Senin, 10 Desember 2018

Genmuda – Manis-manis-pahit. Pengalaman semacam itu yang kemungkinan besar kamu rasain tiap kali mengalami kejadian inspiratif sepanjang hidup. Soalnya, kejadian positif gak pernah lepas dari negatif, begitu juga sebaliknya.

Dalam kata lain, arti manis-manis-pahit juga bisa dijelasin lewat ungkapan temennya Awkarin di blog nangis-nangis, “Roda itu berputar.” Hidup gak selamanya di atas angin karena kadang juga diterjang taifun dan angin kenjang.

via: Make a GIF

Namun, bukan berarti cobaan harus dihadapi dengan nge-down. Angkat lagi kepala kamu, gaes. Kalo susah melakukannya, 10 film di bawah ini pasti ngasih inspirasi yang kamu cari-cari.

1. “Forrest Gump” (1994)

Forrest Gump (Tom Hanks) bukan anak paling berbakat di sekolahnya, bukan di tempat kerjanya, bukan juga di antara teman pergaulannya. Dia memiliki IQ di bawah rata-rata.

Namun demikian, berbagai kesulitan dan patah hati yang dia hadapi selalu dipandang secara positif. Sampai akhirnya, roda berputar dan positivisme Gump menular ke orang di sekitarnya.

2. “127 Hours” (2010)

Nasib sial kadang ngejebak seseorang tanpa tanggung-tanggung. Kayak Aron Ralston (James Franco) yang mendadak kena musibah saat hiking. Dia jatuh ke jurang lalu tangannya terjepit batu besar. Setelah mentalnya ikut terjepit, dia pun berani lakuin satu-satunya hal untuk lolosin diri dari situ.

3. “The Truman Show” (1998)

Banyak banget pesan film tentang Truman Burbank (Jim Carrey) ini. Misalnya, sebuah pesan nyinyir bahwa seseorang cuma peduli satu hal (entah orang atau kejadian) karena hal itu terkenal. Atau, sebuah pesan bahwa lebih baik hidup apa adanya daripada dalam kepalsuan terus.

4. “Awakenings” (1990)

Dokter Sayer (Robin Williams) menerima pasien dengan gangguan komunikasi, bernama Leonard Lowe (Robert De Niro). Dalam perjalanannya, ternyata kedua orang itu saling sembuhin permasalahan kejiwaan masing-masing.

5. “Life is Beautiful” (1997)

Saat pustakawan jadi korban holocaust di daerah kekuasaan Jerman periode Perang Dunia II, dia gabungin tekad, humor, dan imajinasinya untuk lindungi sang anak dari pemandangan dan kejadian berbahaya di area penjara konsentrasi Yahudi.

6. “Life of Pi” (2012)

Berpikiran idealis kadang lebih dibutuhin daripada berpikiran realis. Misalnya, saat situasi seperti akhir-akhir film “Life of Pie,” saat Pi Patel (Suraj Sharma) ceritain kisahnya bertahan hidup bersama seekor harimau bengal di atas sebuah perahu darurat.

7. “The Shawshank Redemption” (1994)

Berpikiran pendek untuk selamatkan diri sendiri dalam jangka pendek itu boleh banget dilakuin. Tapi, jangan sampe lupa tujuan akhirnya. Kisah Andy Dufresne (Tim Robbins) saat dikriminalisasi buktiin hal itu.

8. “The Pursuit of Happyness” (2006)

Siapin banyak tisue saat nonton film ini. Bercerita susahnya Chris Gardner (Will Smith) nyari kerjaan terbaik di usia senja, film ini juga tunjukin kalo titik terang pasti ada kalo dicari terus-menerus. Kalo kata orang, di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

9. “The Intouchables” (2011)

Persahabatan erat terjalin bukan karena dua orang punya selera yang sama, apalagi karena sama-sama berasal dari tingkatan status yang sama. Melainkan, karena komunikasi dan kemauan saling kerjasama. Seperti itu kisahnya Phillippe (Francois Cluzet) dan Driss (Omar Sy) di film ini.

10. “Leon The Professional” (1994)

Filmnya dimulai sebagai film pembunuh bayaran. Namun, berakhir sebagai film unik mengenai hubungan Leon (Jean Reno) si pembunuh profesional mengasuh anak korban pembunuhan, Mathilda (Natalie Portman) mengenai kehidupan.

Intinya, hidup pasti ada up side down-nya, gengs. Kalo emang kamu lagi down, semoga 10 rekomendasi Genmuda.com barusan bisa bikin kamu semangat lagi. Good luck! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.