Rabu, 20 Maret 2019

Genmuda – Di jaman yang serba update kayak sekarang ini, apa-apa kesannya jadi engga afdol kalau belum di-share ke media sosial. Namun demikian, sebagai pengguna medsos, sebenarnya udah separah apa sih tingkat ketergantungan kamu sama medsos?

Buat bisa tahu sejauh mana keterikatan hidup kamu sama medsos, coba deh kamu bayangin gimana jadinya kalau ada yang berani ngambil Wi-FI router dan smartphone kamu terus ngancurin keduanya sampai cuma sisa kepingan doang. Kira-kira, kamu bakal takut atau justru ngerasain hal lain?

Well, kalau kamu ngerasa takut, bisa jadi otak kamu udah ngalamin burnout gara-gara kecanduan medsos kamu, Kawan Muda. Hal tersebut udah diungkapin sama para psikolog di Australia dalam sebuah laporan yang udah diterbitin beberapa waktu yang lalu.

Para psikolog tersebut berhasil nemuin kalau para remaja cenderung ngabisin waktu sebanyak 2,7 jam per hari di medsos. Sekitar 56% di antaranya merupakan pengguna berat medsos yang online lebih dari lima kali per hari, dengan 24% dari mereka selalu terhubung ke medsos.

Yang lebih parahnya lagi, 60% dari para remaja tersebut akhirnya ngalamin burnout gara-gara terus-terusan online medsos. Para psikolog pun bilang kalau tanda peringatannya bisa berupa perasaan cemas alias Fear Of Missing Out (FOMO) atau Fear Of Being Offline (FOBO).

Setiap kali memiliki waktu luang, orang-orang memeriksa Facebook, Snapchat, atau berbagai jaringan sosial mereka. Ada peningkatan kecemasan yang menyebabkan dorongan tersebut dan jika mereka tidak memeriksanya karena sedang bekerja, tidak ada sinyal, atau lupa membawa ponsel, itu cukup membuat stres,” kata Marny Lishman, psikolog asal Perth.

Sementara itu, psikolog lainnya, Philipa Thornton, justru ngungkapin kalau,”Itu adalah suatu perilaku. Melalui mekanisme pengulangan dan penanganan, Anda mengatur kembali otak Anda. Itu berbeda dari kebiasaan, karena saya bisa menyikat gigi saya dan saya bisa lupa melakukannya, namun saya tidak akan cemas akan hal tersebut.”

So, udah separah apa nih tingkat ketergantungan kamu sama medsos, Kawan Muda? Kalau kamu udah ngerasain tanda-tanda yang dijelasin di atas, mending kamu mulai kurang-kurangin atau sekalian aja istirahat total dulu ya dari medsos. Ingat, dunia nyata masih lebih asik daripada dunia maya. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer