Jum'at, 25 Mei 2018

Genmuda – Bukan dinilai berdasarkan keturunan atau jumlah kekayaannya, tipe cewek dan cowok ideal dilihat dari kelakuannya. Gampangnya sih, manusia ideal adalah manusia yang bermanfaat buat orang banyak.

Kesimpulan itu Genmuda.com peroleh saat ngobrol sama psikolog Yayasan Pulih sekaligus Dosen UI Kristi Poerwandari setelah peluncuran Fair & Lovely Bintang Beasiswa, Selasa (30/1), di Jakarta.

©Genmuda.com/2018 TIM
Ibu Kristi saat berbicara di peluncuran Fair & Lovely Bintang Beasiswa, Selasa (30/1). ©Genmuda.com/2018 TIM

Ibu Kristi bilang, pendidikan sangat dibutuhin supaya tahap kemuliaan itu bisa tercapai, atau minimalnya kamu jadi orang yang gak nyusahin orang lain. Soalnya, pendidikan bikin kamu punya kriteria-kriteria baik di bawah ini.

1. Peduli

via lithium.com

Dari penjelasan berbahasa psikologi, Genmuda.com bisa ambil kesimpulan ini. Pendidikan pada akhirnya timbulin rasa kepedulian buat perbaiki nasib orang lain. Baik cewek ataupun cowok perlu punya perasaan itu supaya hidup gak sikut-sikutan atau lebih parahnya saling tusuk dari belakang.

2. Punya visi

Ibu Kristi bilang, visi itu penting banget supaya hidup gak jalan di tempat atau berjalan serabutan tanpa tujuan. Dengan kata lain, Kawan Muda harus punya cita-cita. Nah, makin tinggi pendidikan, makin banyak cita-cita yang bisa dicari dan digapai.

3. Berwawasan ke depan

via popkey.co

Bukan cuma mikirin hidup saat ini, cewek dan cowok ideal juga harus mikirin hidup buat anak-cucu sampe ke masa selanjutnya. Soalnya, apapun yang manusia lakuin di dunia pasti ninggalin bekas. Kalo bisa, bekasnya itu harus positif.

4. Tangguh

Ketangguhan bisa keliatan dari hal sederhana. “Misalnya, dengan tidak menghiraukan sindiran atau komentar negatif orang lain,” kata Ibu Kristi mengomentari fenomena hate speech, julid, dan nyinyir terhadap sesuatu. Asalkan perbuatan yang dilakuin positif, jalan terus aja, gengs.

5. Inisiatif

via tumblr.com

Inisiatif itu lawan dari pasif. Maksudnya, bisa gerak duluan saat orang lain pada diem. Atau, bersedia nyamperin duluan saat orang lain pada menjauh. “Kalau bisa, inisiatifnya yang mengajak pada perubahan lebih baik,” kata Ibu Kristi.

6. Bisa jadi pemimpin

Kepemimpinan itu gak melulu soal cara terlihat paling jago atau paling berkuasa. Melainkan, cara mengatur supaya pengaruh kamu diterima orang lain hingga akhirnya terjadi kerjasama.

7. Bawa perubahan

via: Figure
Engga perlu berubah jadi Kamen Rider Black (Sumber: Istimewa)

Tujuan akhir dari pendidikan sama kayak tujuan akhir dari enam kriteria sebelumnya, yaitu bawa perubahan positif buat lingkungan sekitar. Contohnya gampang banget.

Kamu sekarang bersusah-payah belajar kedokteran (atau jurusan lain yang kamu suka). Setelah lulus segala tahapnya, kamu jadi orang yang bisa sembuhin penyakit orang lain. Dengan kata lain, kamu jadi orang bermanfaat.

Menurut Ibu Kristi, orang-orang kayak gitu adalah tipe orang ideal. Sesimpel itu aja. Genmuda.com sih berharap tujuh kriteria di atas lah yang kamu pegang saat nyari pacar atau calon pendamping hidup. Jangan nilai orang dari penampilan luarnya doang gitu, gaes. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.