Kamis, 21 Januari 2021

Genmuda- Buat yang baru selesai Ujian Nasional, masa-masa indah di sekolah sebentar lagi akan selesai, dan bakal berganti ke proses baru ditingkat yang baru juga. Nah, karena kalian akan masuk ke tingkatan yang lebih tinggi, yaitu dari SMP ke SMA, dan dari SMA ke bangku kuliah, kamu juga mesti mempersiapkan berbahai hal yang bisa menunjang cara belajar kamu nanti.

Ketika nanti kamu kuliah, jangan kaget kalo banyak dosen yang kerjaannya cuma ngomong aja dan gak pernah nyatet materi yang doi sampaikan di papan tulis. Sama juga buat kalian yang baru mau masuk SMA, kalian mesti siap-siap terbiasa buat menghadapi guru yang suka mendikte, dan jarang nulis.

Wah, kalo kayak gini mesti siap-siap banget kan, supaya kamu gak ketinggalan materi karena males nyatet. Dan di bawah inilah beberapa tips buat kamu yang suka males nyatet, tapi pengen catetannya kebaca dan tetep menarik buat dibaca

1. Pakai pulpen yang beda ketebalannya

Ini fungsinya supaya kamu bisa membedakan mana hal yang dianggap penting untuk dipelajari lagi dan juga bisa mempermudah kamu buat cari kata yang udah ditandai tadi. Misalnya, kamu nulis suatu istilah dengan pakai pulpen yang lebih tebal, dan untuk definisinya, bisa pake yang gak terlalu tebel aja, supaya kamu fokus ke istilahnya dulu, baru definisinya.

2. Buat poin-poin, bukan dibuat penjabaran

Ketika kamu nulis suatu materi berupa paragraf, nanti kamu akan lebih susah buat menghapalnya atau menangkap makna dari materi tersebut. Tapi kalo ditulisnya pakai poin-poin maka kamu bisa dengan mudah inget kata kuncinya, dan bisa langsung jawab ketika nanti ditanya sama guru atau dosen. Jadi lebih gampang deh ketika nanti kamu ketemu kuis atau ujian.

3. Menyalin ulang catatan

Emang kerja dua kali kalo kamu nyalin lagi materi yang udah kamu catat sebelumnya. Tapi sebenernya, ketimbang belajar sebelum ujian atau kuis di 1 hari sebelumnya, cara ini jauh lebih efektif buat kamu lakukan. Ketika kamu nyatet di kelas, sebenernya kamu kurang konsen karena mesti bekerja ekstra, yaitu kuping buat menyimak dan tangan buat menulis. Jadi, bisa aja kamu dengan gampangnya lupa lagi. Tapi kalo kamu menyalin dengan rapi apa yang baru aja kamu pelajari, materi-materi tersebut pasti akan lebih nyangkut di kepala kamu.

4. Nulis di graph paper

Graph paper dikenal juga dengan buku kotak-kotak. Itu loh, buku yang garisnya bukan lurus aja, tapi kotak-kotak kecil. Buku ini biasanya dipakai di pelajaran matematika atau fisika (pokoknya yang itung-itungan). Emang agak gak bisa ya kalo nulis di buku ini, tapi graph paper ini memaksa kamu buat mencatat lebih rapi. Dan dengan begitu, kamu bakal lebih gampang juga buat mempelajari materi yang udah kamu tulis.

5. Jangan nyatet sambil begadang

Selain gak baik buat kesehatan kamu, catetan yang kamu hasilkan sambil begadang juga gak sebagus kalo kamu bikin di siang hari. Kalo kamu udah kemaleman tapi masih harus nyatet, coba besok-besok atur lagi waktunya supaya gak gini lagi kejadiannya. Kamu juga butuh istirahat supaya kondisi kamu fit esok paginya, otak dan badan kamu mesti siap juga tentunya buat menerima materi yang baru.

6. Belajar di kasur? Boleh aja!

It’s really OK kalo kamu mau belajar di kasur sambil leyeh-leyeh. Yang penting, badan kamu tetap santai saat menyerap materi dan yang pasti, pastiin posisi alat tulis kamu juga dalam tempat yang benar. Siapin semuanya, supaya kamu gak bolak-balik ambil peralatan belajar yang ada dimanamana. Inget, pake meja lipat kecil supaya kamu lebih gampang buat mencatat.

7. Atur meja belajar kamu senyaman mungkin

Kalo kamu punya meja belajar, sebaiknya kamu belajar di situ aja, supaya lebih nyaman. Biar kamu gak ngerasa bosen, coba aja buat dekor ulang meja belajar kamu. Bisa tambahin sesuatu yang lucu-lucu kayak boneka, foto-foto kamu, atau tambahin tempat pensil, lampu belajar, lengkap dengan lilin aroma terapi biar kamu lebih nyaman. Semakin nyaman tempat belajarnya, semakin gampang juga kamu menyerap materi pelajaran, iya kan?

8. Gambar apapun yang bisa digambar

Meskipun kamu gak bakat ngegambar, tapi coba aja sesekali buat bikin visual yang bagus di buku catatan kamu. Selain menyenangkan, ini juga bisa memudahan kamu dalam mengingat loh. Karena pada dasarnya, kita lebih bisa inget sesuatu yang berbentuk gambar ketimbang tulisan. Tapi jangan sampe kamu malah fokus ke gambarnya daripada ke materinya ya.

9. Dibuat dalam bentuk timeline

(Sumber: lessonplans.craftgossip.com)

Sama fungsinya kaya bikin gambar tadi, yaitu bikin catatan dengan menambahkan beberapa gambar atau tampilan visual. Tapi, bikin timeline ini lebih mudah daripada kamu mesti ngegambar. Timeline ini bisa memudahkan kamu dalam mengingat materi, karena materinya berbentuk kaya “Mind Map”, yaitu bercabang dan spesifik.

10. Bikin highlight pakai warna terang

Cara kayak gini mirip dengan nulis pakai pulpen dengan ketebalan yang beda. Cuma bedanya, cara sebelumnya adalah pakai pulpen, kalo yang ini pakai spidol buat penanda tulisan yang pentingnya. Kamu bisa pakai spidol warna kuning, karena warna ini bisa bikin kamu lebih fokus dan ingat sama tulisan kamu sendiri.

11. Pakai kertas berwarna

Kalo kamu males beli pulpen dengan jenis ketebalan yang beda-beda, dan males juga beli spidol atau stabilo warna-warni, hal yang bisa kamu lakukan adalah ganti kertas yang biasa kamu tulis, dengan kertas berwarna. Ini bisa bikin kamu lebih semangat nulis (meskipun belum tentu semangat baca juga). Tapi seenggaknya, dengan kertas baru yang berwarna ini, bikin catatan kamu keliatan lebih bagus, rapi, dan yang gak kalah penting lebih enak dibaca.

12. Gak perlu bagus-bagus!

“Ngapain bagus-bagus, nanti juga gak dibaca”

Eits, gak semua orang kayak gini kok. Kamu yang udah bersusah payah buat mencatat dan juga menyalin lagi, pasti punya niat juga buat baca lagi catatan tersebut. Jadi, lebih baik kamu bikin catatan itu semenarik dan sekreatif mungkin, dengan tujuan kamu bisa menyera materi dengan lebih baik karena visualnya yang menarik dibaca. Buat apa kamu capek-capek menghias buka catetan, tapi ujung-ujungnya gak dibaca? Mendingan baisa aja, selamat bisa kamu baca ulang. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.