Senin, 24 Januari 2022

Genmuda – Biarpun tersingkir Turnamen Toulon 2017, kompetisi sepakbola U-19 antar negara yang terselenggara di Perancis, Indonesia masih punya prestasi. Kebanggaan itu datang dari Egy Maulana Vikri si nomor punggung 10 yang dapet penghargaan Jour Revelation Trophee.

Penghargaan itu diberikan kepada pemain terbaik setiap musim kompetisi. Pada musim lalu, cuma pemain tim yang lolos semi final yang dilirik untuk peroleh piala itu. Berhubung cowok kelahiran Medan, 7 Juli 2000, itu main keren, panitia sepakat ngasih piala itu ke doi meski Indonesia gagal lolos grup C.

Waktu masih muda, Cristiano Ronaldo juga pernah memperoleh penghargaan yang sama. Zinedine Zidane yang kini jadi pelatih Ronaldo di Real Madrid juga pernah ngerasain gelimang piala pemain terbaik Turnamen Toulon itu. Semoga aja Egy juga jadi pemain tangguh kayak dua nama besar itu.

Melihat dari perjalanan kariernya, Jour Revelation bukan piala pertama si mantan striker timnas U-16 itu. Cowok yang suka salting kalo ditanya soal pacar itu juga pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik di beberapa kompetisi sepakbola bergengsi.

Lolos U-19 meski usianya masih di bawah rata-rata

via goal.com
Cengiran orang yang lolos U-19 meski umurnya di bawah rata-rata. (Sumber: goal.com).

Waktu seleksi U-19, Egy merupakan pemain yang usianya masih di bawah rata-rata. “Pastinya para pemain yang ikut seleksi lebih tua dari saya satu tahun. Dan, tentu lebihbagus bermainnya. Saya bersedia kerja ekstra agar terpilih coach Indra Sjafri,” kata Egy seperti dikutip Goal.com, Maret 2017.

Pemain terbaik di U-18 menurut Juara.net

via juara.net
Sekilas, doi mirip Irfan Bachdim. (Sumber: juara.net)

Waktu masih berlaga di timnas U-18, Egy disebut sebagai pemain yang paling menonjol menurut juara.netSalah satu media olahraga itu ngasih pujian tinggi buat Egy setelah menonton aksinya di Liga Kompas Gamedia, Soeratin Cup, Gothia Cup, dan TC perdana Indonesia U-18 di Lapangan Atang Sutresna, Maret lalu.

Top scorer Piala Soeratin 2016 – Persab Brebes

via tribunnews.com
Egy Maulana Vikri (merah) abis ngegocek pemain Persib Bandung di Piala Soeratin 2016. (Sumber: Istimewa).

Pada Piala Soeratin U-17 2016, Egy ngebabat 22 gol sepanjang kompetisi. Timnya pada saat itu, Persab Brebes juga berhasil mengangkat piala setelah mengalahkan Askot Balikpapan dengan skor 4-1 di final turnamen bola di bawah 18 tahun yang juga dikenal dengan nama Liga Indofood itu.

Top scorer Gothia Cup 2016 – Tim ASIOP Apacinti

via indosport.com
Ciyee. Pemain terbaik di dunia. Ciyee. (Sumber: indosport.com).

Sebelum menginjakkan kaki di Soeratin Cup, Egy juga peroleh penghargaan pemain terbaik setelah mencetak 28 gol sepanjang Gothia Cup 2016. Bukan cuma itu, tim ASIOP Apacinti yang dibelanya juga sukses mengangkat trofi, jadi yang terbaik di antara 1600 klub dari 80 negara peserta.

Kapten timnas U-16

via republika.co.id
(ki-ka) Indra Sjafri berfoto sama Egy masa bocah. (Sumber: republika.co.id).

Waktu masih belajar di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan, bakat doi yang muncul sejak masih main bola plastik itu mulai cemerlang. Buktinya, doi ditunjuk sebagai kapten Timnas U-16 di antara anak-anak berbakat lainnya.

Wah, Abang Egy emang udah jago nih dari dulu. Semoga makin jago setiap harinya hingga akhirnya masuk Timnas senior dan ngebawa Indonesia juarai AFF, AFC, dan lolos ke Piala Dunia, ya. Semangat, Bang! (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.