Senin, 15 Oktober 2018

Genmuda – Namanya juga anak sekolah, pasti ada aja yang rajin atau pura-pura rajin. Oleh sebab itu peran seorang guru bakalan jadi penting buat ngebimbing para siswa tersebut.

Kawan Muda pasti setuju dong kalo satu dari sekian banyak guru pasti ada aja yang killer. Boro-boro berani bolos atau tidur di mata pelajarannya, liat doi dari kejauhan aja bawaaan udah lemes. Apalagi kalo kamu engga ngerjain tugas, pasti udah pucet duluan pas masuk kelas.

Tapi terlepas dari stigma nyeremin, setiap guru sebenernya punya caranya masing-masing pas mengajar. Kamu sebagai siswanya juga harus tau cara menghadapinya, bukan malah menghindar atau takut.

Nah supaya engga keringet dingin sekaligus sport jantung pas ketemu sama guru killer, Genmuda.com punya tips ampuh menghadapi tipe guru kayak gitu. Siapa tau guru killer tadi malah jadi CS-an sama kamu, begini caranya:

1. Ubah penilaian kamu tentang beliau

anigif_enhanced-buzz-15761-1365545781-3

Tarik nafas terus buang jauh-jauh kalo doi itu adalah guru killer. Doi kan guru bukan pembunuh bayaran kayak John Wick. Jadi anggap aja itu cara mengajar doi yang anti-mainstream.

Inget aja prinsip batu dan air. Sekeras, sedingin, sejutek, atau segalak apapun guru kamu kalo kamu punya pikiran doi adalah guru baik pastinya pikiran kamu juga bakal bilang doi itu BAIK. Setuju dong?

2. Jadiin motivasi dan tantangan buat kamu

via: Tumblr
(Sumber: Tumblr)

Guru Killer: “Ada yang mau tanya?”

Semua murid diem dan membisu. Ada juga yang gemeteran. (Ini kelas atau uji nyali sih?)

Guru Killer: “Kalo udah jelas, biar saya yang nanya!”

Nah, sebelum keadaan makin sulit kayak gitu, engga ada salahnya kamu udah siap nerima pertanyaan doi. Caranya gimana? Ya coba fokus sama materinya dong. Lagi pula engga ada tuh guru yang ngasih pertanyaan di luar dari materi yang mereka ajarin di kelas. (kecuali kalo guru tersebut emang sentimen sama kamu)

3. Diam karena salah, berani karena benar

via: Metro.co.uk

Nyali kamu tuh jangan keburu ciut kalo kamu ditanya sama guru killer. As long as you don’t make any mistake there’s no worries. Biasanya guru kayak gini emang sengaja gembleng mental anak didik mereka supaya berani berargumen.

Selama kamu rasa itu benar kenapa harus takut buat dicoba? Wajar kalo ada yang salah, namanya juga manusia. Iya engga tcoy?

4. Lawan doi dengan prestasi

via ISYF
Para peserta FOR ke-8 yang berasal dari berbagai daerah bersama Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (tengah dengan baju batik) saat beraudiensi dan melakukan kunjungan lembaga negara ke Gedung KPK.

Di sini bukan maksudnya ngajarin Kawan Muda ngelawan guru ya. Bukan gitu. yang Genmuda.com maksud adalah kamu harus bisa mengambil sisi lain yang bisa bikin mereka segan sama kamu. Caranya bukan sok jagoan, tapi sama prestasi kamu.

Biasanya sih guru killer itu punya gengsi gede. Pokoknya mereka harus terlihat perfect dan sangar di depan murid mereka. Engga heran kalo seengganya murid-murid harus sampe pada ekspektasi si guru. Nah, jika udah kayak gitu cara paling ampuh ya lawan pake prestasi baik akademik ataupun non akademik.

5. Dibikin woles

Dari sekian banyak siswa di kelas pasti ada si bintang kelas, si cantik, si ganteng, si trouble maker, atau si tukang ngelawak. Sekarang silakan kombinasi semua itu buat ngadepin guru killer. Kalo lagi serius percayakan sama si pinter, kalo mau bercanda kasih si tukang ngelawak.

Percaya deh guys, sekiller-killernya guru kalian, mereka itu pernah jadi murid kayak kamu. Pasti ada kok sisi ‘lunak’ dari diri mereka. Sekarang tinggal pinter-pinter kamu deh buat nyari selah yang enak.

6. Jangan cari-cari masalah

via: Twitter
(Sumber: Istimewa)

Udah tau killer, kamu masih aja engga ngerjain tugas, tidur di kelas, bikin ribut di kelas, bikin rumah di kelas. *Loh? Pokoknya cara-cara kayak gitu mendingan dikurang-kurangin deh Kawan Muda daripada nanti di-kill beneran dari kelas doi. Segan kan kamu.

Bonus:

Pura-pura pingsan

Kalo semua tips di atas masih kurnag ampuh, coba aja pura-pura pingsan biar bisa lolos dari jam pelajaran terus dikasih teh manis anget di UKS. *modus.

Pesan dari Genmuda.com sih engga ada kok yang namanya guru killer. Semua balik lagi sama presepsi kamu. Kalo emang sikap doi kayak gitu tinggal jadiin aja itu motivasi lebih buat kamu. Pokok tetap stay cool ya!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.