Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Hawa-hawa libur akhir tahun udah selesai, euforia awal masuk sekolah juga udah lewat. Maka, tibalah masa kedatangan hawa kemalasan seiring numpuknya tugas sekolah dan jadwal ulangan harian. Yalord. Help.

Saat pacar atau sahabat juga lagi sibuk ngurus tugas-tugasnya, cuma lagu yang bisa ningkatin mood supaya mau belajar dengan tekun. Biar tetep konsentrasi tanpa terdistraksi, pilihan lagunya perlu dipilih dengan teliti.

Berdasarkan berbagai penelitian yang dihimpun businessinsider, 2015, ada beberapa jenis musik yang nambah produktivitas seseorang. Di antaranya, musik yang mengandung suara alam, musik beritme naik, musik gak bising, dan musik tanpa banyak lirik.

Berdasarkan kriteria itu, di bawah ini pilihan Genmuda.com!

1. Iron & Wine – “Naked As We Came”

Petikan lembut gitar akustik ditambah suara vokal mendesah di lagu “Naked As We Came” hadirkan nuansa alam bebas. Meski gak punya ritme up-beat, ketukan tempo lagu bergenre folk itu masih terbilang cepat.

2. Ed Sheeran – “Castle on the Hill”

Salah satu single di album “Divide” ini punya ritme ngebeat. Walau ada bagian ketika Ed Sheeran berteriak, lagunya bukan lagu bising secara keseluruhan. Selain itu, ini merupakan lagu favorit hampir semua orang.

3. John Wasson – “Caravan”

Sebagai instrumentalia, lagu pemungkas film “Whiplash” (2014) ini ngasih alunan nada yang pasti favorit semua orang. Konsentrasi dan semangat pun makin naik berkat ketukan jazz yang asik.

4. The Tallest Man on Earth – “1904”

Ketika pengen alihin perhatian sebentar, kamu bisa perhatiin detil genjrengan dan lirik filosofis penuh teka-teki soal pencarian jati diri. Saat pengen belajar, lagu dari penyanyi folk asal Swedia ini gak bakalan ganggu konsentrasi.

5. Sing Street – “A Beautiful Sea”

Sesuai judul lagunya, lagu ini bercerita soal kecantikan cewek idaman ibarat indahnya pemandangan laut. Menghanyutkan, sekaligus menenangkan. Persis kayak irama lagu slow-rock yang disajiin musiknya.

6. The Cure – “Inbetween Days”

Meski berlirik patah hati, salah satu single The Cure yang gak akan pernah mati ini punya musik terbilang upbeat. Ketukan drumnya gak bakalan ganggu konsentrasi kamu kok, gaes.

7. Wolfgang Amadeus Mozart – “Piano Sonata No. 16 in C, K. 545”

Musik klasik yang juga dikenal dengan nama “Sonata Semplice” ini ngasih ritme naik-turun sepanjang lagu. Lantunan piano dan komposisi nadanya paling pas buat ningkatin fokus kayak saat mainin lagu ini.

Satu pesan penting yang harus kamu inget dari penelitiannya adalah: Musik paling baik untuk belajar adalah musik favorit kamu. Jadi, apa nih lagu-lagu playlist belajar kamu, sob? Share di bawah ini, ya. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.