Sabtu, 28 November 2020

Genmuda – Pada dasarnya, semua orang emang harus selalu jaga kesehatan dan ngelakuin gaya hidup sehat. Cara ini pun sebenernya engga mahal-mahal banget selama Kawan Muda punya niat dan usaha.

Tapi kamu tau engga, ternyata engga semua hal yang kita lakukan setiap hari dan kita anggap baik itu bener-bener baik buat tubuh kamu. Terus apa aja hal sehat yang sering kita lakukan tapi sebetulnya kurang baik? Nih baca selengkapnya di bawah!

1. Pantang makan beberapa makanan

via: giphy

Sebenernya kalo kamu menghindari beberapa jenis makanan karena ingin diet atau karena punya alergi tertentu itu engga masalah. Tapi, kalo kamu pikir itu bikin kamu lebih sehat, kamu salah. Menghindari konsumsi susu, gula atau karbohidrat secara bersamaan mungkin akan bikin kamu turun berat badan dengan cepat, tapi itu engga akan bertahan lama gengs.

Ketika nanti kamu makan lagi, berat badan kamu akan langsung naik lagi loh! Jadi, kamu boleh engga makan beberapa aja, engga usah berhenti atau pantang makan makanan tadi secara bersamaan apa lagi secara terus menerus.

2. Minum jus

Keseringan minum jus tanpa makan ternyata gak baik juga loh. Kenapa? Karena jus engga bikin nutrisi yang dibutuhin badan kamu itu terpenuhi. Jus yang sering kita minum, –macem jus buah gitu, cuma memenuhi kebutuhan serat tubuh kita aja loh.

Walaupun kamu emang bisa menurunkan berat badan dengan hanya minum jus aja, tapi cara ini tergolong instan. Kenapa? Soalnya saat kamu mulai makan banyak lagi, berat badan kamu akan balik lagi kayak semula.

3. Nimbang berat badan setiap hari

via: Metro.co.uk

Kamu mungkin akan berpikir ini akan manjur buat program diet kamu. Ternyata ENGGA. Dengan kamu nimbang berat setiap hari, itu malah cuma bikin kamu punya obsesi negatif yang akan mempengaruhi kebiasaan kamu, terutama pada kelainan dalam makan.

Padahal, berat badan itu akan naik turun dengan tidak teratur setiap harinya, jadi kamu lebih baik jangan sering-sering ngecek timbangan. Selain itu, berat badan itu bukan satu-satunya hal yang penting loh. Kamu bisa juga alihkan perhatian kamu buat lebih meningkatkan massa otot kamu.

4. Pake korset terus

Nah buat cewek, coba deh buat engga menutupi gelambir-gelambir perut kamu dengan terus-terusan pake korset. Meskipun ini adalah cara instan yang bisa kamu lakukan setiap hari buat bikin perut kamu rata dan bokong kamu lebih besar, nyatanya bahan korset engga baik buat kulit.

FYI, jika kelamaan dipake ini akan bikin kulit kamu iritasi dan aliran darah di bagian tengah badan kurang lancar. Saran terbaik, mendingan engga usah sering-sering dipake ya.

5. Minum diet soda

Kayak yang udah kita tau, banyak senyawa kimia yang bisa menyebabkan penyakit kanker. Salah satunya adalah pemanis buatan dimana terdapat pada soda diet. Lebih lanjut ini sih cuma tentang apa yang kamu cerna sebenernya. Walaupun sedikit kalorinya, tapi risiko lainnya yang ada di pemanis buatan adalah senyawa racun lain yang malah bisa berbahaya buat tubuh.

6. Menghindari semua kalori

Ini disebut juga dengan istilah exercise bulimia, yaitu membuang semua kalori dari energi yang dihasilkan sama makanan dan justru berbahaya buat tubuh. Mungkin keliatannya ini adalah cara yang sehat. Tapi ini juga adalah salah satu kelainan cara makan loh.

Jadi kamu harus menghindari cara ini sembari menjaga supaya tubuh kamu tetap dimasuki oleh nutrisi dan kalori supaya bisa bekerja dengan maksimal. Kamu boleh ngehitung kalori dan nutrisi yang kamu konsumsi, tapi jangan sampe nantinya malah mempengaruhi metabolisme tubuh kamu ya.

7. Makan gula yang “rendah gula”

via: Tumblr

Engga ada yang salah sama cara diet rendah gula. Namun ini mesti bener-bener kamu lakukan ya, artinya kamu bener-bener sama sekali yang mengkonsumsi gula dalam bentuk apapun. Kalo kamu ngomongnya diet gula tapi kamu masih suka pake gula cair atau gula sirup macem di kedai-kedai kopi kekinian, itu namanya sama aja bohong. Kawan Muda tau engga, gula cair atau gula sirup itu ternyata jaaaaauh lebih banyak kandungan gulanya dari si gula yang sesungguhnya. “Please be aware!”

8. Sikat gigi abis makan

Walaupun ini dianjurkan sama semua iklan pasta gigi, tapi sebenernya ini engga terlalu baik untuk langsung dicoba. Karena setelah kamu makan, enamel gigi kamu itu lebih halus dari biasanya, atau keadaan sebelum makan. Kalo kamu sikat gigi langsung pas abis makan, dikhawatirkan malah keadaan enamel kamu malah kenapa-napa. Jadi lebih baik tunggu sebentar sehabis makan ya, baru deh gosok gigi.

9. Pake pasta gigi pemutih

Jangan mudah tergiur sama iklan pasta gigi yang menjanjikan gigi kamu akan putih dengan cepat. Pasta gigi yang bisa lebih cepat memutihkan gigi ternyata bisa bikin gigi kita cepet lebih rapuh dan engga baik bagi enamel gigi. Ini karena banyaknya bahan kimia di pasta gigi ini, lebih banyak dari jenis pasta gigi lain. Kalo bisa sih, pake pasta gigi yang biasa aja, biar gigi kamu terjaga kesehatannya.

10. Keramas setiap hari

via: giphy

Sampo (apapun jenisnya) bisa mengembalikan kehalusan dari rambut kita, apa lagi kalo kondisinya lagi lepek-lepeknya banget. Tapi tau engga, kalo sampo bisa menghilangkan kandungan alami dan minyak yang ada di rambut kamu?

Nah, jadi kebayang kan kalo kamu sampoan setiap hari? Yang ada nanti rambut kamu malah jadi kering, karena minyak dan kandungan alaminya terus-terusan diserap sama sampo. Jadi sewajarnya aja ya kalo mau keramas. Dianjurkan untuk keramas 3 hari sekali atau 2 hari sekali. (sds)

Share and Enjoy !

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.