Kamis, 29 Oktober 2020

Genmuda – Engga cuma di dunia nyata, urban legend atau juga disebut mitos horor juga bisa ditemuin dalam sebuah game. Ada mitos yang tercipta karena glitch atau kesalahan coding yang engga sengaja muncul, tapi ada pula yang masih jadi misteri sampai sekarang.

Yang bikin bulu kuduk makin merinding, ternyata urban legend itu ditemuinnya di game yang sama sekali bukan bergenre horror. Malah ada game yang harusnya dibuat justru malah jadi horor karena ‘penampakan’ di dalam game.

Oke, tahan dulu rasa takut kamu karena kisah-kisah di bawah ini bakal bikin kamu lebih merinding lagi. Udah siap? Yoks, simak urban legend horor yang bisa kamu temui di dalam game.

1. ‘Penampakan’ Tiger Lily di Ragnarok Online Filipina

via techinasia.com
(Sumber: techinasia.com)

Sekitar 2003, Ragnarok Online jadi game online yang bisa dibilang paling diminati. Game itu punya server global yang memungkinkan ketemu pemain dari negara lain. Ada juga server lokal yang cakupannya dalam negeri doang.

Alkisah, ada sebuah karakter (char) perempuan yang tergorong level kecil (Novice) bernama Tiger Lily. Char itu sering ditemukan duduk di sebuah rumah yang di dalam game itu jadi pintu masuk ke Orc Dungeon.

Karakter itu sama sekali engga berpindah tempat, hunting monster, atau sekedar ngobrol sama char lain yang suka nongkrong di situ. Si Tiger Lily cuma duduk berdiam diri, ngadep tembok, dan sesekali ngeluarin emoticon. Kalo disapa pemain lain, Tiger Lily bilang, “PERGI!! JANGAN DEKATI AKU (kemudian menyebut nama asli pemilik char yang menyapanya)!!” Mampus. Gimana coba caranya bisa tau nama asli kamu?

Habis Lily bilang gitu, pemain yang nyapa biasanya terputus koneksi dari server. Malah, ada pemain yang mengaku lampu kamarnya kedip-kedip, komputer freeze, hingga mati lampu. Setelah ditelusuri sama developer gamenya, Tiger Lily ternyata emang char buatan pemain. Namun, biodata pembuatnya engga jelas dan engga pernah muncul di daftar pemain yang sedang online.

Kalo kata situs Tech In Asia, tahun 2015, pemilik char Tiger Lily adalah seorang pemain wanita yang meninggal di depan komputernya waktu main Ragnarok Online dengan char itu. ‘Arawahnya’ pun gentayangan di pintu masuk Orc Dungeon. Spooky abis.

2. Kutukan Madden NFL

via hdnux.com
Cedera pergelangan kaki parah yang diderita Hearst. (Sumber: hdnux.com)

Di Amerika, game Madden NFL sangat terkenal lantaran olahraga American Football sangat populer di sana. Pada 1998, EA Sports yang bikin game ini memutuskan menggunakan foto pemain American Football sebagai cover game tersebut.

Madden NFL 1999 kemudian keluar dengan Garrison Hearst sebagai atlet sampulnya. Namun, naas buat pemain terbaik itu karena karir American Footballnya terancam pupus. Pergelangan kakinya cedera parah setelah doi nongol di sampul game.

Timnya yang sebelumnya jadi unggulan pun mendadak kalah. Sementara itu, Hearst dilarang main selama 2 tahun. Nasib serupa pun menimpa pemain lain yang mukanya dijadiin cover game Madden NFL. Serem juga kalo kena kutukan kayak gitu. Hih!

3. EA Sports UFC

via Daily Mail
Detik-detik kekalahan Rousey dari Holm. (Sumber: Daily Mail)

Kutukan serupa juga terjadi di game UFC keluaran EA Sports. Sekitar 2014, game ini masang Jon Jones yang jadi jawara kelas 205 pound dan Alexander Gustafsson penantang terberatnya. Begitu game dengan cover wajah mereka rilis, karir dua atlet itu menurun. Status jawara Jon Jonson dicopot karena doi dinyatakan positif menggunakan kokain. Sementara itu, Alexander Gustafsson jadi sering kalah.

Nasib serupa juga menimpa Ronda Rousey dan Conor McGregor waktu mereka berdua jadi covernya game UFC 2. Baru sehari setelah terbit, Rousey kalah dari Holly Holm. Sementara kemenangan McGregor terhenti setelah Nate Diaz mengalahkannya di ronde kedua. Kasihan.

4. Herobrine di Minecraft

via Istimewa
Penampakan Herobrine di Minecraft. (Sumber: Istimewa)

Dalam game Minecraft, satu-satunya pihak yang bisa ngebangun sesuatu di dalam game adalah pemainnya. Kecuali, sebuah sosok urban legend yang disebut sama orang-orang di forum Minecraft sebagai Herobrine. Kata orang-orang yang udah ngeliat, penampakan ‘Herobrine’ biasa ngebangun benda-benda random di dunia Minecraft. Karena itu, pemain game ini biasa nemuin ada terowongan yang mendadak terbangun atau ada box yang muncul.

Situs Gaming.Wikia.Com punya dua teori soal Herobrine. Pertama, sosok itu cuma hoax belaka. Teori yang satunya lagi bilang kalo itu adalah jelmaan adik developer Minecraft yang udah meninggal. Kira-kira mana teori yang paling kamu percaya?

5. Kutukan Berzerk

via YouTube Image
Dingdong Berzerk di tahun 1980an. (Sumber: YouTube)

Pemain dingdong Berzerk jadi males meraih peringkat atas high score setelah ada kasus yang menimpa Jeff Dailey pada 1981 dan Peter Burkowski pada 1982. Keduanya meninggal karena serangan jantung mendadak tepat setelah mendapat highscore.

Dailey tewas setelah mencetak 16.660 poin. Waktu itu, umurnya masih 19 tahun. Sementara itu, Burkowski tewas waktu usianya masih 18 tahun. Serangan jantung yang diderita keduanya datang mendadak beberapa detik setelah nulisin inisial masing-masing waktu dinobatkan highscore di mesin arcade tersebut. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.