Kamis, 21 November 2019

Genmuda – Kurangnya lapangan pekerjaan di ibu kota selalu jadi masalah klasik dari tahun ke tahun. Akhirnya, banyak orang mutusin buat jadi entrepreneur. Buka usaha sendiri di rumah dan juga buka lapangan pekerjaan buat orang lain.

Tapi pernah engga Kawan Muda kepikiran buat kerja yang sepele atau terkesan kayak orang engga kerja? Walau jauh banget dari orang kantoran, tapi penghasilannya bisa ngalahin yang kerja rapih dari pagi sampai malam. Mau atau apa aja? Coba disimak beberapa pekerjaan dibawah ini yang gajinya gede, walaupun kerjanya “gitu-gitu doang.”

1. Cosplayer

©Genmuda.com/2016 TIM
Dita Asmarani, salah satu Cosplayer Indonesia lagi jadi Sonoda Umi (Love series) di AFA ID 2016, JI EXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (17/9).

Kalian yang suka anime Jepang pasti paham banget soal cosplayer. Profesi ini bertujuan meniru gaya berpakaian, dandan, dan juga segala tampilan dari karakter yang mereka kagumi. Selain butuh modal gede karena harus tampil maksimal biar mirip banget sama karakter aslinya, penghasilan cosplayer ini ternyata juga lumayan loh.

Walaupun engga ada angka pasti pendapatan cosplayer di Indonesia, kalo di negara asalnya yaitu Jepang, salah satu cosplayer mengaku kalo bisa dibayar sampe 400.000 Yen, atau 45 juta rupiah. Wah, banyak ya!

2. Tukang mainan

©Genmuda.com/2016 Liki
©Genmuda.com/2016 Liki

Tukang mainan di sini bukang abang-abang yang suka jualan lotre atau ager-ager yang dipinggir jalan ya. Tapi adalah mereka orang yang jual action figure dan semacamnya. Buat kolektor mainan, harga yang mahal pasti engga jadi masalah kalo emang mereka pengen punya karakter tersebut. Semahal apapun, pasti dibela-belain deh.

Kebanyakan penjual mainan ini awalnya sih kolektor. Nah karena doi liat peluang bisnis dari hobi tersebut akhirnya beberpa koleksi mainan yang langka dan hargnya mahal bakal dijual lagi sama mereka. Udah pokoknya kayak gitu aja bisnisnya.

3. Tukang jual-beli barang vintage

©Genmuda.com/2016 TIM
©Genmuda.com/2016 TIM

Kalo yang ini, beneran jualan barang vintage dan antik. Engga cuma pajangan dan furnitur, tapi juga baju, sepatu, tas dan semua barang-barang yang bisa dipake. Karena emang lagi jadi tren lagi buat ngumpulin barang-barang jadul kaya gini. Ada yang murah, muraaaaah banget. Tapi kalo barangnya udah langka, pasti bisa mahal banget jatohnya.

Kalo kamu mau cari barang-barang jadul gini, coba ke Jl. Surabaya, Menteng, Jakarta dan ada juga di Pasar Cikapundung, Bandung, atau kalo mau jauh dan sekalian wisata, bisa ke Galeri Oma di Jogja.

4. Gamers

(Sumber: Genmuda.com/2016 Everlyn)

Jangan salahin diri kamu kalo misalnya emang engga jago atau hobi main game. Soalnya, jadi gamers itu bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan banyak uang loh! Engga percaya? Buktinya, ada gamers cantik asal Indonesia yang penghasilannya bisa sampe USD 10 ribu, atau Rp 137 juta. Gila engga tuh gaes!

Gamers yang bernama Monica Carolina ini awalnya cuma ikut turnamen Call of Duty, tapi lama-lama doi berhasil mendirikan situs pribadi, bikin tim gamer khusus cewek, hingga akhirnya didatengin sama berbagai brand untuk disponsori. Gimana engga kece coba, iya kan.

5. Selebgram

©Genmuda.com/2017 Liki
Gak perlu jaim dan berani jadi diri sendiri adalah kunci utama dari Devina Aureel sampai bisa seperti sekarang ©Genmuda.com/2017 Liki

Jangan salah, jadi orang yang populer atau banyak followers di Instagram itu ternyata ada manfaatnya loh. Selain untuk kepuasan sendiri karena karya atau hasil foto kamu diakui orang lain, jadi selebgram juga bisa jadi ladang penghasilan loh. Banyak kan sekarang selebgram yang akhirnya buka endorse. 

Sistemnya sih kayak barter, yang jual dan si selebgram sama-sama untung. Minimal harga endorse itu bisa ratusan ribu, sampe jutaan, tergantung barang yang dijual. Semakin banyak dan unik gaya si selebgram, semakin banyak juga penghasilannya. Hem, lumayan ya.

6. Youtuber

©Genmuda.com/2017 TIM
Waktu sekolah, Ria pernah cinlok sama salah satu sahabatnya. Pacarannya engga lama, tapi persahabatan mereka langgeng. ©Genmuda.com/2017 TIM

Makin banyak orang yang memanfaatkan media sosial Youtube buat cari penghasilan. Ada yang bikin konten positif dan edukatif, ada yang kontennya tentang kehidupan sehari-hari, atau sering kita kenal sebagai vlogger. Ada juga yang bikin konten yang aneh, bahkan engga ada sisi edukasinya.

Tapi jangan salah sangka, walaupun kerjanya cuma rekam, unduh, rekam unduh aja, gaji seorang Youtuber profesional sekelas Ria SW itu lumayan loh! Meski demikian cewek penggemar alien ini juga ngaku kalo dirinya berusaha memberikan konten yang segar buat penontonnya. Jadi engga cuma asal upload doang ya gaes.

Nah, kalo menurut kalian, mana kerjaan yang paling biasa aja tapi gajinya paling enak, dan kalo kalian bisa milih, kalian mau engga sih punya profesi kayak yang disebut diatas? Komen dibawah sini ya. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.