Senin, 16 September 2019

Genmuda – Penuh kejutan. Inilah yang mewarnai jalannya Liga Champions Eropa Musim 2018/2019. Jelang semifinal sejumlah tim kuda hitam berhasil melaju tanpa hambatan berarti dari klub-klub besar.

Pada Kamis (18/4) dinihari WIB, Manchester City secara mengejutkan gagal lolos ke semifinal usai kalah agregat dari Tottenham Hotspurs. Tertinggal 1-0 di laga sebelumnya anak asuh Pep Guardiola langsung tancap gas buat ngejebolin gawang Hugo Lloris.

Buktinya baru jalan 21 menit 5 gol udah tercipta, lewat gol Raheem Sterling pada menit 4′ dan 21′, Heung-Min Son menit 7′ dan 10′, serta sebiji gol dari Bernardo Silva di menit 11′. Skor 3-2 bertahan hingga paruh pertama.

Di babak kedua City sempat memperlebar keunggulan mereka lewat gol Sergio Aguero di menit 59′, sebelum dibalas lagi oleh Spurs lewat paha Fernando Llorente di menit 73′. Pada masa injury time Sterling sempat mencetak gol penting bagi The Citizen, sayang gol tersebut dianulir oleh wasit karena dianggap posisi Aguero lebih dulu offside.

Hasil 4-3 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Kegagalan City melaju ke babak semifinal menjadi kali ketiga kegagalan Guardiola yang belum pernah mengantarkan Manchester Biru melaju lebih dari fase 8 besar.

Sehari sebelumnnya hasil serupa juga dialami oleh Juventus. Perkasa di Serie A, Si Nyonya Tua dibuat gak berkutik meredam gempuran pemain muda AFC Ajax dengan skor 2-1. Hasil ini pun membuat Ajax melaju ke semifinal bersama Barcelona, Liverpool, dan Spurs.

Menariknya nih kegagalan tim-tim favorit di Liga Champions seperti Juventus dan Manchester City dikaitkan sama kutukan dari seorang rapper asal Kanada, Drake. Kok bisa ya? Nih, Genmuda.com bahas buat Kawan Muda.

Deretan korbannya

via: BBC
(Sumber: BBC)

Mirip-mirip ‘gol kutukan’ Aaron Ramsey yang dikaitkan sama kasus kematian orang-orang terkenal. Kehadiran Drake dianggap membawa sial bagi sebuah tim olahraga yang atletnya selfie bareng doi atau bahkan tim yang dia dukung. Entah kebetulan atau emang beneran bawa sial, faktanya tim-tim yang pemainnya kedapetan foto bareng Drake pasti akan mengalami kekalahan.

Dimulai dari pemain PSG, Layvin Kurzawa yang kedapetan foto dengan Drake sebelum timnya harus dibantai 5-1 oleh tim medioker yaitu, Lille pada 14 April 2019, persis sehari setelah posting foto dirinya barengan Drake.

Lanjut lagi ke Paul Pogba dan MU yang harus kalah dari Wolves dalam semi final piala FA. FYI, sebelum berlangsungnya laga Pogba sempat dateng ke gig-nya Drake di Manchester dan diketahui bertemu dengan sang rapper di belakang panggung.

via: BBC
(Sumber: BBC)

Pindah lagi pada kekalahan Arsenal atas Everton di Liga Inggris yang juga dikaitin sama ‘Kutukan Drake’. Kekalahan memalukan The Gunners itu terjadi setelah Pierre-Emerick Aubameyang memposting foto doi dengan Drake di salah satu acara di London.

Kasus Juventus terjadi karena Drake sempat selfie mengenakan jersey Bianconeri. Sedangkan City terjadi ketika Aguero kedapetan selfie dengan rapper 32 tahun tersebut. Hasilnya Juventus dan City sama-sama keok di Liga Champions.

Gak melulu soal sepakbola doang kok, ‘Kutukan Drake’ pernah terjadi pada tim NBA favoritnya Toronto Raptors dimana ia ditunjuk sebagai global ambassador sejak tahun 2013. Sejak tahun itu pula tim tersebut gak pernah lagi jadi juara.

Masih kurang? Kekalahan bintang UFC, Conor McGregor atas Khabib Nurmagomedov juga dikaitin sama kutukan tersebut. Drake diketahui foto dengan McGregor di belakang panggung. Petarung asal Irlandia itu pun kalah oleh Khabib dalam ronde keempat.

Ada yang dicengin sampe diseriusin

via: MTV
‘Hotline Bling’ – Drake (Sumber: MTV)

Menanggapi kasus tersebut, Boss AS Roma langsung buat pernyataan kalo pemainnya dilarang foto barengan Drake lewat akun Twitter klub.

(Sumber: Twitter)

“Semua pemain Roma dilarang foto barengan Drake sampai akhir musim,” tulis Twitter resmi klub.

Tentunya ini bukan sesuatu yang serius ya karena seperti kita tau kalo banyak mimin akun resmi bola yang selalu bikin tweet konyol, termasuk dalam kasus ‘Kutukan Drake’.

Namun demikian, ada juga yang serius menanggapi kasus ini, yaitu petinju Anthony Joshua yang ngaku bakal mematahkan kutukan tersebut sebelum pertandingannya dengan Jarred Miller pada 1 Juni 2019. Dalam akun sosial medianya, petinju dengan rekor gak terkalahkan ini cuma menulis, “Siap untuk mematahkan kutukan #June1st.”

Well, kita tunggu aja apakah bakal ada satu cerita manis dari seorang olahragawan yang habis foto bareng Drake. Kalo kamu sendiri termasuk orang yang percaya atau engga sama ‘Kutukan Drake’?

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.