Senin, 15 Oktober 2018
HubunganSahabat

Kenapa Kita Suka Lupa Nama Orang dan Gimana Cara Menanggulanginya

via IstimewaUntuk kebutuhan artikel ini, kita sebut saja mereka bernama Alifiana dan Raedi. (Sumber: Istimewa)

Genmuda – Lupa nama orang bukan sebuah penyakit. Itu wajar banget mengingat daya ingat otak manusia bekerja seperti termos bocor, beberapa informasi bakalan keluar dengan sendirinya atau gagal masuk apabila termosnya kepenuhan.

Secara faktual, kelupaan nama terjadi apabila seseorang sibuk mikirin hal lain. Misalnya, bahan obrolan yang bikin situasi gak awkward, wajah cakep si orang baru itu, atau liatin sepatunya yang keliatan asli padahal KW. Nama doi pun dilupain secara otomatis karena otak gak anggap penting saat itu.

Bukan hanya ke orang baru, fenomena itu juga terjadi ke orang lama. Seseorang bisa aja lupa nama temen, tapi masih inget tempat tinggal karena lokasinya deket sama restoran kesukaan. Dengan kata lain, ingatan bisa mudah terpicu bila ada keterhubungan antar informasi di otak.

Itu baru satu cara kecil untuk mengingat sesuatu. Cara lainnya ada banyak, terutama yang berhubungan sama mengingat nama orang lain. Coba ikutin cara di bawah ini, ya supaya gampang punya temen banyak.

1. Omongin namanya secara lantang

via Istimewa

Tapi, gak perlu kayak orang gila yang teriak-teriakin nama. Mengatakan namanya sebagai kata sapaan kan udah cukup. Misalnya, kamu kenalan sama temennya Toni yang namanya Adam: “Adam. Lo kenal si Toni dari mana?” Terus ngobrol sesuatu yang bikin kamu nyebutin namanya. Pasti keinget.

2. Minta doi mengeja namanya

Ceritanya, Raedi baru kenalan sama cewek bernama Alifiana karena dikenalin Mamet.

Mamet: “Fia, kenalin. Ini temen gue, namanya Raedi.”

Raedi: “Halo. Raedi.”

Alifiana: “Halo. Alifiana.”

Raedi: “Eh, gimana? Kok beda dari yang dibilang Mamet?”

Alifiana: “Iya. Ini nama asli gue.”

Raedi: “Siapa tadi nama asli lo? Gimana ngomongnya?”

Alifiana: “Alifiana. A-L-I-F-I-A-N-A. Alifiana. Dipanggil Fia.”

Selain modus, Raedi juga mendengar nama cewek yang siapa tau suatu hari kelak jadi calon gebetannya dengan jelas. Teknik itu bikin doi sulit melupakannya, menurut dailymail.co.uk.

3. Salah nyebut nama

via tumblr.com

Dengan salah dipanggil, seseorang terdorong mengoreksi namanya. Si Alifiana bakal ngasih tau Raedi lebih detil mengenai cara mengucapkan dan mengeja namanya. Bukan karena modus, karena salah sebut nama adalah sesuatu yang menyebalkan. Jadi, jangan keseringan lakuin jurus ini.

4. Tanyain arti namanya

Mungkin agak awkward bagi beberapa orang, tapi menanyakan arti nama seseorang tuh salah satu teknik beramah-tamah sekaligus mengingat namanya. Si Raedi juga jadi tau kalo Alifiana tuh berarti “disukai,” dan emang dia lagi disukai sama cowok yang baru kenalan itu.

5. Ulang-ulang namanya di dalam hati

via tenor.com

Dengan mengulang-ulang nama Alifiana di dalam hati, Raedi makin sulit ngelupain nama cewek yang baru aja putus karena diselingkuhin cowok itu. Lama-lama, Alifiana juga kebawa sampe ke mimpinya.

6. Sebut namanya lagi saat mau pisah

Alifiana: “Eh, Rae. Gue harus pulang, nih. Ditunggu nyokap di rumah.”

Raedi: “Naik apa lo?”

Alifiana: “Naik kereta.”

Raedi: “Gue anterin sampai stasiun?”

Alifiana: “Makasih. Tapi, ngerepotin, ah. Gue udah pesen ojol, kok.”

Raedi: “Oh, yaudah. Hati-hati ya, Alifiana.”

Alifiana: “Sama-sama, Raedi. Besok-besok ketemu lagi.”

7. Perhatiin seluruh wajahnya

via pinterest.com

Lakuin pengamatan ke kedua mata, hidung, dan dua titik di ujung mulut orang yang baru ditemui supaya inget terus sama bentuk wajahnya. Suatu hari ketemu di tempat lain, orang itu bisa disapa dengan ramah.

8. Simpan namanya di kontak ponsel

Curcol dikit. Genmuda.com sering nyimpen nama kenalan baru di kontak nomor ponsel meski belum tau nomornya. Namanya ditulis dengan deskripsi yang spesifik. Misalnya, “Asep Hukum 2013,” “Rikar Barista Linggih,” atau “Alifiana gebetan baru Raedi.”

9. Baca ulang namanya

via tumblr.com

Manfaatin waktu nyantai di rumah dengan baca nama-nama dan bayangin lagi bentuk wajah atau informasi lain mengenai dirinya. Kata CNBC.comlatihan mengingat kayak gitu ampuh banget.

10. Gabungin semua informasi

Cara terbaik adalah dengan menggabungkan semua informasi yang diperoleh saat memperhatikan wajah dan lebih mengenal orang baru. Kembali pada kasus Raedi dan Alifiana. Bagi Raedi, Alifiana adalah “cewek bermata sayu dengan lucu yang suka lagu indie-rock.” (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.