.upi.edu)

Jumlah organisasi di sekitar tempat tinggal tuh sebenernya banyak. Semuanya juga punya tujuan sosial yang baik. Hanya aja, gak kamu ketahui karena kamu sibuk di kampus. Coba ikut organisasi itu deh sekalian bantu warga sekitar. Kalo kerjaan kamu bagus, siapa tau kamu direkrut LSM internasional.

5. Banyak baca

via giphy.com

Masa nganggur selepas kuliah tuh waktu yang tepat buat baca koleksi novel yang bisa dibilang terlupakan. Jangan cuma tamatkan satu buku, tamatkan semuanya sekalian nunggu panggilan kerja. Tapi jangan lupa juga baca informasi terbaru, bisa dari koran, majalah, atau website kayak Genmuda.com. Ntap!

6. Bantu orang rumah

(Sumber: Shutter Stock)

Masak, bersihin rumah, dan berbagai pekerjaan rumah tangga gak pernah gampang diselesaikan. Selalu deh bikin capek, tapi ngerasa puas setelah terselesaikan. Ketika itulah kamu gak bakal ngerasa jadi orang yang gak berguna banget di dunia. *lebay

7. Jalan-jalan

via IG @prissilialen
Asik banget nih jalan-jalan. (Sumber: IG @prissilialen)

Serius! Jalan-jalan lah sekarang karena sampai kapanpun kamu gak bakal sempet melakukannya, kecuali diniatin. Kalo gak bisa piknik ke luar negeri, ya ke dalam negeri aja. Kalo gak bisa yang jauh-jauh, ya tempat deket aja. Yang penting, datangi tempat baru untuk nambah pengalaman dan buka pikiran.

Yakin deh kalo tujuh kegiatan di atas jauh lebih bermanfaat daripada galau di rumah. Masa depan emang nakutin dan ngebingungin, tapi bukan berarti gak bisa dihadapi. Gimana menurut Kawan Muda? (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.