Kamis, 26 November 2020

Genmuda – Ngerjain skripsi sering kali emang jadi beban tersendiri bagi para mahasiswa tingkat akhir. Namun demikian, sebetulnya proses yang harus kamu laluin engga bakal sesulit itu kalo kamu ngegunain alat bantu yang tepat, Kawan Muda.

Kalo disuruh milih harus skripsian atau engga, banyak di antara kamu mungkin lebih milih buat engga skripsian. Gimana engga? Udah mah engga ada yang perlu dipermasalahin tapi kamu disuruh ‘cari masalah’, eh pas udah ketemu malah belum tentu disetujuin sama dosen. Belum lagi kalo dosennya tipe yang sibuk parah, mau janjian buat minta tanda tangan aja pasti susahnya minta ampun.

Terlepas dari itu, kamu engga perlu sampai nganggap skripsi kamu sebagai ujian hidup kamu banget kok, Kawan Muda. Ingat, di luar sana setelah kamu lulus nanti masih banyak ujian lainnya yang jauh lebih berat dari sekedar ngelarin puluhan halaman tugas akhir kamu itu. So, daripada kamu mumet gara-gara skripsi yang engga kelar-kelar, mending kamu bukan dulu nih 5 situs berikut ini:

1. Indonesia OneSearch

via widiantonugroho.com
(Sumber: Istimewa)

Situs milik Perpustakaan Nasional ini pada dasarnya merupakan sebuah portal pencarian yang terdiri dari beragam koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip, maupun sumber elektronik di Indonesia. Saat ini, ada lebih dari 2,7 juta entri yang tersedia dan bisa kamu telurusi. Ada pula e-resource internasional yang bisa kamu akses kalo kamu udah daftar jadi anggota. Pencarian bahan dan referensi skripsi kamu pun bisa lebih mudah dan praktis dengan situs ini.

2. Wolfram Alpha

via YouTube
(Sumber: Istimewa)

Banyak dosen umumnya engga bakal nyaranin kamu buat ngegunain Wikipedia sebagai rujukan. Untungnya, berkat Wolfram Alpha, kamu engga perlu khawatir lagi. Lewat “mesin pengetahuan komputasi” ini, kamu bisa ngeakses informasi terpercaya dari parah ahli kapanpun kamu butuh. Situs ini bakal ngejawab pertanyaan kamu dengan ngehitung jawaban dari data terkurasi sumber eksternal.

3. Writen Kitten

via Turn the Page - WordPress.com
(Sumber: Istimewa)

Bagi para pecinta kucing, situs ini jelas bisa jadi alat bantu yang paling sempurna. Situs ini bakal memotivasi kamu buat terus-terusan nulis dengan ngasih ‘hadiah’ berupa beragam gambar kucing lucu nan imut. Kamu cuma perlu ngatur target jumlah kata kamu dan kamu bakal dapat sebuah gambar baru kalo kamu udah berhasil mencapai target tersebut. Kalo kamu bosan, kamu bisa kok ganti gambarnya jadi gambar anjing atau kelinci.

4. Cite This For Me

via citethisforme.com

Kalo ada hal yang lebih PR daripada bikin Bab IV alias pembahasan skripsi, maka itu adalah nyusun daftar pustakanya. Tapi, berkat situs yang satu ini, kerjaan kamu bisa lebih ringan, Kawan Muda. Situs ini bakal nyusunin daftar pustaka kamu dengan gaya kutipan apapun yang kamu pengen, entah itu APA, MLA, atau yang lainnya (maksimal 20 rujukan kalo kamu engga punya akun Premium). Kalo kamu masih belum puas juga dengan situs ini, mungkin kamu bisa buka bibme.org.

5. Sleepyti.me

via journanerd - WordPress.com
(Sumber: Istimewa)

Soal teknis skripsinya udah, yang terakhir ini giliran soal teknis kamunya. Ngebut ngelarin skripsi boleh aja, tapi jangan sampai lupa sama waktu istirahat kamu juga. Coba deh buka situs ini buat nentuin waktu tidur dan bangun tidur yang sesuai buat kamu. Secara khusus, situs ini ngegunain ilmu siklus REM buat ngehitung waktu optimal  kapan kamu harus tidur supaya istirahat kamu cukup berdasarkan rencana waktu kapan kamu bakal bangun. Buruan buka situsnya deh biar kamu lebih paham! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer